×
×

Search in Mata Mata Musik

Siapakah Dari ‘The Big 4’ Ini Sebagai Artis Hip Hop Terkaya Di Dunia?

Posted on: 06/21/20 at 7:00 am

Scene alias kancah musik Hip Hop telah menciptakan beberapa nama yang paling sukses secara finansial dalam sejarah musik dunia. Seperti yang dilaporkan RapTV (www.raptv.com), kesuksesan finansial memainkan peranan besar dalam musik Hip Hop dan Rap, lebih daripada genre lainnya. Mengapa? Karena banyak artis Rap dan Hip Hop berasal dari kemiskinan dan, bagi mereka, musik bukan hanya cara untuk mengekspresikan diri secara kreatif. Tetapi itu juga merupakan bentuk kebebasan finansial. Itu adalah tiket keluar dari keadaan mengerikan selama tinggal di daerah yang miskin.

Juga, seiring berjalannya waktu, para artis kulit hitam semakin terdidik dalam bisnis musik karena mereka telah menyaksikan tragedi begitu banyak artis kulit hitam sebelum mereka dieksplotasi alias dimanfaatkan demi keuntungan. Pada era 1950-an, 1960-an, dan di luar itu tidak biasa bagi artis kulit hitam yang sangat populer untuk hampir tidak punya cukup uang untuk membayar pengeluaran-pengeluaran mereka karena mereka dimanfaatkan oleh agen dan manajer, dan eksekutif studio. Tetapi artis Rap dan Hip Hop hari ini telah mempelajari pelajaran mereka dan lebih banyak terlibat dalam pengelolaan keuangan mereka daripada sebelumnya. Hasilnya sangat mengejutkan karena beberapa artis telah berhasil mengumpulkan kekayaan yang sangat besar. Berikut adalah beberapa musisi Hip Hop terkaya di dunia.

Kanye West

Kekayaan Kanye West telah menjadi substansial selama beberapa tahun terakhir dan terutama bersandar pada keberhasilan sepatu Yeezy-nya, yang dibuat dengan kemitraan dengan Adidas. Sulit untuk memperkirakan kekayaan bersih Kanye yang sebenarnya, beberapa akuntan terperinci mengungkapkan bahwa Kanye secara resmi, menurut Forbes dan yang lainnya, bernilai lebih dari satu miliar dolar AS.

Jay Z

Jay Z adalah miliarder pertama Hip Hop. Jelas, Jay Z adalah musisi yang produktif dan memiliki banyak lagu-lagu hit. Tapi, jujur saja, bahkan Jay Z belum menjadi miliarder hanya dari musiknya. Salah satu kesuksesan finansial awal dan terbesar Jay-Z datang bersama “Rocawear”, perusahaan pakaiannya yang berfokus pada perkotaan yang akhirnya dia jual dengan harga lebih dari 200 juta dolar AS.

Sejak menjual Rocawear, Jay Z telah meluncurkan Roc-A-Fella Records, bersama dengan usaha pakaian lainnya, lebih banyak memproduksi musik, dan banyak lagi.

Mengutip saat Jay Z mengatakan, “Untuk meyakinkan artis bahwa kamu tidak bisa menjadi artis dan menghasilkan uang… adalah trik terbesar dalam musik yang pernah dilakukan orang-orang. Aku pikir orang-orang yang menghasilkan jutaan dolar mengatakan hal itu”.

Diddy

Diddy, yang dulu sangat dikenal dengan nama “Puff Daddy,” diperkirakan memiliki kekayaan bersih antara 700 dan 900 juta dolar AS, dengan sebagian besar berasal dari lini usaha vodka-nya, Ciroc, serta pakaian Sean John. Diddy adalah pengusaha yang cerdas dan sepertinya selalu memiliki lebih banyak “masakan”. Itu tidak akan mengejutkan bagi siapa pun jika usaha sang enterpreneur berikutnya menetapkannya pendapatlebih dari 1 miliar AS.

Dr. Dre

Dr. Dre mungkin miliarder atau mungkin bukan miliarder. Tetapi dia tentu bernilai beberapa ratus juta — mungkin sekitar 800 juta dolar AS. Tidak hanya Dr. Dre telah membuat dan memproduksi musik hit selama beberapa dekade, tetapi dia juga menjual perusahaan headphone-nya “Beats By Dre” seharga sekitar 3 miliar dolar AS pada tahun 2014. Dia memiliki sekitar 25% dari saham perusahaan tersebut pada saat itu, jadi itu merupakan gaji yang cukup sangat besar baginya. Setelah pembayaran hutang dan biaya lainnya, diperkirakan Dr. Dre menerima sekitar 500 juta dolar AS pada kesepakatan itu. Jadi, dengan uang itu ditambah beberapa ratus juta lebih dari usaha lainnya, diperkirakan bahwa kekayaan bersih Dr. Dre adalah antara 700 juta hingga satu miliar dolar AS.

Jadi ya, itu benar, kamu bisa menjadi artis dan menghasilkan uang. Keduanya tidak saling eksklusif. Sementara seni yang hebat tidak boleh terutama berfokus secara finansial, tidak ada alasan kenapa, jika artis dan rapper Hip Hop menciptakan seni yang hebat, hasil akhirnya tidak bisa menguntungkan secara finansial. Itulah yang diajarkan oleh para orang hebat ini kepada kami: Melakukan pekerjaan pertama dan kemudian mengelolanya secara pribadi dan benar untuk memastikan kamu dibayar untuk apa yang kamu buat ketimbang sekelompok orang yang mengambil sesuatu darimu langsung dari bank.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pop Smoke

Album Anumerta Pop Smoke, ‘Shoot for the Stars, Aim for the Moon’ ...

Pop Smoke ‘Shoot for the Stars'. Album debut anumerta dari almarhum rapper Pop Smoke, Shoot for the Stars, Aim for the Moon, telah dirilis. Streaming albu

on Jul 4, 2020
Jackson Wang

Jackson Wang Apresiasi Fans Rilis MV Baru ‘100 Ways Jackson Wang LOV...

Jackson Wang. Untuk merayakan lagu ‘100 Ways’ yang menggebrak chart Top 30 US Pop milik Mediabase, rapper Jackson Wang telah merilis video musik spesial

on Jul 4, 2020
21 Savage

21 Savage Luncurkan Program Edukasi Finansial Gratis Untuk Anak Sekola...

21 Savage. (Foto: via Getty/Mike Coppola/FilmMagic). Perihal krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19, rapper berdarah dingin asal Atlanta, Amerika Serikat (A

on Jul 3, 2020
Ty Dolla $ign

Via 'Ego Death', Ty Dolla $ign Bersinergi Dengan Kanye West, Skrillex,...

"Ego Death" artwork (Ty Dolla $ign, Kanye West, FKA twigs, Skrillex). Musisi R&B Ty Dolla $ign telah mengumpulkan sekelompok artis dengan bakat yang gok

on Jul 3, 2020