×
×

Search in Mata Mata Musik

Shawn Mendes Hadirkan Kolaborasi yang ‘Kanada Banget’!

Posted on: 09/6/19 at 4:24 pm

Dengan dua koleksi baru dan peluncuran yayasannya, transisi dari Shawn yang seksi ke Shawn yang ‘savvy’ pun sudah komplet.

Baca Juga: Shawn Mendes & Camila Cabello Kolaborasi di “Señorita”

Lepas dari kolaborasinya yang panas dengan pasangan duet sekaligus pacar di kehidupan nyata, Camila Cabello, Shawn Mendes kembali ke Kanada minggu ini dan meluncurkan kolaborasi yang sedikit berbeda—kali ini sebagai bentuk penghormatan pada tanah kelahirannya itu.

Penyanyi kelahiran Toronto ini bermitra dengan merek pakaian asal Kanada, Roots, untuk koleksi minimalis edisi terbatas, dan bekerja sama dengan perusahaan makanan cepat saji dari Kanada (dulunya toko donat), Tim Hortons, untuk kampanye baru dan kemitraan amal.

Kedua kolaborasi ini meluncur setelah Mendes menggelar pertunjukan besar-besaran pada Jumat lalu (30/8) di Rogers Centre (kandang tim bisbol Toronto Blue Jays) Toronto yang berkapasitas 50.000 kursi. Konser tersebut menandai pertama kalinya Mendes tampil di stadion dan tiketnya terjual habis dalam hitungan beberapa menit saat perdana dijual pada Desember tahun lalu.

Meskipun Mendes sebelumnya pernah bermitra dengan merek-merek seperti Emporio Armani (untuk peluncuran smartwatch mereka) dan Calvin Klein Underwear, dua kolaborasi terbaru ini memperlihatkan musisi yang baru genap berusia 21 tahun tersebut mengambil peran yang lebih aktif ke dalam personal brand dan kemitraan bisnisnya.

Dengan Roots—merek gaya hidup outdoor klasik dari Kanada—Mendes membantu merancang koleksi minimalis berisi sembilan pakaian, termasuk celana olahraga, hoodie “Kanga”, dan jaket nilon berdesain khusus yang kabarnya dikerjakan Mendes bersama desainer di Roots Toronto Leather Factory. Semua item dalam koleksi ini menampilkan variasi motif mawar dari album eponim terbaru Mendes, yang tersedia dalam berbagai ukuran dan gaya untuk pria maupun wanita.

Shawn Mendes Hadirkan Kolaborasi yang ‘Kanada Banget’!-2
Koleksi pakaian Shawn Mendes x Roots. (Foto: Roots)

Sementara itu, Tim Hortons meluncurkan kampanye besar dalam negeri pekan lalu dengan memampang wajah Mendes di berbagai papan iklan, papan nama toko dan bahkan gelas kopi. Kampanye yang dijuluki “Home is Where the Heart Is” itu dilengkapi dengan iklan yang mengisahkan perjalanan sang penyanyi, mulai dari memposting video di dunia maya hingga tampil di seluruh dunia. Spoiler alert: klipnya berakhir dengan Mendes kembali ke Kanada untuk mengambil secangkir kopi (sayangnya tanpa Timbits).

Sementara kemitraannya dengan Calvin Klein sukses menarik perhatian beberapa waktu lalu karena menampilkan sisi Mendes yang lebih dewasa, para ahli mengatakan, dengan kolaborasi baru ini, transisi dari Shawn yang seksi ke Shawn yang savvy pun sudah komplet. “Roots dan Tim Hortons adalah merek ikonik asal Kanada serta pemain yang diakui secara global, dan kolaborasi Shawn menunjukkan dia memiliki kekuatan bintang untuk membawa kemitraan besar menuju kesuksesan,” kata Natasha Koifman, pendiri dan presiden NKPR—sebuah agensi PR, pemasaran dan digital yang beroperasi di Toronto, New York dan LA. “Kemitraan ini sesuai dengan asasnya, membuatnya tetap mudah terhubung dengan akarnya, jadi saya rasa ini sangat cocok untuk brand-nya. Ini juga merupakan langkah strategis yang sangat cerdas dari Roots dan Tim Hortons untuk menjangkau audiens Shawn yang sangat intim dan cenderung lebih muda.”

