×
×

Search in Mata Mata Musik

Soundgarden ‘Sangat Mungkin’ Rilis Album Baru dengan Vokal Chris Cornell

Posted on: 11/19/19 at 4:26 pm

Dalam episode terbaru seri Trunk Nation LA Invasion yang diadakan SiriusXM, gitaris Soundgarden Kim Thayil berbicara panjang lebar tentang desas-desus yang mengatakan band grunge legendaris ini berpotensi merilis satu album terakhir yang menampilkan vokal mendiang Chris Cornell, mengingat banyaknya materi yang telah mereka selesaikan sebelum kematian Cornell pada Mei 2017. 

Baca juga: Soundgarden Tuntut UMG Kasih Bukti Rekaman Master yang Hilang!

“Itu sangat mungkin, karena itulah yang kami lakukan,” Thayil menegaskan. “Kami jelas punya satu album. Hal-hal yang sudah ditulis, sudah dibuatkan demonya dan direkam. Yang perlu dilakukan adalah mengambil file audio yang tersedia.”

Sang gitaris menambahkan, dia dan anggota Soundgarden lainnya yang tersisa—bassist Ben Shepherd dan drummer Matt Cameron—perlu menambahkan bagian baru atau setidaknya “mengencangkan” bagian mereka yang sudah ada. Selain itu, produser harus melakukan beberapa trik untuk “membuat album itu terdengar seperti album Soundgarden,” tetapi materi mentahnya ada untuk mewujudkan itu. 

Sementara terkait file audio yang sangat penting itu, Thayil tetap positif file itu akhirnya akan jatuh ke tangan band. “Saya rasa itu akan terjadi,” tuturnya. “Konyol kalau tidak terjadi. Tapi ini adalah hal yang sulit—kemitraan dan kepemilikan.”

Tapi satu hal yang tampaknya pasti adalah, Soundgarden tidak akan jalan tanpa Cornell. Sementara Thayil mengakui keberhasilan dan kelanggengan band-band seperti Alice in Chains, yang terus melaju setelah kematian Layne Staley di 2002, dia menjelaskan dia dan personil Soundgarden lainnya tidak bisa mengikuti langkah tersebut.

Baca juga: Soundgarden Ingin Hadirkan Suara Chris Cornell di Lagu Baru

“Mengingat sentimen dan rasa cinta kami kepada Chris, saya tidak melihat kami mempersiapkan kembali tur atau apa pun seperti yang dilakukan band-band lain sebelumnya, tanpa dia [Cornell].”

Simak wawancara lengkap Kim Thayil tentang masa depan Soundgarden di bawah ini.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pearl Jam live 1991.

10 Konser Terbaik Pearl Jam Dalam Sejarah Karier Spektakulernya

Pearl Jam era album debut mahakaryanya, Ten, 1991 (Foto: Paul Bergen / Getty Images). Selama tiga dekade terakhir, Pearl Jam telah membangun reputasi sebaga

on Mar 22, 2020
Elton John, Nirvana, Sheryl Crow

Universal Music Konfirmasi Hancurnya Puluhan Master Rekaman Artis Saat...

Berita kebakaran gudang Universal Music yang disiarkan channel TV, ABC 7. Rekaman dari Elton John, Nirvana, Soundgarden, Slayer, Sonic Youth, R.E.M. dan Jim

on Feb 15, 2020
Pearl Jam 2020

Grunge Tidak Mati! Pearl Jam Mengumumkan Album Baru Berjudul 'Giga...

Pearl Jam sekarang (Foto: Danny Clinch) Salah satu pahlawan 'grunge' kelahiran Seattle, Washington, AS, Pearl Jam akan merilis album studio ke-11 mereka yan

on Jan 14, 2020
Sepultura

Sepultura Tampil Brutal di Single Baru ‘Last Time’

Hampir 35 tahun setelah merilis album pertama mereka, evolusi band thrash metal fenomenal asal Brasil, Sepultura, terus berjalan sebagaimana dibuktikan dalam s

on Dec 23, 2019