×
×

Search in Mata Mata Musik

Siapa Pemilik Resmi Nama Black Sabbath? Sharon Osbourne Menjawab

Posted on: 08/12/20 at 8:00 am

Siapa Pemilik Resmi Nama Black Sabbath? Sharon Osbourne Menjawab
Reuni Black Sabbath pada 2011, ki-ka: Bill Ward, Ozzy Osbourne, Geezer Butler, Tony Iommi. (Foto: Kevin Winter, Getty Images).

Di antara anggota legenda hidup heavy metal kelahiran Birmingham, Inggris ini, siapakah yang memegang hak cipta alias yang memiliki merek dagang Black Sabbath?

Baca juga: Ternyata Alm Juice WRLD Juga Penggemar Black Sabbath dan Band Metal Lain

Sharon Osbourne, istri dan manajer pribadi Ozzy Osbourne, telah meluruskan bagian mana dari Black Sabbath yang memegang hak atas nama band yang berusia lima dekade lebih ini. Bisakah lo menebak siapa itu?

Karena mungkin bukan sesuatu yang mengherankan bagi para fans Black Sabbath yang die-hard tentang siapa anggota band yang benar-benar mengontrol nama yang begitu dihormati itu. Bagaimanapun, Sharon membahas pengaturan nama tersebut pada episode terbaru dari podcast Wild Ride milik sang bintang acara TV Jackass, Steve-O.

Topik itu muncul saat Steve-O secara antusias membahas pengaruh Black Sabbath di musik metal. Teringat ketika Ozzy bergabung kembali dengan rekan band Black Sabbath-nya setelah karier solo yang mengesankan, pelawak profesional itu menekan Sharon untuk membeberkan detail bisnis band itu. Dengarkan jawabannya pada sekitar menit ke-14 dalam video di bawah ini.

“Gue harus tebak nih,” usul Steve-O, “Lo jadi otak bisnis yang cerdik di balik kerajaan Ozzy… ketika Black Sabbath bergabung kembali dengan Ozzy, sekarang itu pasti akan sesuai dengan keinginan lo. Dan, pada dasarnya, semua anggota lainnya di Black Sabbath akan menjadi karyawan dari band itu. Apa benar begitu?”.

Fans lama Black Sabbath kemungkinan besar mengetahui line-up yang terlibat dalam era klasik Black Sabbath, tentu saja, yakni Ozzy, gitaris sekaligus salah satu pendiri band Tony Iommi, bassis Geezer Butler dan dramer Bill Ward. Tapi ketika sampai pada urusan administrasi, seperti yang diuraikan Sharon, kuartet itu lebih seperti duo.

“Ya itu kurang lebih benar,” jawab Nyonya Osbourne. “Tapi Ozzy dan Tony memiliki nama itu. Geezer dan Bill nggak. Jadi pemiliknya ya Ozzy dan Tony… dan mereka adalah pasangan di Black Sabbath. Jadi, lo agak benar: Ozzy dan Tony setara. Dan, pada saat itu, anggota lainnya, itu seperti ‘dibayar untuk main’ saja”.

Baca juga: Tony Iommi Akui Pernah Usir Madonna Dari Ruang Latihan Black Sabbath

Namun, Bill Ward nggak ikut dalam reuni terakhir Black Sabbath. Tony Iommi telah menjelaskan situasinya pada 2017. Sebaliknya, dramer Tommy Clufetos mengambil alih posisinya selama tur. Dan Brad Wilk dari Audioslave dan Rage Against The Machine yang dimandat untuk mengisi dram di rekaman dua album studio terakhir Black Sabbath, 13 dan The End.

Tapi bukan berarti Ozzy Osbourne, Tony Iommi, Geezer Butler dan Bill Ward hubungannya lantas menjadi nggak baik. Belum lama ini, Bill Ward menyatakan minatnya untuk kembali memperkuat band seandainya Black Sabbath ingin reuni lagi. Mungkin yang mendukung niatnya itu adalah karena Tony Iommi memiliki banyak materi musik baru yang siap direkam. Sedangkan bagi Geezer Butler, dia “nggak akan bilang nggak” untuk kesempatan itu.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021