Baca Juga: Miley Cyrus & Shawn Mendes Akan Kolaborasi?

Kembalinya Mendes ke Kanada untuk meluncurkan proyek-proyek ini juga menunjukkan daya tariknya, yang selalu dibangun di atas pesona orang Kanada yang sederhana yang membedakan mereka dari rekan-rekannya.

“Walaupun saya pikir Shawn adalah orang yang lembut, manis dan patuh—karakteristiknya sering kali dikaitkan dengan stereotip orang Kanada—menurut saya dia juga pintar dan mengenali nilai branding dirinya sendiri dengan tepat,” terang Duhin Nanda, pembawa acara TV Kanada yang telah menyoroti perkembangan karier Mendes sejak zaman dia masih bermusik di platform Vine. “Sepertinya Shawn bangga dengan image anak Kanada yang ramah dan baik, dan dia lebih suka memilih lokal ketimbang global. Dia mampu memutuskan gambar seperti apa yang ingin dia lukis agar terlihat relatable dan ramah, dan kolaborasi ini adalah bukti dia berada dalam kendali penuh narasinya.”

Shawn Mendes Hadirkan Kolaborasi yang ‘Kanada Banget’!-3
Gelas kopi Shawn Mendes x Tim Hortons edisi terbatas akan tersedia di Kanada mulai 30 Agustus. (Foto: CNW Group/Tim Hortons)

Gelas Tim Hortons terbukti sangat populer, dilihat dari hebohnya para penggemar di media sosial dan thread di Reddit yang melacak ketersediaan gelas berwarna merah dan putih ini seperti sedang melacak harga bensin murah. Versi keramik gelas ini yang dijual di beberapa lokasi Tim Hortons yang berpartisipasi juga sudah diborong habis dan sekarang dijual seharga $150 di eBay.

Koleksi Roots kini tersedia di toko-toko tertentu di Kanada dan online untuk penggemar internasional di website Roots. Sebagian dari hasil penjualan kedua kolaborasi akan disalurkan ke Shawn Mendes Foundation, yang akan fokus pada kesehatan dan kesejahteraan anak-anak, anti-penindasan, dan pendidikan, di antara area fokus lainnya. Mendes juga menyumbangkan $1 dari setiap tiket yang dijual dari pertunjukan di kota asalnya ke penerima pertama yayasannya, SickKids Hospital di Toronto.

Dalam rilisan persnya, Mendes mengaku bangga dengan hasil dari semua yang terjadi dan—seperti orang Kanada biasanya—dia tampaknya hanya ingin semua orang bahagia juga. “Dengan peluncuran yayasan saya awal pekan ini, pertunjukan mendatang saya di kota asal saya dan sekarang perilisan kolaborasi kedua saya dengan Roots, saya sangat bersyukur mendapat dukungan dari merek ikonik asal Kanada dan bisa memberikan dampak positif dengan mereka,” ujarnya. “Saya harap semua orang menyukai koleksi ini seperti saya.”

Keterangan Foto Utama: Shawn Mendes dalam balutan jaket kolaborasinya dengan Roots. (Foto: Roots)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Camila Cabello

Camila Cabello Terlalu Gencar Promosi Musik?

Dengan lima single yang saat ini sedang dipromosikan secara bersamaan, Cabello menjajal sesuatu yang berhasil dilakukan oleh hanya segelintir orang di dunia po

on Oct 10, 2019
BTS

Balik dari Liburan, BTS Jadi Brand Ambassador Tokopedia

Kolaborasi pertama BTS dengan brand asal Asia Tenggara. Setelah mengumumkan rehat dari panggung hiburan pada pertengahan Agustus lalu, Bangtan Boys alias BT

on Oct 8, 2019
SuperM

SuperM Bakal Kolaborasi dengan Marvel Entertainment

Kolaborasi yang melibatkan cerita antara SuperM dan Marvel Story dan “lagu yang dapat dinyanyikan semua orang”. Baca Juga: SM Entertainment Ungkap Rencan

on Sep 30, 2019
Shawn Mendes

Shawn Mendes Dirikan Organisasi Untuk Rangkul Generasi Muda!

The Shawn Mendes Foundation akan mendorong generasi muda untuk lebih menyuarakan pendapat dan melakukan tindakan terhadap isu-isu yang sedang terjadi sekarang.

on Sep 1, 2019