×
×

Search in Mata Mata Musik

Sixtet Pop LPF Beri Pesan Semangat ‘Move On’ Lewat Single Baru ‘Thru The Time’

Posted on: 01/1/21 at 11:00 am

Sixtet Pop LPF Beri Pesan Semangat 'Move On' Lewat Single Baru 'Thru The Time'
LPF. (Foto: dok. LPF).

Tahun 2020 merupakan tahun yang sulit bagi sebagian besar warga dunia termasuk Indonesia. Namun hal tersebut dijadikan sebagai bahan semangat tambahan untuk sixtet pop LPF mengulik sisi kreatif dan menjadi lebih produktif di tahun itu. Setelah merilis single ‘I See You’ pada Maret 2020, LPF kembali dengan single keduanya, ‘Thru The Time’ yang dirilis di tahun yang sama di bulan Desember.

Baca juga: Vigilantrust Rayakan Natal Dengan “Percaya”, Album Pop Rohani Perdananya

Lagu ini mulai digarap pada pertengahan tahun 2020 tepatnya sekitar bulan Mei dan selesai di sekitar bulan September. Secara proses, pengerjaan ‘Thru The Time’ membutuhkan effort yang lebih agar dapat terselesaikan. Alasan utama adalah restriksi pandemi dan LPF juga terdiri dari personil yang mayoritas sudah tidak berada di dalam kota yang sama. Masing-masing personil sekarang berdomisili  di Jakarta, Jombang, Tulungagung, Samarinda, dan Balikpapan. Sehingga LPF memutuskan untuk berkumpul di Jakarta pada bulan Agustus untuk menyelesaikan lagu ini.

Proses produksi bekisar satu bulan hingga lagu ini selesai, yaitu dimulai bulan Agustus dan selesai bulan September. Produksi yang dimaksud terdiri atas recording, mixing, dan mastering.  Untuk proses recording di kerjakan dua bagian yaitu menggunakan home recording dan studio recording. Untuk proses home recording dikerjakan sendiri oleh LPF, seperti take gitar, brass section, layering vokal, kibord dan lain sebagainya dengan operator salah satu brass section LPF, Octaroza.

Proses studio recording dibutuhkan untuk merekam part dram dan main vokal yang membutuhkan treatment ruang akustik dan pengerjaan tersebut dilakukan di G Studio, Jakarta. Seluruh proses recording selesai di Jakarta dan untuk proses mixing dan mastering dilakukan secara jarak jauh (daring) antara sound engineer dengan LPF. Proses mixing dan mastering dikerjakan oleh Rizqtsany Nata’adiningrat yang berdomisili di kota Malang. 

Artwork single 'Thru The Time' oleh LPF.
Artwork single ‘Thru The Time’ oleh LPF.

Lagu ini dibuat oleh vokalis LPF berupa lirik yang sudah jadi dan notasi musik yang telah tergambar di gitar. Namun materi tersebut belum cukup matang untuk digarap dan direkam. Nah di sini peranan setiap personil sangat membantu memberikan khas warna yang menarik di lagu ini. Atau dengan kata lain kalau tanpa andil masing-masing personil yang ada pada LPF, lagu ini tidak akan jadi seperti adanya. “Kami ngeliatnya jadi menarik banget setiap bagian kayak ada nyawa masing-masing personil di lagu ini. Mudah-mudahan lo pada ngeh, tapi kami ngerasa banget,” tutur mereka.

Melihat dari sisi musikalitas, ini merupakan lagu yang cukup rumit untuk LPF, melihat dari cara bermain dan pengolahan suasana lagu. Secara suasana, Lagu ‘Thru The Time’ memiliki alur suasana yang cukup berbeda dari lagu sebelumnya, ‘I See You’. Setiap bagian lagu ini merepresentasikan suasananya masing-masing mulai dari bagian verse, reff, bridge, interlude dan outro.

Mengenai isi liriknya, vokalis LPF menjelaskan, “Ya kalimatnya sudah cukup jelas ya, gue nggak bisa bilang ini dari satu sudut pandang saja, tapi menurut gue ini tentang insecurity dan cara pandang menurut gue gimana cara menghadapinya. Lebih baik yang mendengarkan mengintepretasikan sendiri, bisa jadi ini bukan tentang insecurity di orang lain tapi tentang sakit hati mendalam dan lainnya. Gue cuma mau ngomong pokoknya lo jalan terus saja. It’s fine, people”.

Terlepas dari semua itu LPF hanya ingin bersenang-senang. “Kami cuma mau have fun saja, sans, hehe. Nikmatin saja lagunya mudah-mudahan bisa jadi lagu yang menghibur kalian. Sekedar dimainkan di hp, laptop, atau gadget apa pun dan kalau bisa tag kami, hehe, sudah cukup menyenangkan buat kami. Jangan lupa buat senang-senang terus ya”.

Baca juga: Fase Putus Cinta Ilhami Pop Rocker Ringgo 5 Di EP “Not Alone, Just Lonely”

Sudah ah, ngomong melulu, hehe, langsung saja dengarkan lagunya.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

TISA foto

Mahasiswi Kedokteran TISA Rilis 'Wait and See', Single Debut Karier Mu...

Tisa. (Foto: dok. HILLS). Titisari Wardani, atau lebih dikenal dengan panggilan TISA, adalah seorang penyanyi, pencipta lagu, dan pianis yang merupakan seor

on Jan 3, 2021
Kiky Angela

Lewat Single ‘The One’, Kiky Angela Pertanyakan Sosok Penting Dala...

Kiky Angela. (Foto: dok. Kiky Angela). Setelah melepas single debutnya yang berjudul 'Batman' pada Agustus 2020, nggak berselang lama, Kiky Angela

on Dec 31, 2020
Indysellen

Indysellen Ungkap Kisah Cinta Terpendamnya Via 'The Night', Single Deb...

Indysellen. (Foto: dok. Indysellen). Momentum penghujung tahun 2020 banyak dimanfaatkan musisi untuk merilis atau single, nggak terkecuali Sellen Ravindy at

on Dec 31, 2020
Kanda Brothers

Kuartet Pop Bersaudara Kanda Brothers Kembali Dengan Single 'Cintaku U...

Terinspirasi dari kisah cinta seorang sahabat, single terbaru milik kuartet pop Kanda Brothers berjudul 'Cintaku Untuknya', telah dirilis oleh R57 Records

on Dec 20, 2020