×
×

Search in Mata Mata Musik

Single Terbaru Remissa Untuk Mereka Yang Cemas Dalam Memperjuangkan Hidup

Posted on: 04/22/20 at 10:30 am

Single anyar untuk album terbaru Remissa ini terinspirasi dari cerita yang dituturkan secara langsung oleh seorang kawan sekaligus kepala keluarga yang cemas dalam memperjuangkan kebutuhan hidup.

Remissa.
Remissa. (Foto: dok. Remissa).

Pasca merilis album akustik berjudul Untukmu Saja via digital di penghujung 2019 lalu, Remissa, band alternative rock asal kota Malang, kembali dengan merilis video lirik untuk single terbarunya berjudul ‘Harap-Harap Cemas’ pada 9 April 2020.

Seperti karya-karya sebelumnya, melalui ‘Harap-Harap Cemas’, Remissa masih berbicara mengenai isu-isu sosial di mana kali ini Rizky Toar (vokal/gitar) selaku penulis lirik mengaku jika single terbaru ini terinspirasi dari penuturan langsung seorang kawan yang mengisahkan kecemasannya dalam menghadapi kehidupan.

“Dia sering curhat ke saya kalau dia sampai frustasi dengan kehidupannya yang harus dikejar hutang tiap harinya,” kenang Rizky Toar.

Menurut cerita pria yang akrab disapa Toar itu, kawannya adalah kepala keluarga yang merupakan seorang pekerja lepas dengan penghasilan yang tak menentu padahal ia memiliki banyak tanggungan – mulai dari menafkahi keluarga hingga membayar cicilan hutang.

Selain untuk mencukupi kebutuhan keluarga, penghasilan yang pas-pasan menjadikan berhutang sebagai jalan terkahir yang harus dipilih. Bahkan sampai ia lupa akan kebutuhan psikis dan fisik dalam berumah tangga karena terlalu sibuk dengan tuntutan memenuhi kebutuhan pokok yang harganya terus naik dan mencekik.

“Dia pernah berpikiran gila bahwa dia menaganggap Tuhan sudah tidak menyayangi dia,” lanjutnya. “Lewat lagu ‘Harap-Harap Cemas’ ini saya mencoba mewakili apa yang dirasakan oleh kawan saya tersebut atau sekiranya juga bisa mewakili orang-orang di luar sana yang bernasib sama”.

Lain halnya jika dilihat dari sisi musik, jika di materi album-album sebelumnya Remissa terdengar galak dengan nyalak distorsinya, lewat single terbarunya kali ini Rizky Toar (vokal, gitar), Baron Wisnumurti (vokal, bass), Rizqtsany (gitar), dan Rufa Hidayat (dram) justru mencoba banyak formula baru; mulai dari aransemen musik, corak vokal, hingga piranti yang digunakan untuk rekaman.

“Kali ini kami mencoba bereksperimen dengan hal hal yang baru, seperti bunyi dram yang sangat digital, karakter vokal yang agak mendayu-dayu di bagian reff-nya, dan beberapa suara pads yang kami masukan ke dalam lagu,” ujar sang gitaris, Rizqtsany.

Remissa - harap harap cemas

Lagu ‘Harap-Harap Cemas’ adalah single perdana yang dirilis untuk persiapan album terbaru Remissa yang rencananya akan dirilis tahun ini. Untuk penggarapan video lirik ‘Harap-Harap Cemas’ Remissa dibantu oleh Alit Arinatha Putra sebagai illustrator dan Alfian Setya selaku animator.

Saat ini Rizky Toar dkk sedang dalam perampungan materi album baru. Di tengah pandemik Covid-19 banyak agenda yang harus terpaksa dibatalkan dan disusun ulang. Namun, Remissa menegaskan mencoba untuk terus produktif sembar menjaga kesehatan dan berdiam diri di rumah.

Merilis karya untuk album baru, workshop daring, hingga merancang website untuk kepentingan pengarsipan dan publikasi karya adalah beberapa rencana yang akan dilakukan Remissa.

“Semoga saja kawan-kawan di luar sana yang merasakan hal sama, bisa ikut juga tergugah dengan pesan yang dituangkan lewat lagu ini,” pungkas Remissa di siaran persnya.

Single ‘Harap-Harap Cemas’ saat ini sudah bisa ditonton dan dinikmati melalui kanal resmi Youtube Remissa di bawah ini.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Grrrl Gang

    Grrrl Gang Bagikan Kisahnya Di Amerika Dalam MV 'Honey, Baby', Single ...

    Grrrl Gang. (Foto: Carkultera). Setelah lama enggak merilis musik baru, akhirnya trio alternative pop rock asal Yogyakarta, Grrrl Gang kembali menyuguhkan s

    on Feb 17, 2021
    BIAS

    Alt-Rocker Bias Angkat Kesetaraan Gender Via Single 'Selir Pemberontak...

    Bias. (Foto: dok. Bias). Semua orang enggak wajib jadi Feminis, tapi semua orang wajib jadi Humanis. Kesetaraan, keharmonisan, dan simbiosis mutualisme anta

    on Feb 1, 2021
    Album Rock & Metal Paling Diantisipasi 2021

    30 Album Hard Rock & Heavy Metal Paling Diantisipasi Di Tahun 2021

    Tahun 2020 enggak cuma meluluh-lantakkan industri musik, melainkan semua lini kehidupan di dunia. Sementara ini kita memang masih berada di masa pandemi Co

    on Jan 31, 2021
    Boom Boom Car

    Alt-Rocker Boom Boom Car Gambarkan Manusia Serakah Via Single ‘Binat...

    Boom Boom Car. (Foto: dok. Boom Boom Car). Boom Boom Car (BBC) adalah band alternative rock asal Malang yang beranggotakan Hamzah (vokal), Faiq (gitaris uta

    on Jan 28, 2021