×
×

Search in Mata Mata Musik

Single Vigilantrust, ‘Pusaka Kita’ Serukan Pelestarian Warisan Budaya Nusantara

Posted on: 08/19/20 at 8:30 am

Single Vigiliantrust, 'Pusaka Kita' Serukan Pelestarian Warisan Budaya Nusantara

Di momen HUT kemerdekaan Indonesia ke-75, Vigilantrust merilis sebuah single bertajuk ‘Pusaka Kita’. Dirilis dalam format MV (Music Video), karya terbaru side project Vigil Kristologus & Risandy Eka (Kos Atos) ini sudah bisa disaksikan di YouTube mulai tanggal 17 Agustus 2020.

‘Pusaka Kita’ adalah tentang keragaman budaya Indonesia serta kekayaan alamnya yang sangat berlimpah. Mengajak generasi saat ini untuk lebih bangga dan lebih semangat lagi untuk menjaga segala adat budaya dan tradisi yang ada di Nusantara agar tetap lestari sampai kepada anak cucu kita nanti.

MV ‘Pusaka Kita’ berkolaborasi dengan teman-teman dari Kalimantan dan di bagian editing video dibantu oleh Michelle Brilly. Salah satu kolaborator video adalah Alberto Deo Prawira seorang penggiat budaya yang banyak mendokumentasikan kegiatan kesenian dan budaya suku Dayak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Lagu ini juga terinspirasi dari suku Dayak Kalimantan, karena di sana masyarakat adat sangat menjaga segala adat budaya dan tradisinya, sehingga sampai sekarang di sana masih sangat terjaga dengan baik, begitu juga dengan hutan lindungnya begitu asri dan sangat terjaga. “Adat dan tradisi adalah pusaka kita, karena ini turun menurun dan merupakan warisan dari kakek nenek kita sebelumnya,” tutur Alberto Deo Prawira.

Baca juga: Singel Siraman Rohani Vigilantrust dan Christabel Annora

Single ‘Pusaka Kita’ menghadirkan vokal duet Chelin Ridson dan Mukti Irianto (vokalis band Kos Atos). Produksi lagu oleh Creatorikos Audio Visual (Malang), sedangkan mixing mastering masih dipegang oleh Eka Catra yang sekaligus pengisi gitar. Menurut Eka, “Prosesnya sangat menarik dan tantangan juga buat saya karena lagu ini dikemas dengan alat musik modern dan etnik sehingga komposisinya harus tertata, kultur/budayanya sangat kuat dan saya suka akan hal itu”. Sedangkan line bass oleh Risandy Eka dan Vigil mengisi part untuk alat musik tradisional (sape’). “Penggarapan lagu ini sangat detail hingga penentuan instrumen maupun sound yang dihasilkan,” tutur Risandy.

Pada saat proses produksi lagu ‘Pusaka Kita’ prosesnya sendiri sangat menyenangkan, fun dan tanpa beban. “Saya pribadi mengalami sedikit kesulitan di beberapa bagian vokalnya bahkan take vokal bisa berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” tutur Mukti. “Begitu juga pada saat proses pembuatan MV, karena kami lintas pulau mungkin komunikasi sedikit kurang intens, namun akhirnya dengan negoisasi dan lainnya MV ‘Pusaka Kita’ pun diselesaikan dengan sangat manis”.

Selain tersedia di YouTube, single ini juga bisa didengarkan di berbagai platform digital seperti Spotify, iTunes, Deezer, dan sebagainya. Silakan menikmati & salam kemerdekaan.

Selamat mendengarkan ‘Pusaka Kita’, teman-teman…

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Alex Porat

    Alex Porat Rilis Single & MV 'dimension' Sebagai Simbol Surga-Neraka

    Penyanyi asal Kanada, Alex Porat, pada hari Rabu, 5 Mei merilis single terbarunya, 'dimension' bersamaan dengan video musik yang disutradarai oleh kolabo

    on May 6, 2021
    Juliette

    Juliette Comeback Dengan Album "Istimewa" Fitur 3 Penyanyi Top Muda

    Juliette. (Foto: GMI Records). Setelah sekian tahun mengalami resesi tuna karya, band pop Juliette kembali membuktikan taji mereka di kancah musik nasional.

    on Apr 25, 2021
    Maltha

    Maltha, Mantan Dramer Metal Lepas Single Ballad Solonya, 'But Why'

    Perkenalkan penyanyi pendatang baru dari kota Jember, Jawa Timur. Nama Maltha Hilda atau cukup dipanggil Maltha saja. Belum lama ini, doi merilis single te

    on Apr 9, 2021
    Sindy Amani

    Sindy Amani Rilis EP "Never Good Enough" Setelah Sukses Di Spotify

    Setelah single 'Is It Wrong to Loving You' yang baru-baru ini meraih 1 juta streams di Spotify, Sindy Amani akhirnya melepas mini album alias EP perdananya

    on Apr 3, 2021