×
×

Search in Mata Mata Musik

Sidang Kasus Kekerasan Seksual R. Kelly Di New York Ditunda Hingga Juli

Posted on: 02/10/20 at 10:00 am

R. KELLY
R. Kelly meninggalkan Gedung Pengadilan Kriminal Leighton setelah sidang pada 26 Juni 2019 di Chicago (Foto: ambar Scott Olson/GettyImages).

Seorang hakim federal pada hari Kamis lalu menunda sidang kasus percobaan pemerasan, kekerasan seksual, dan penyuapan R. Kelly di Brooklyn, New York hingga 7 Juli, sehingga jadwalnya tidak bentrok dengan persidangan mendatang sang penyanyi R&B itu dalam kasus lainnya di Chicago yang terpisah.

Hakim distrik AS, Ann Donnelly, saat di pengadilan federal Brooklyn mengatakan bahwa tanggal persidangan 27 April yang dijadwalkan di Chicago membuat jadwal target 18 Mei mendatang untuk memulai persidangan Brooklyn “menjadi tidak realistis”.

R. Kelly, yang ditahan oleh otoritas federal di Chicago, menghadiri sidang di Brooklyn melalui konferensi video, mengenakan kemeja lengan pendek berwarna oranye di atas kaos putih.

Pengacara R. Kelly, Douglas Anton, mendukung penundaan jadwal itu, dengan mengutip bahwa ada “banyak” bukti untuk diperiksa dan bahwa pengacara pembela R. Kelly “bahkan tidak tahu siapa dua orang yang diduga menjadi korban”.

Kuisioner akan diberikan kepada sekitar 400 hingga 500 calon juri pada bulan Mei, dari mana para pengacara berharap bisa menemukan 200 calon juri untuk ditanyai lebih lanjut pada bulan Juli.

Dikenal karena lagu-lagu hit seperti ‘I Believe I Can Fly’ dan ‘Bump N ‘Grind’, R. Kelly, yang berusia 53 tahun, telah menghadapi tuduhan kekerasan seksual sejak lebih dari dua dekade yang lalu, termasuk kesaksian dari beberapa penuduh dalam film dokumenter mengenai R. Kelly di jaringan Lifetime pada Januari 2019 lalu, Surviving R. Kelly.

R. Kelly mengaku bahwa ia tidak bersalah atas semua tuntutan pidana itu dalam beberapa kasus yang diajukan di New York, Illinois, dan Minnesota tahun lalu.

Jaksa penuntut dari Brooklyn telah menuduh bahwa R. Kelly menjalankan semacam skema kriminal di mana para perempuan dan gadis di bawah umur direkrut untuk melakukan aktivitas seksual dengannya. Mereka juga menuduh R. Kelly telah menyuap pejabat dari Illinois pada Agustus 1994 untuk mendapatkan identitas palsu bagi sesama penyanyi, Aaliyah, sehingga mereka bisa menikah.

Waktu itu terjadi, R. Kelly masih berusia 27 tahun dan Aaliyah berusia 15 tahun, tetapi menurut laporan yang diterbitkan, surat nikah mereka menyebutkan bahwa usia Aaliyah adalah 18 tahun. Pernikahan itu dibatalkan pada 1995. Aaliyah meninggal pada usia 22 tahun dalam sebuah kecelakaan pesawat pada tahun 2001 di negara Bahamas.

Jaksa penuntut dalam kasus di Chicago mendakwa bahwa R. Kelly pada Juli lalu terlibat dalam sebuah kegiatan seksual dengan lima anak di bawah umur, dan merekam beberapa dugaan pelecehannya dalam bentuk video, dan menggunakan ancaman untuk membuat para korban tetap diam.

R. Kelly juga didakwa pada Februari lalu oleh jaksa negara bagian Illinois karena memperparah kekerasan seksual, dan pada Agustus lalu oleh jaksa negara bagian Minnesota karena membujuk seorang anak di bawah umur untuk melakukan tindakan seksual bersamanya.

Pada tahun 2008, R. Kelly dibebaskan dari pengadilan atas tuduhan pornografi anak-anak di Illinois.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Sara Fajira

    Sara Fajira Awali 2021 Dengan Single R&B/Hip Hop 'Julite' Yang Spektak...

    Sara Fajira. (Foto: Kaio Entertainment). Nama Sara Fajira memang makin melejit setelah kesuksesan viral lagu 'Lathi' milik Weird Genius yang dinyanyikannya.

    on Feb 12, 2021
    Aib Artis

    Antara Karya & Aib Dari Seorang Artis Yang Tidak Selalu Bisa Dipisahka...

    Ki-ka: Phil Spector, Gisel, Michael Jackson, R. Kelly, Ariel. Kondisi psikologi manusia memang merupakan hal yang sulit untuk dipahami. Bagaikan dua sisi se

    on Jan 20, 2021
    Dycall wtih chicks

    Rapper Muda Dycal Lepas Single 'Gue Udah Muak' Setelah Muak Diselingku...

    Dycal Siahaan atau yang akrab disapa Dycal, dikenal sebagai seorang Rapper sekaligus YouTuber yang sedang digandrungi anak muda ja

    on Dec 24, 2020
    Grace Sahertian

    Berkolaborasi Dengan 60 Netizen, Grace Sahertian Rilis MV Single 'Hone...

    Grace Sahertian. Setelah merilis single ketiganya yang berjudul 'Honestunes' pada tanggal 10 Juli 2020 lalu, pada tanggal 18 Desember 2020 ini Grace Sa

    on Dec 21, 2020