×
×

Search in Mata Mata Musik

Sidang Kasus Kekerasan Seksual R. Kelly Di New York Ditunda Hingga Juli

Posted on: 02/10/20 at 10:00 am

R. KELLY
R. Kelly meninggalkan Gedung Pengadilan Kriminal Leighton setelah sidang pada 26 Juni 2019 di Chicago (Foto: ambar Scott Olson/GettyImages).

Seorang hakim federal pada hari Kamis lalu menunda sidang kasus percobaan pemerasan, kekerasan seksual, dan penyuapan R. Kelly di Brooklyn, New York hingga 7 Juli, sehingga jadwalnya tidak bentrok dengan persidangan mendatang sang penyanyi R&B itu dalam kasus lainnya di Chicago yang terpisah.

Hakim distrik AS, Ann Donnelly, saat di pengadilan federal Brooklyn mengatakan bahwa tanggal persidangan 27 April yang dijadwalkan di Chicago membuat jadwal target 18 Mei mendatang untuk memulai persidangan Brooklyn “menjadi tidak realistis”.

R. Kelly, yang ditahan oleh otoritas federal di Chicago, menghadiri sidang di Brooklyn melalui konferensi video, mengenakan kemeja lengan pendek berwarna oranye di atas kaos putih.

Pengacara R. Kelly, Douglas Anton, mendukung penundaan jadwal itu, dengan mengutip bahwa ada “banyak” bukti untuk diperiksa dan bahwa pengacara pembela R. Kelly “bahkan tidak tahu siapa dua orang yang diduga menjadi korban”.

Kuisioner akan diberikan kepada sekitar 400 hingga 500 calon juri pada bulan Mei, dari mana para pengacara berharap bisa menemukan 200 calon juri untuk ditanyai lebih lanjut pada bulan Juli.

Dikenal karena lagu-lagu hit seperti ‘I Believe I Can Fly’ dan ‘Bump N ‘Grind’, R. Kelly, yang berusia 53 tahun, telah menghadapi tuduhan kekerasan seksual sejak lebih dari dua dekade yang lalu, termasuk kesaksian dari beberapa penuduh dalam film dokumenter mengenai R. Kelly di jaringan Lifetime pada Januari 2019 lalu, Surviving R. Kelly.

R. Kelly mengaku bahwa ia tidak bersalah atas semua tuntutan pidana itu dalam beberapa kasus yang diajukan di New York, Illinois, dan Minnesota tahun lalu.

Jaksa penuntut dari Brooklyn telah menuduh bahwa R. Kelly menjalankan semacam skema kriminal di mana para perempuan dan gadis di bawah umur direkrut untuk melakukan aktivitas seksual dengannya. Mereka juga menuduh R. Kelly telah menyuap pejabat dari Illinois pada Agustus 1994 untuk mendapatkan identitas palsu bagi sesama penyanyi, Aaliyah, sehingga mereka bisa menikah.

Waktu itu terjadi, R. Kelly masih berusia 27 tahun dan Aaliyah berusia 15 tahun, tetapi menurut laporan yang diterbitkan, surat nikah mereka menyebutkan bahwa usia Aaliyah adalah 18 tahun. Pernikahan itu dibatalkan pada 1995. Aaliyah meninggal pada usia 22 tahun dalam sebuah kecelakaan pesawat pada tahun 2001 di negara Bahamas.

Jaksa penuntut dalam kasus di Chicago mendakwa bahwa R. Kelly pada Juli lalu terlibat dalam sebuah kegiatan seksual dengan lima anak di bawah umur, dan merekam beberapa dugaan pelecehannya dalam bentuk video, dan menggunakan ancaman untuk membuat para korban tetap diam.

R. Kelly juga didakwa pada Februari lalu oleh jaksa negara bagian Illinois karena memperparah kekerasan seksual, dan pada Agustus lalu oleh jaksa negara bagian Minnesota karena membujuk seorang anak di bawah umur untuk melakukan tindakan seksual bersamanya.

Pada tahun 2008, R. Kelly dibebaskan dari pengadilan atas tuduhan pornografi anak-anak di Illinois.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Fahem

Fahem Beri Single Baru 'Another Pills' Untuk Ditelan Bersama Hubungan ...

Fahem. (Foto: Berryl Reynaldy). Jika single debut Fahem berbicara tentang romansa sebelum menjalin hubungan, 'Another Pills', single keduanya ini adalah seg

on Oct 7, 2020
Eros Tjokro

Eros Tjokro Beri Tips Buat Cowok Yang Sedang PDKT Di Single Barunya, '...

Eros Tjokro. Penyanyi Eros Tjokro merilis single terbaru bertajuk 'Gibberish' yang merupakan pembukaan Roses, tema besar dalam karya Eros Tjokro di tahun 20

on Oct 5, 2020
Dhora Bongs dan Murei

Dhira Bongs & Murei Kampanyekan Rasa Syukur Lewat 'Not an Ordinary Fai...

Dhira Bongs dan adiknya, Murei. Setelah November 2019 lalu, Dhira Bongs merilis single 'Sungguh Terlalu', Dhira kembali merilis single kedua pada 25 Septemb

on Sep 25, 2020
Pamela Hutchinson

Pamela Hutchinson, Penyanyi Trio R&B The Emotions, Meninggal Dunia

Pamela Hutchinson. (Foto: via CNN). Pamela Hutchinson, salah satu anggota dari trio R&B legendaris The Emotions, meninggal dunia pada hari Jum’at, 18

on Sep 22, 2020