×
×

Search in Mata Mata Musik

Single Baru Helloween ‘Skyfall’ Tampilkan Sound Klasik Sang Ikon Power Metal Ini

Posted on: 12/8/20 at 10:00 am

Single Baru Helloween 'Skyfall' Tampilkan Sound Klasik Sang Ikon Power Metal Ini
Helloween “Pumpkins United” 2019. (Foto: Nuclear Blast).

Formasi klasik yang diperluas dari ikon power metal Jerman Helloween akan merilis album yang sangat dinanti-nantikan pada musim panas 2021. Single pertama dari album tersebut, ‘Skyfall’, akan dirilis pada 2 April 2021.

Baca juga: Tonton Sekarang! Slay At Home: Festival Seni & Musik Heavy Metal Virtual

Formasi yang dinamakan “Pumpkins United” itu menampilkan tujuh personil dengan kembalinya dua orang personil lawas Helloween, yakni vokalis Michael Kiske dan gitaris Kai Hansen yang bergabung dengan vokalis Andi Deris, duo gitaris Michael Weikath dan Sascha Gerstner, bassis Markus Grosskopf dan dramer Daniel Löble.

Diproduksi oleh Charlie Bauerfeind dan Dennis Ward, album baru Helloween mendatang telah direkam sebagian di H.O.M.E. Studio di Hamburg (tempat band ini debut rekaman pada 1984). Konsol rekaman yang sama digunakan untuk album-album lawas Helloween seperti Master Of The Rings, Time Of The Oath dan Better Than Raw pun kembali digunakan untuk merekam materi baru band. Materi album baru ini di-mixing di Valhalla Studios oleh Ronald Prent (Iron Maiden, Def Leppard, Rammstein).

Album baru Helloween ini menampilkan sound heavy metal mereka yang “kembali ke akar”, di mana lahirnya subgenre baru bernama speed metal dan power metal, dengan sepenuhnya direkam secara analog dan Daniel Löble pun memainkan drum kit yang sebelumnya digunakan oleh dramer asli Helloween, mendiang Ingo Schwichtenberg, di rekaman album Keeper Of The Seven Keys yang legendaris.

Artwork single 'Skyfall' oleh Helloween.
Artwork single ‘Skyfall’ oleh Helloween.

“Skyfall” akan tersedia dalam bentuk CD, digital dan dalam dua versi vinyl yang berbeda.

Single 1: Vinyl, CD, digital

“Skyfall” (edit single) + “Skyfall” (mixing vokal alternatif eksklusif). Keduanya adalah versi single eksklusif dan nggak akan ada di album. Sekitar 20 menit durasinya.

Single 2: Hanya vinil

“Skyfall” (edit single) + “Indestructible” (trek album eksklusif). Ini adalah versi terbatas dari single baru dengan satu lagu album eksklusif.

Lagu epik berdurasi 12 menit, ‘Skyfall’, yang ditulis oleh Kai Hansen, memiliki getaran ‘Keeper Of The Seven Keys’ yang telah lama dirindukan oleh para Pumpkins (fans Helloween), tetapi secara musikal nggak menceritakan keseluruhan kisah album. Secara lirikal, ‘Skyfall’ menceritakan tentang pendaratan alien di bumi, dan video musik yang menyertainya, diproduksi oleh Martin Häusler, akan menjadi video paling rumit dalam sejarah band, menampilkan animasi 3D dan tampilan sinematik.

Tur “Pumpkins United” 2017-2018 lalu menandakan pertama kalinya Michael Kiske bermain live dengan Helloween sejak 1993. Sedangkan Kai Hansen, yang hengkang dari Helloween pada 1988, telah kembali bergabung dengan band di atas panggung dalam berbagai tur dan penampilan festival selama bertahun-tahun. Live set tersebut menampilkan beberapa duet vokalis antara Michael Kiske dan penggantinya, Andi Deris, bersama dengan banyak lagu yang jarang dimainkan, termasuk ‘Kids Of The Century’, ‘Rise And Fall’ dan ‘Livin ‘Ain’t No Crime’. Kai Hansen yang menjadi vokalis Helloween hingga akhir 1986, menyanyikan medley dari beberapa lagu klasik Helloween awal seperti ‘Ride The Sky’, ‘Judas’, ‘Starlight’ dan ‘Heavy Metal (Is The Law)’.

Tur Eropa Helloween “United Alive World Tour Part II”, yang semula dijadwalkan berlangsung pada bulan September dan Oktober 2020, sekarang telah dijadwal ulang ke tahun depan.

Formasi “Pumpkins United” dari Helloween ini sudah merilis satu lagu baru yang berjudul sama, ‘Pumpkins United’ pada Oktober 2017 dan merilis album live, ‘United Alive’ dalam format CD dan DVD pada 2019.

Baca juga: Bruce Dickinson Kembali Ungkit Persoalan Iron Maiden Vs Metallica!

Sambil menunggu single ‘Skyfall’ rilis, kita dengarkan kembali lagu ‘Pumpkins United’ yang dirilis tahun lalu di bawah ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Jon Schaffer

    Jon Schaffer (Iced Earth) Ditangkap Dengan 6 Dakwaan Pasca Kerusuhan U...

    Jon Schaffer. (Foto: Roberto Schmidt/AFP via Getty Images). Setelah dicap sebagai TO (Target Operasi) yang masuk DPO (Daftar Perburuan Operasi) FBI dan Poli

    on Jan 18, 2021
    Musisi Alih Profesi

    10 Musisi Rock Yang Meninggalkan Musik Demi Mengejar Karier Lain

    Ki-ka: Dave Rowntree (Blur), Greg Graffin (Bad Religion), Dan Spitz (eks-Anthrax)/insert foto, Terry Chimes (eks-The Clash). Mengejar atau meniti karier mus

    on Jan 17, 2021
    Marco Hietala

    Jengah Dengan Industri Musik, Marko Hietala Hengkang Dari Nightwish

    Nightwish circa 2020. (Foto: dok. Nuclear Blast). Bassis yang sudah lama berpetualang dalam dunia heavy metal bersama Nightwish, Marko Hietala telah resmi m

    on Jan 12, 2021
    Phil Labonte dan John Cooper

    Phil Labonte & John Cooper Kritik Keras Pemblokiran Akun Media Sosial ...

    Phil Labonte (All That Remains) dan Skillet's John Cooper (Skillet). Vokalis All That Remains Phil Labonte dan vokalis Skillet John Cooper kompak mengutuk p

    on Jan 12, 2021