×
×

Search in Mata Mata Musik

Setelah Warner, Kini Tencent Music Menggandeng JYP Entertainment

Posted on: 03/24/21 at 12:00 pm

Setelah Warner Music, Kini Tencent Music Bermitra Dengan JYP Entertainment

Setelah Warner Music Group, kini giliran JYP Entertainment yang menjalin kemitraan strategis dengan Tencent Music Entertainment (TME) dari China.

Baca juga: Warner Music Kucurkan Rp 1,4 Triliun Untuk Kampanye Lawan Kekerasan dan Rasisme

Pada 24 Maret, JYP Entertainment merilis pernyataan yang mengatakan, “Kami bergabung dengan kontrak kerja sama dengan TME, perusahaan platform musik online terkemuka di China. Kami akan mengamankan cara untuk mendistribusikan semua konten, termasuk musik artis kami, dan menjalankan berbagai rencana bisnis”.

Dalam kemitraan ini, JYP Entertainment akan menyediakan musiknya ke platform musik TME QQ Music, KuGou Music, Kuwo Music, dan WeSing di atas platform hiburan sosial lainnya dan menerima eksposur di berbagai saluran video dan live streaming. Kedua perusahaan tersebut akan berupaya memaksimalkan sinerginya dengan meluncurkan berbagai layanan melalui pemasaran bersama, promosi, dan pertunjukan live.

TME saat ini mengoperasikan berbagai platform inovatif yang menangani musik online, karaoke online, dan live streaming yang berorientasi musik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan peran musik dalam kehidupan sehari-hari publik. Dengan memungkinkan pengguna untuk menelusuri, mendengarkan, membuat, menikmati, dan berbagi musik, yang pada akhirnya menumbuhkan budaya berinteraksi melalui musik.

Pertukaran Budaya Melalui K-Pop

TME menyatakan, “Kami senang bekerja sama dengan JYP Entertainment untuk membuat konten yang lebih berharga dan membagikannya dengan ratusan juta penggemar musik Tiongkok. JYP Entertainment adalah label rekaman top Korea yang menampung artis-artis hebat dan mendapat ulasan positif dari generasi muda, termasuk penggemar musik di platform kami. Selain memberikan pengalaman unik hiburan musik kepada pengguna berdasarkan penelitian musik TME yang luar biasa, pemasaran musik online, dan fungsi rekomendasi, usaha patungan strategis ini diharapkan dapat meningkatkan bidang pertukaran budaya yang ada melalui K-pop dengan menonjolkan nilai yang meluas dari artis JYP Entertainment”.

JYP Entertainment juga berbagi pernyataan, “Kami bertujuan untuk berkontribusi pada pengembangan K-pop dengan menyediakan tidak hanya musik artis kami tetapi juga serangkaian konten berkualitas kepada penggemar musik di seluruh dunia sejalan dengan trend perubahan dan inovasi”.

Melalui kolaborasi ini, semua artis JYP Entertainment termasuk Park Jin Young, 2PM, Bernard Park, DAY6, TWICE, Stray Kids, dan ITZY diharapkan dapat memperluas pengaruh mereka di China. Serta mendapatkan lebih banyak peluang untuk aktivitas global.

Warner Music X Tencent Music

Tencent Music Entertainment (TME) telah mengumumkan lebih dahulu rencana membuat label baru lewat kolaborasi dengan Warner Music Group (WMG).

Hal ini menyusul dua kesepakatan sebelumnya yang dilakukan perusahaan China tersebut dengan Universal Music Group pada Agustus 2020 dan Sony Music Entertainment pada awal 2018.

Pihak TME menyebut, kolaborasi ini akan memanfaatkan sumber daya dan pengalaman label besar tersebut.

“Warner Music punya sumber daya dan pengalaman global dalam mendukung karier artis, serta pengaruh besarnya di pasar musik dan hiburan di China daratan,” kata perwakilan TME dalam sebuah pengumuman, seperti dikutip dari Tech Crunch, Selasa, 23 Maret.

Label baru ini juga bertujuan membawa artis internasional ke China. China dianggap sebagai salah satu pasar musik dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Serta membawa musisi China ke luar negeri.

Bersamaan dengan kesepakatan ini, TME dan WMG telah menandatangani perjanjian lisensi multi-tahun. Perjanjian yang merupakan perpanjangan dari kolaborasi selama satu dekade mereka.

Kronologi Sebelumnya

Seperti diketahui, TME memiliki hubungan perizinan berkelanjutan dengan tiga label rekaman utama dan beberapa di antaranya telah berupa hubungan ekuitas.

Pada Januari, misalnya, konsorsium yang dipimpin TME meningkatkan total kepemilikannya di UMG menjadi 20 persen.

TME juga mengoperasikan beberapa layanan musik online paling populer di China melalui deretan aplikasi streaming musiknya. Sebut saja: QQ Music, Kugou Music dan Kuwo Music, dan TME.

Namun, rasio pembayaran tetap relatif rendah. Dengan 9 persen pengguna membayar di kuartal ini, naik dari 6,2 persen pada tahun sebelumnya.

Namun, TME memiliki aliran pendapatan besar lain yang membedakannya dari layanan streaming Barat seperti Spotify.

Baca juga: Big Hit Ganti Nama Jadi HYBE & Presentasi Struktur Perusahaannya!

Kategori ini mencakup WeSing. Aplikasi karaoke yang menghasilkan uang melalui penjualan hadiah virtual, yang dibeli oleh pengguna dan dikirim ke artis. Ini mencerminkan interaksi idola-penggemar di kehidupan nyata.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Rosé Blackpink

    Rosé Sulit 'Move On' Setelah Putus Yang Terpapar Dalam MV 'Gone'

    Rosé (Foto: via YouTube). Bulan lalu, anggota BLACKPINK, Rosé merilis single solo baru berjudul 'Gone'. Lagu tentang kesulitan untuk 'move on' setelah put

    on Apr 5, 2021
    BTS Film Out

    BTS Lepas MV Single 'Film Out' Dari Album Berbahasa Jepang Mendatang

    BTS telah meluncurkan lagu baru mereka yang berjudul 'Film Out'. Tonton video musik pengiringnya di bawah artikel ini. Baca juga: BTS: Semua Hal Yang Pe

    on Apr 4, 2021
    BTS

    BTS: Semua Hal Yang Perlu Lo Tahu Tentang Tujuh Bangtan Boys

    BTS (Foto: Big Hit Entertainment). BTS adalah artis Asia pertama yang meraih prestasi tertinggi dalam sejarah musik. Di sepanjang kariernya, boyband K-pop i

    on Mar 30, 2021
    GOT7 group

    GOT7 & 7 Faktanya Yang Bisa Bikin Fans Kaget, No. 7 Paling Wow!

    GOT7. (Foto: JYP Entertainment). Mungkin masih ada yang kalian belum ketahui dan enggak terduga tentang GOT7. Tujuh fakta di bawah ini kemungkinan bisa memb

    on Mar 27, 2021