×
×

Search in Mata Mata Musik

Sid McCray, Vokalis Pertama Legenda Punk Bad Brains, Meninggal Dunia

Posted on: 09/14/20 at 7:30 am

Sid McCray, Vokalis Pertama Legenda Punk Bad Brains, Meninggal Dunia
Sid McCray. (Foto: Kevin RC Wilson).

Kabar duka datang dari scene punk rock dan hardcore. Sid McCray, vokalis orisinil alias pertama band punk rock legendaris Bad Brains, telah meninggal dunia. Vokalis yang akrab disapa SidMac itu meninggal pada tanggal 9 September lalu. Penyebab kematiannya belum diungkapkan secara publik.

Baca juga: 15 Band Cadas Yang Diboikot Oleh Walt Disney Karena Alasan Yang Ironis

Sid McCray menjabat sebagai vokalis Bad Brains dari tahun 1977 hingga 1978, ketika band mereka masih mengusung jazz fusion dengan nama Mind Power. Doi adalah orang yang memperkenalkan punk rock kepada rekan-rekan bandnya, khususnya melalui album-albumnya Sex Pistols dan Ramones. Pada akhirnya, band ini menggunakan nama Bad Brains yang terinspirasi dari judul lagu Ramones.

Sid McCray sempat menulis lagu-lagu awal Bad Brains seperti ‘The Regulator’, namun akhirnya mengundurkan diri dari band dan menyerahkan mikrofonnya kepada gitaris band, Paul Hudson alias H.R. “Gue menyanyi dengan band itu hanya sebentar saja, tetapi gue keluar karena gue lihat H.R. adalah vokalis yang jauh lebih baik,” kata Sid McCray dalam film dokumenter tentang H.R. yang berjudul Finding Joseph I. “Itu bukan soal kompetisi, gue hanya merasa, doi adalah vokalis yang lebih baik, lebih teatrikal”.

Saat gaya musik Bad Brains bertransisi ke hardcore punk, mereka juga menginkorporasi gaya musik reggae yang nggak sejalur dengan minat Sid McCray. “Saat itu, mereka melihat Bob Marley (saat konser) dan gue belum siap untuk melihat Bob Marley. Gue masih memiliki beberapa hal yang harus dilakukan dan dikerjakan, jadi kami berpisah,” ungkap Sid McCray mengenang.

Namun, Sid McCray kemudian bersatu kembali dengan Bad Brains untuk konser dadakan di pameran seni yang digelar oleh bassis band, Darryl Jenifer pada November 2017. SidMac memainkan satu lagu dengan teman-teman band lamanya, menandakan pertama kalinya doi sepanggung dengan Bad Brains dalam 39 tahun terakhir.

Baca juga: 11 Musisi Rock & Metal Bergelar Profesor (PhD). No. 7 Paling Nggak Nyangka

Bad Brains mengumumkan kabar duka mengenai Sid McCray melalui Facebook dengan pesan sederhana dengan menulis: “R.I.P. kepada sang Don, saudara kita – lanjutkan perjalanan lo”. Mereka juga menyediakan tautan halaman GoFundMe yang disiapkan oleh tujuh anak Sid McCray. Semua donasinya, yang saat ini jumlahnya sudah melebihi angka US$ 5.000 (Rp 74 juta) saat artikel ini ditulis, akan digunakan untuk membayar biaya pemakaman Sid McCray.

Rest in peace, SidMac.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Johnny Ramone

    Gitar Peninggalan Johnny Ramone Terjual Hampir Rp 14 M Dalam Lelang

    Mosrite Venture II, gitar utama yang dipakai Johnny Ramone. Gitar listrik bermerek Mosrite Ventures II keluaran tahun 1965 milik Johnny Ramone dikabarkan te

    on Sep 30, 2021
    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021
    5 Film Panduan Yang Representatif Untuk Punk Rock

    5 Film Panduan Yang Representatif Untuk Mengenal Punk Rock

    Punk Rock lagi nih bray. Industri film Hollywood dan musik rock nampaknya tidak selalu cocok jika bersatu dalam sebuah proyek. Sering kali saling berlawana

    on Aug 23, 2021
    Johnny Rotten

    Johnny Rotten Kalah, Musik Sex Pistols Sah Dipakai Di Miniseri 'Pistol...

    Foto: Bridlington Press. Johnny Rotten, nama beken dari John Lydon, belum lama ini dikabarkan kalah dalam pertempuran hukumnya dengan dua rekannya di Sex Pi

    on Aug 23, 2021