×
×

Search in Mata Mata Musik

SoundCloud Kini Tawarkan Jasa Mastering Lagu Berharga Murah Banget

Posted on: 07/16/20 at 8:30 am

SoundCloud Kini Sediakan Jasa Mastering Lagu Hanya Seharga 5 Dolar AS

SoundCloud telah bermitra dengan Dolby untuk menawarkan jasa mastering audio algoritmik.

Baca juga: SoundCloud Ajak Artis Spotify Gabung Layanan Distribusinya

“Mastering on Soundcloud” menyediakan berbagai “profil mastering” dan berupaya untuk menjembatani perbedaan antara kualitas amatir dan master berkualitas profesional dengan harga yang sangat jauh lebih murah. Ketika dikerjakan oleh seorang ahli profesional, mastering sebuah lagu dapat berharga antara US$ 50 (Rp 728 ribu) dan US$ 200 (Rp 2,9 juta) per lagu, tergantung tingkat kerumitan trek-treknya. Di SoundCloud, layanan itu tersedia hanya seharga US$ 4,99 atau sekitar Rp 70 ribu. Jika berhasil – dan itu belum dijamin sih – jasa ini bisa melakukan apa yang filter Instagram lakukan pada seni fotografi, dan secara radikal membentuk kembali pasar musik independen.

Tentu saja, banyak produk “terobosan” yang pada akhirnya adalah versi yang lebih buruk dari apa yang saat ini telah tersedia, dan itu mungkin terjadi pada hal baru ini juga. Tapi SoundCloud dan Dolby adalah nama-nama yang besar, dan yang mereka tawarkan tersebut nilainya tergolong sangat murah.

Dalam sebuah postingan blog baru, SoundCloud mengungkapkan bahwa “biaya yang sama untuk mastering semua jenis file,” termasuk format-format berat seperti WAV dan FLAC. Ini bisa memastikan kualitas audio yang premium, tetapi pertanyaan terpentingnya adalah apakah program Dolby dapat mengulik sebuah lagu “seperti yang dilakukan seorang engineer“. Pernyataan mereka berbunyi sebagai berikut:

“Teknologi mastering Dolby tidak hanya menganalisis lagu kamu, tetapi juga secara kritis mendengarkan musik kamu layaknya seorang engineer – mengidentifikasi setiap detail, bagian, dan transisi musik yang memberi lagu kamu alur cerita yang unik. Dengan menggunakan profil mastering pilihan kamu, “peta sonik” yang terperinci ini kemudian digunakan untuk mengukir nada dan profil dinamis keseluruhan hasil mix lagu lo sambil memprioritaskan tujuan kreatif yang lo maksudkan”.

Baca juga: SoundCloud Luncurkan Inisiatif Bareng Pioneer DJ

Jasa “Mastering on Soundcloud” juga telah merilis sebuah trailer yang menuntun para  calon engineer dalam menyiapkan lagu mereka. Video berdurasi tujuh menit ini mengungkapkan empat macam preset master yang telah ditetapkan, dan nama-namanya pasti mengingatkan kita dengan filter-filter Instagram: “Thunder”, “Sunroof,” “Aurora,” dan “Clear Sky”. Trailer ini menampilkan preview sebuah lagu EDM dari masing-masing preset utamanya, dari preset “Thunder” yang mengutamakan bagian bass hingga ke preset “Clear Sky” yang nadanya tinggi dan cerah. Tonton video penjelasannya di bawah ini.

Para member SoundCloud Pro Unlimited saat ini telah menerima tiga preset master gratis selama sebulan, serta master tambahannya yang tersedia dengan harga diskon US$ 3,99 (Rp 58 ribu). Sebuah masa uji coba gratis berdurasi 30 hari juga dapat lo coba sekarang.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    SoundCloud model royalti baru

    SoundCloud Terapkan Sistem Royalti Baru Yang "Ramah" Bagi Artis Indie

    Isu tentang royalti artis dari platform musik streaming yang kurang adil memang telah lama menjadi perhatian artis-artis dan penggemarnya di kancah industr

    on Mar 3, 2021
    Djakarta Warehouse Project

    Inilah Susunan Line-Up Hari Ke-1 & 2 DWP Virtual 2020 & Cara Dapat V-P...

    Berikut adalah cara mendapatkan tiket khusus atau V-Pass dalam acara Djakarta Warehouse Project (DWP) tahun 2020 ini. Acara DWP V ini akan diselenggarakan

    on Dec 17, 2020
    Weird Genius

    Weird Genius Siap Guncang DWPV & Ketemu Yellow Claw, Bersiaplah Aksi K...

    Akuisisi terbaru untuk line-up Djakarta Warehouse Project Virtual 2020 (DWPV) adalah Weird Genius. Trio EDM yang namanya kian mengkilap di sepanjang tahun

    on Dec 10, 2020
    Martin Garrix

    Setelah DWP, Martin Garrix Tampil Di Tomorrowland, Play 'Friendship Mi...

    DJ dan produser EDM top dunia Martin Garrix mempersembahkan lagu mix baru untuk penggemar yang nggak sabar menunggu penampilan virtualnya di Pesta Malam Ta

    on Dec 6, 2020