×
×

Search in Mata Mata Musik

Soundgarden Tuntut UMG Kasih Bukti Rekaman Master yang Hilang!

Posted on: 09/8/19 at 11:45 am

Beberapa rekaman master mereka hilang dalam insiden kebakaran besar yang melahap gudang Universal Studios pada tahun 2008.

Baca Juga: Gitaris Soundgarden Rencanakan Album Baru Pasca Kematian Chris Cornell

Tim pengacara yang mewakili Soundgarden dilaporkan menuntut keberadaan bukti yang menegaskan rekaman master orisinal band ini musnah dalam insiden kebakaran besar yang terjadi di gudang  Universal Studios Hollywood.

Nirvana, R.E.M., Hole, Beck, Janet Jackson dan Nine Inch Nails termasuk ke dalam daftar artis yang rekaman masternya hilang dalam kobaran api tanggal 1 Juni 2008 silam.

Artis-artis lainnya yang bernasib serupa antara lain Blink-182, Weezer, Gwen Stefani, Limp Bizkit, Meat Loaf dan Jimmy Eat World.

Sekarang, para pengacara Soundgarden menuntut agar Universal Music Group (UMG) menyerahkan bukti-bukti kunci yang mereka klaim miliki terkait dengan kebakaran Universal Studios di 2008.

Menurut laporan Billboard, mereka juga meminta UMG untuk menyerahkan informasi penting yang menunjukkan band mana yang kehilangan rekaman master asli mereka dan apakah mereka mendapatkan uang pertanggungan atas kerugian tersebut.

Soundgarden Minta UMG Kasih Bukti Rekaman Master yang Hilang-2
Gitaris Kim Thayil bersama mendiang penyanyi Chris Cornell saat konser.

Upaya untuk mendapatkan bukti yang menegaskan kehilangan tersebut terjadi setelah diketahui bahwa rekaman master milik Hole, Tupac Shakur, Tom Petty dan Steve Earle tidak musnah, seperti yang diyakini sebelumnya.

“Ini adalah kasus yang UMG ingin selesaikan dengan retorika di media daripada bukti di pengadilan,” kata penasihat hukum Soundgarden. “UMG menolak mengungkapkan apa pun.”

Baca Juga: Sejumlah Artis Tuntut UMG Terkait Rekaman yang Terbakar di 2008

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara UMG mengatakan: “Pengacara penggugat sudah mulai putus asa.

“Bahkan setelah mereka mengetahui rekaman master milik empat dari lima klien mereka tidak hilang—dan satu klien yang rekaman masternya di UMG memang terkena dampak kebakaran dan sudah mengetahuinya bertahun-tahun yang lalu dan kemudian bekerja sama dengan UMG untuk berhasil menerbitkan kembali rilisan dari sumber berkualitas tinggi alternatif—mereka terus membuat tuntutan konyol dalam upaya menggaet lebih banyak klien demi mempertahankan litigasi mereka. Jadi sekarang setelah mengetahui kebakaran itu tidak pernah memengaruhi ketersediaan musik klien mereka atau memengaruhi kompensasi klien itu, apa motivasi mereka sebenarnya?”

Dalam kabar lain, beberapa waktu lalu, Soundgarden menyatakan keinginan mereka untuk merekam album baru yang menampilkan demo dari mendiang Chris Cornell.

Keterangan Foto Utama: Chris Cornell, Matt Cameron, Kim Thayil, dan Ben Shepherd dari Soundgarden. (Foto via NME)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Album Klasik

    14 Album Klasik & Esensial Yang Merayakan Ulang Tahun Di Bulan Juni

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas banget! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya

    on Jun 9, 2021
    Universal Music

    Universal Music Ditawari Rp 572 T, Nilai Saham Tertinggi Dalam Sejarah

    Universal Music Group sudah sangat terkenal sebagai penguasa label musik terbesar di dunia. Special Purpose Acquisition Company (SPAC) atau perusahaan akui

    on Jun 4, 2021
    Pop-Punk

    Pop-Punk Kembali Berjaya Berkat 'Crossover' Hip Hop & Aksi Viral TikTo...

    Pop-punk sepak terjangnya mengalami lonjakan selama setahun terakhir dan kemungkinan seterusnya. Terbukti subgenre punk rock ini kembali merayap ke banyak

    on May 10, 2021
    Kurt Cobain

    Kurt Cobain Diyakini Banyak Penggemar Dibunuh, FBI Rilis Berkasnya

    Biro Penyelidik Federal (FBI) merilis berkas 10 halaman berisi surat dari penggemar yang mendesak penyelidikan kasus kematian pentolan Nirvana, Kurt Cobain

    on May 9, 2021