×
×

Search in Mata Mata Musik

Shoegaze Rocker NOTHING Rilis Single Ajib Dari ‘The Great Dismal’, Album Barunya

Posted on: 09/13/20 at 7:30 am

Shoegaze Rocker NOTHING Rilis Single Ajib Dari 'The Great Dismal', Album Barunya
Nothing. (Foto: Krista Schlueter/Stereogum).

Shoegaze rocker kelahiran Philadelphia, Amerika Serikat (AS), Nothing baru saja mengumumkan album keempat mereka, The Great Dismal. Sebelum dirilis via Relapse Records pada 30 Oktober mendatang, mereka terlebih dahulu membagikan single utama dari album tersebut yang berjudul ‘Say Less’.

Baca juga: Jónsi (Sigur Ros) Telah Umumkan Single Solo Terbarunya, ‘exhale’

Fondasi musik ‘Say Less’ dibangun dari beat dram bergaya post-punk yang memprovokasi dansa, terus mengalir lembut dan bersenggama dengan kebisingan yang mengawang-awang. Perpaduan antara ritme dansa dan tekstur gitar yang mengingatkan kepada lagu penutup album Loveless milik My Bloody Valentine, ‘Soon’, dan montase visual singkat sutradara Jordan Hemingway dalam video musik ‘Say Less’ adalah latar belakang yang ideal untuk lagu tersebut.

Nothing memang piawai menciptakan keindahan dalam kegelapan melalui atmosfer musiknya, dan kalau dinilai dari ‘Say Less’, The Great Dismal nampaknya akan menjadi album penggebrak selanjutnya yang bisa dicapai band ini, mengikuti jejak kesuksesan album sebelumnya, Dance on the Blacktop (2018). Selain para awak band, beberapa kontribusi dari tamu spesial di sesi rekaman album baru tersebut layak menuai pujian, mereka adalah pemain harpa Mary Lattimore, musisi klasikal Shelley Weiss, dan artis sekampung band, Alex G.

The Great Dismal mengacu pada sebuah rawa, sebuah perangkap alam yang brilian di mana kelangsungan hidup disesuaikan dengan penduduknya,” kata gitaris-vokalis Domenic Palermo dalam siaran pers, yang menggambarkan album itu sebagai “kisah misantropis Philadelphia”.

Domenic Palermo lanjut menambahkan: “Alamnya yang indah, tetapi lingkungan yang berat dan kondisi yang keras nggak akan pernah bisa benar-benar terguncang atau dilupakan dengan mudah”.

Album ini direkam dengan sistem multi-track selama masa karantina oleh produser Will Yip di Studio Four, Pennsylvania, AS. Sejak album Dance on the Blacktop, sepertinya Nothing terus menjalani trend merilis materi baru setiap dua tahun.

Baca juga: Beetleflux “Moonstruck”: Melayang Dengan Alunan Shoegazing Nan Melodius

Buat lo yang nge-fan dengan band ini, lo bisa pre-order CD The Great Dismal melalui Relapse Records atau Amazon. Sambil nunggu albumnya rilis, lo bisa treaming single ‘Say Less’ di ujung artikel ini dan cek cover album dan tracklist-nya di bawah ini.

Nothing COVER ALBUM The Great Dismal

The Great Dismal tracklist:
01. A Fabricated Life
02. Say Less
03. April Ha Ha
04. Catch a Fade
05. Famine Asylum
06. Bernie Sanders
07. In Blueberry
08. Memories
09. Blue Mecca
10. Just a Story
11. Ask The Rust

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Album Klasik

    32 Album Klasik & Esensial Yang Berulang Tahun Di Bulan September

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya sebuah

    on Sep 28, 2021
    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021
    Tom Morello

    Tom Morello & Bring Me The Horizon Party Bareng Di Lagu Yang 'PECAH'

    Foto: dok. artis. Tom Morello, penggemar rock siapa yang tidak mengenal gitaris ini. Gitaris sekaligus ikon rock pemenang dua penghargaan Grammy ini baru sa

    on Sep 23, 2021
    Placebo

    Placebo Kembali Via Lagu Keren 'Beautiful James' Setelah 5 Tahun Absen

    Placebo (Foto: Mads Perch). Placebo, anak-anak 1990-an dan awal 2000-an pasti kenal band alternative rock yang dibentuk di London, Inggris tahun 1994 ini. B

    on Sep 20, 2021