<-- Google Tag Manager -->
×
×

Search in Mata Mata Musik

Personel Sigur Rós Tersandung Masalah Pajak!

Posted on: 03/31/19 at 2:00 pm

Sebuah dakwaan menyatakan bahwa para anggota band Islandia, Sigur Rós menghindari membayar pajak dengan total $1,2 juta antara tahun 2011 sampai 2014.

Kamis (28/3), seorang jasa distrik Reykjavik mengeluarkan surat dakwaan yang ditujukan untuk setiap anggota Sigur Ros karena mengembalikan laporan pajak yang salah, terhitung dari tahun 2011 sampai dengan 2014. Menurut sebuah pernyataan di Associated Press, dakwaan tersebut menghindari pembayaran pajak sebesar 151 juta Krona Islandia, atau $1,2 juta.

Personel Sigur Rós didakwa menghindari pembayaran pajak oleh otoritas Islandia. (Foto: Taylor Hill/FilmMagic)

Sedangkan para anggota band tersebut bersikeras kalau masalah ini merupakan kesalahan dari penasihat keuangan yang mereka sewa selama ini. “Mereka menyesalkan kalau masalah ini harus mencuat sebelum sampai ke persidangan, tapi mereka berharap bahwa posisi mereka di kasus ini akan dipahami oleh semua pihak,” jelas seorang perwakilan dari pihak Sigur Rós kepada People. “Mereka memiliki niat penuh untuk memenuhi kewajiban pajak mereka, dan mereka mengira selama ini mereka sudah melakukannya dengan benar.”

Segala aset yang berada di bawah mereka, termasuk rumah dan apartemen bernilai lebih dari $6,5 juta, akan dibekukan sampai masalah ini diselesaikan lewat jalur hukum, menurut sebuah keterangan dari Associated Press.

Jónsi yang saat ini bertempat tinggal di Los Angeles, dilaporkan menghindari pajak penghasilan sebesar $240.000 dan pajak pendapatan atas investasinya sebesar $105.000. Sedangkan Goggi, Kjarri dan Orri diduga gagal melaporkan pendapatannya sebesar $1,6 juta, sehingga mereka harus melakukan pembayaran pajak sebesar $725.000.

“Para musisi tersebut bukanlah seorang yang ahli dalam hal pembukuan, apalagi membuat laporan berisi data-data terkait untuk melakukan pengembalian pajak,” kata perwakilan hukum Sigur Rós, Bjarnfredur Olafsson kepada People. “Itulah mengapa mereka menyewa tenaga ahli yang dikenal memiliki kredibilitas tinggi untuk mengurus hal-hal seperti ini. Tapi sayangnya, terungkap bahwa laporan-laporan pajak tersebut memiliki data pengembalian pajak yang tidak tepat atau keterlambatan dalam menyerahkannya ke otoritas pajak Inslandia. Semua di Sigur Rós selama ini berpikir kalau hal ini sudah tertangani dengan baik, karena mereka percaya sepenuhnya kepada para profesional tersebut.”

Pernyataan dilanjutkan, “Sekarang kasus ini sepenuhnya berada di tangan jaksa distrik untuk membuktikan kalau para musisi tersebut memang lalai dalam pengurusan laporan pajak mereka. Mengingat beberapa fakta dari kasus ini, hal tersebut sungguh mengecewakan, karena seharusnya bukan pihak Sigur Rós yang dituntut.”

Sampai berita ini dilaporkan oleh People, tanggal pengadilan belum diputuskan.

<w>

Keterangan Foto Utama: Sigur Rós tampil di Heineken Music Hall di Amsterdam, Februari 2013. (Foto: Alive87/via Wikipedia)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Jónsi

Jónsi Hadirkan Proyek Duonya, Dark Morph

Vokalis Sigur Rós ini mendirikan grup baru bersama komposer dan artis visual asal Swedia, Carl Michael von Hausswolff. Baca Juga: Of Monsters and Men Ke

on May 2, 2019
Sigur Rós Jadi Pengisi Soundtrack Pertunjukan Tari

Sigur Rós Jadi Pengisi Soundtrack Pertunjukan Tari

“22° Lunar Halo,” karya koreografer Cheng Tsung-lung, tayang perdana pada 13 April 2019 Oleh Madison Bloom (Pitchfork) Sigur Rós akan menyumbang mu

on Jan 13, 2019