×
×

Search in Mata Mata Musik

Soundgarden Ingin Hadirkan Suara Chris Cornell di Lagu Baru

Posted on: 07/26/19 at 1:45 pm

Soundgarden sedang berusaha mendapatkan demo lama Chris Cornell untuk disertakan pada materi baru mereka.

Ikon musik grunge Soundgarden mengerahkan usaha terbaik mereka untuk mengenang Chris Cornell pasca kepergian tragis sang vokalis di 2017. Dalam wawancara terbaru dengan Music Radar, gitaris Kim Thayil membahas materi yang dikerjakan band sebelum Chris meninggal, dan mengungkapkan mereka berharap bisa mendapatkan hak cipta untuk demo Chris dan menggunakannya.

“Itu cuma demo, tetapi kualitasnya cukup bagus,” kata Kim, “karena Chris dan Matt sangat tertarik dengan teknik rekaman rumahan mereka, jadi mereka bisa buat demo lagu, dan kemudian saya dan Ben menambahkan gitar atau bass kami. Mungkin Matt akan memainkan drum ke riff yang direkam Chris. Dan itu akan direkam oleh salah satu engineer atau teknisi kami.

“Ini hal yang menarik. seluruh lini belakang kami, teknisi gitar dan teknisi bass kami, semuanya juga adalah produser rekaman dan engineer rekaman, jadi kami senang mereka ingin pergi tur bersama kami, dan kami suka orang-orang yang ada di studio bersama kami, tetapi hanya Nate Yaccino, Josh Evans dan Dave French yang bisa melakukan keduanya,” lanjutnya.

“Mereka sudah bekerja bersama kami di studio dan di atas panggung, dan sudah seperti keluarga, yang terlibat di semua aspek dalam karier band. Jadi itu akan membantu kami.

“Jadi mereka datang dan merekam bagian yang kami overdub di demo. Saat ini, itu semua agak mandek. Kami berusaha menjalankan ini dua tahun lalu, tetapi kami tidak punya demo yang saat itu dikerjakan Chris dengan mereka. Kami punya salinannya, tapi yang kami butuhkan adalah file-nya, jadi kami bisa overdub dan selesaikan rekaman. Kami tidak punya itu.”

Namun, Kim juga menyatakan betapa sulitnya mendapatkan izin untuk demo itu. “Kami tidak tahu. Kami sudah minta baik-baik, kami menyarankan ini akan menguntungkan semua pihak, kalau saja band ini bisa memiliki file-file ini, dan kami dapat menyelesaikan lagu yang waktu itu sedang kami kerjakan. Tetapi sepertinya ada kebingungan antara berbagai pihak mengenai apa yang akan terjadi selanjutnya dan bagaimana prosesnya, dan siapa yang akan diuntungkan. Dan ini melelahkan. Dan kami tidak bisa lanjut sampai ada orang yang menyadari nilai dari mengizinkan mitra kreatif memiliki akses ke materi.”

Mudah-mudahan, Kim dan rekan-rekan sebandnya dapat menangani masalah ini, karena deskripsinya tentang demo-demo itu cukup menarik. “Yang menarik, ada elemen psikedelik, dan ada lebih banyak grooving, sedikit lebih banyak, bukan ballad, tetapi permainan arpeggio, seperti yang mungkin kamu dengar di ‘Fell On Black Days’.”

“Dan kemudian kami mungkin punya beberapa lagu sedih, dan beberapa lagu heavy yang secara umum terasa—waktu kami masih dalam proses penulisan—sedikit bercampur seperti King Animal, tetapi unsur heavy-nya sedikit dikurangi. Tapi itu tetap menarik, masih unik. Setelah saya, Matt dan Ben mendapatkan lagu-lagu itu dan selesai menulis bagian kami, lagu-lagu itu kemungkinan besar akan lebih heavy, lebih gelap dan mungkin sedikit lebih trippy.”

Keterangan Foto Utama: Chris Cornell di 2015. (Foto via Kerrang!)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pearl Jam 2020

Grunge Tidak Mati! Pearl Jam Mengumumkan Album Baru Berjudul 'Giga...

Pearl Jam sekarang (Foto: Danny Clinch) Salah satu pahlawan 'grunge' kelahiran Seattle, Washington, AS, Pearl Jam akan merilis album studio ke-11 mereka yan

on Jan 14, 2020
Chris Cornell

Istri Chris Cornell Gugat Soundgarden Atas Royalti & Hak Cipta

Senin kemarin (9/12), istri mendiang Chris Cornell, Vicky Cornell, melayangkan gugatan bernilai ratusan ribu dolar terhadap rekan-rekan Chris di Soundgarden. D

on Dec 10, 2019
Soundgarden

Soundgarden ‘Sangat Mungkin’ Rilis Album Baru dengan Vokal Chris C...

Dalam episode terbaru seri Trunk Nation LA Invasion yang diadakan SiriusXM, gitaris Soundgarden Kim Thayil berbicara panjang lebar tentang desas-desus yang men

on Nov 19, 2019
Pearl Jam

Sesi Pearl Jam di MTV Unplugged Akan Perdana Rilis dalam Versi Vinyl

Set berisi tujuh lagu ini akan dirilis untuk acara Black Friday Record Store Day. Penampilan Pearl Jam di MTV Unplugged pada tahun 1992 akan segera bisa d

on Nov 7, 2019