×
×

Search in Mata Mata Musik

Shock G, Rapper Legendaris Mentor Tupac Shakur Meninggal Dunia

Posted on: 04/23/21 at 10:00 am

Shock G, Rapper Legendaris Digital Underground Wafat Di Usia 57 Tahun
Shock G (Foto: Earl Gibson III/Getty Images).

Shock G, pendiri dan vokalis dari grup hip-hop legendaris Digital Underground meninggal dunia di usia 57 tahun. Sang rapper kocak dan grupnya adalah ikon kebanggaan wilayah West Coast, Amerika Serikat (AS) yang sangat berpengaruh.

Baca juga: DMX, Rapper Legendaris New York Meninggal Dunia Di Usia 50 Tahun

Menurut TMZ, rapper itu ditemukan tewas pada hari Kamis, 22 April 2021 di sebuah kamar hotel di Tampa, Florida. Penyebab kematian masih belum jelas, tetapi enggak ada tanda-tanda trauma yang ditemukan.

Shock G yang bernama asli Gregory Jacobs lahir di New York City dan dibesarkan di Tampa, Florida. Doi awalnya menunjukkan minat pada instrumen dram sebelum menemukan cintanya pada musik hip-hop dan menukar drum set-nya dengan turnable set. Doi melakukan sesuatu dan mendapatkan pengalaman dan keterampilannya sebagai bagian dari kru DJ mobile lokal bernama Master Blasters. Tetapi doi dia pindah ke Oakland, California setelah mendapatkan ijazah dari perguruan tinggi jurusan teori musiknya dan bertemu dengan calon rekan segrupnya, Kenneth Waters.

Setelah keluar dari West Coast, Jacobs, kemudian ikenal secara profesional sebagai “Shock G”, dan Waters membentuk Digital Underground bersama dengan dramer dan produser Chopmaster J. Berbeda dengan rekan sezaman sesama East Coast mereka di Public Enemy, yang mengusung lirik provokatif dan sadar sosial bersama beat-beat cacophonic, Digital Underground memilih pendekatan yang lebih menyenangkan. Shock G mewujudkan berbagai persona selama masa jabatannya di grup, seringkali sebagai karakter yang berlebihan dan penuh warna yang melontarkan lirik lucu melebihi produksi yang dibuat di sekitar musik funk.

Shock G Mentor Musik Tupac Shakur

Rilisan penting pertama ketiganya muncul pada tahun 1989 dengan single ‘Doowutchyalike’. Tahun berikutnya mereka sukses besar dengan album debut mereka, Sex Packets, dan single yang menduduki puncak tangga lagu ‘The Humpty Dance’. Di luar kesuksesan komersialnya, ‘The Humpty Dance’ terkenal karena penampilan Tupac Shakur kala remaja dalam video yang menyertai lagu tersebut.

Shock G terbukti menjadi mentor musik bagi Tupac. Pada Januari 1991, Tupac membuat rekaman debutnya di lagu ‘Same Song’ Digital Underground. Belakangan tahun mereka, Shock G membantu dalam produksi album debut Tupac, 2Pacalypse Now. Shock G juga ditampilkan di single Tupac tahun 1993 ‘I Get Around’.

Digital Underground terus merilis album hingga tahun 1990-an, tetapi kesuksesan grup berkurang dengan munculnya artis-artis bergaya ‘gangsta rap’. Setelah satu dekade absen, Digital Underground mengalami hiatus dan kemudian bersatu kembali pada tahun 2008 untuk album terakhir mereka, ..Cuz a D.U. Party Don’t Stop!

Baca juga: Ecko Show Gandeng Derry Sulaiman Di Single Hip Hop Religi ‘Dunia Fana’

Selamat jalan, Shock G. Mari mengenang almarhum Shock G dan Tupac Shakur dengan video-video berikut.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Edamame

    'Edamame' bbno$ & Rich Brian, Melting Pot Hip Hop Yang Asoy

    Kolaborasi musikal antara bbno$ (dibaca: baby no money) dengan Rich Brian, di lagu ‘Edamame’ ternyata berhasil membuat heboh serta menghasilkan respons

    on Oct 9, 2021
    G-Eazy

    G-Eazy Rilis Album Baru "These Things Happen Too", Sekuel Album Debut

    Foto: Axelle/Bauer-Griffin/FilmMagic. G-Eazy akhirnya merilis album baru pada hari Jum'at, 24 September 2021. Sebuah album sekuel yang berjudul These Thing

    on Sep 26, 2021
    bbno$

    bbno$ Rilis Single 'I Remember' Seraya Umumkan Album "eat ya veggies"

    Foto: Mats Schram. bbno$ (dibaca: baby no money), rapper Kanada yang grafik kariernya kian menanjak merilis single terbarunya, 'I Remember'. Doi juga sembar

    on Sep 24, 2021
    bbno$ & Rich Brian

    'Edamame' Viral, bbno$ & Rich Brian Rilis Video Lirik Bahasa Indonesia

    Rich Brian, rapper kebanggaan Indonesia yang memiliki karier internasional kembali jadi sorotan. Berkat kolaborasi musikal antara rapper Kanada bernama bbn

    on Sep 18, 2021