×
×

Search in Mata Mata Musik

Soundgarden Vs Janda Alm. Chris Cornell Masalah Royalti Album Baru Makin Panas

Posted on: 02/23/21 at 11:00 am

Soundgarden Vs Janda Alm. Chris Cornell Masalah Royalti Album Baru Makin Panas
Soundgarden (Foto: Kevin Winter) / Vicky Cornell (Foto: Frederick M. Brown, Getty Images).

Minggu lalu, Vicky Cornell, janda mendiang vokalis Soundgarden Chris Cornell, mengajukan gugatan baru terhadap tiga anggota band yang masih hidup atas harga jual master rekaman untuk hak bagian Chris di band grunge legendaris ini.

Baca juga: Soundgarden Tuntut Janda Chris Cornell Atas Tuduhan Korupsi Uang Konser Amal

Menurut dokumen pengadilan, Vicky mengklaim bahwa para anggota band yang masih hidup, yakni Kim Thayil (gitar), Matt Cameron (dram), dan Ben Shepherd (bass), menawarinya “angka yang sangat rendah” sebesar US$ 278 ribu (sekitar Rp 4 miliar) untuk hak bagian Chris. Sebenarnya, doi mengatakan master rekaman band itu sendiri bernilai setidaknya US$ 16 juta (sekitar Rp 225 miliar), tawaran yang baru-baru ini diterima Soundgarden dari seorang investor (pihak ketiga), menurut Vicky.

Vicky selanjutnya mengklaim bahwa doi membuat dua penawaran balasan kepada band yang menawarkan untuk membeli master rekaman itu sendiri, pertama seharga US$ 12 juta (sekitar Rp 169 miliar) untuk dibagi rata antara tiga anggota yang masih hidup, dan penawaran kedua seharga US$ 21 juta (sekitar Rp 296 miliar). Setelah kedua tawaran ditolak, Vicky mengatakan doi enggak punya pilihan selain mengajukan gugatan terhadap band tersebut untuk mencari keputusan yudisial tentang harga pembelian.

Melalui Pitchfork, gugatan Vicky mengklaim bahwa penilaian dengan itikad baik akan “memperhitungkan pendapatan signifikan yang akan diperoleh dari penjualan merchandise band dan menjelaskan proyek-proyek menguntungkan yang didorong oleh nostalgia pasca meninggalnya sang ikon rock and roll, Chris Cornell. Misalnya, tur masa mendatang menggunakan penyanyi utama pengganti (seperti yang dilakukan Queen dengan Adam Lambert untuk menggantikan Freddie Mercury); penampilan konser anumerta oleh hologram Chris (seperti yang dilakukan Tupac Shakur, Michael Jackson, dan Elvis Presley); dan penampilan “deep fake” dari vokal Chris yang diambil dari rekaman yang masih ada oleh kecerdasan artifisial yang bisa menciptakan lagu-lagu terbaru Soundgarden”.

Sejak berita gugatan tersebut bocor akhir pekan lalu, baik Vicky maupun Soundgarden telah mengeluarkan pernyataan yang membahas masalah tersebut.

Pengacara Vicky Cornell Marty Singer mengatakan:

“Anggapan band bahwa perselisihan ini bukanlah tentang uang bagi mereka adalah absurd dan munafik. Tentu saja ini tentang uang dan keserakahan mereka. Mereka menerima tawaran pihak ketiga untuk membeli hanya sebagian dari kepentingan mereka seharga US$ 16 juta, namun kemudian menawarkan untuk membeli hak bagian Chris hanya dengan US$ 278 ribu. Dan kemudian Vicky menawarkan US$ 21 juta untuk saham mereka, yang mereka tolak — bukan karena mereka ingin melestarikan karya hidup mereka, tetapi karena mereka tahu bahwa mereka akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dari eksploitasi musik yang ditulis Chris dan warisan yang dia ciptakan di masa depan (yang telah mengisi kantong mereka selama bertahun-tahun”.

Dalam pernyataan mereka sendiri, Soundgarden mengatakan:

“Tawaran pembelian yang diminta oleh pewaris (Chris Cornell) sangat disalahartikan dan kami yakin kejelasannya akan keluar di pengadilan. Semua tawaran untuk membeli saham kami tidak (pernah) diminta dan langsung ditolak. Selama lebih dari setahun, akun media sosial Soundgarden telah dibajak, menyesatkan dan membingungkan penggemar kami. Menjadi band dari Washington sejak 1984, kami bangga dengan warisan musik, karya, dan karier Soundgarden. Kami berharap dapat menyelesaikan album Soundgarden terakhir”.

Pada Desember 2019, Vicky awalnya menggugat para anggota Soundgarden, menuduh mereka mengklaim kepemilikan tujuh lagu yang belum pernah dirilis dan menahan royalti darinya. Anggota Soundgarden yang masih hidup kemudian mengajukan gugatan balasan.

Baca juga: Janda Alm. Chris Cornell Menegaskan Album Final Soundgarden Akan Dirilis!

Sepertinya drama perseteruan mereka masih bersambung. Kita tunggu episode berikutnya hingga episode 666, hehehe.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Soundgarden Vs Vicky Cornell

    Soundgarden Tuduh Vicky Cornell Mengunci Semua Akun Medsos Band

    Soundgarden (Foto: Kevin Winter) / Vicky Cornell (Foto: Frederick M. Brown). Drama hukum antara Soundgarden dan Vicky Cornell semakin ricuh. Para legenda gr

    on Apr 3, 2021
    Vicky Cornell Vs Soundgarden

    Vicky Cornell Vs Soundgarden Episode Selanjutnya Telah Dimulai

    Soundgarden (Foto: WENN/FayesVision / Chris & Vicky Cornell (Foto: Nicky Nelson/WENN). Perang hukum antara janda Chris Cornell, Vicky Cornell Vs Soundga

    on Mar 25, 2021
    Vicky Cornell

    Janda Alm. Chris Cornell Menegaskan Album Final Soundgarden Akan Diril...

    Soundgarden. (Foto: Michael Lavine). Jandanya Chris Cornell, Vicky Cornell telah menyatakan bahwa semua musik almarhum suami dan vokalis Soundgarden itu yan

    on Dec 16, 2020
    Kim Thayil

    Kim Thayil: Banyak Hal "Omong Kosong" Dari Konser Tribute Untuk Chris ...

    Kim Thayil dan alm Chris Cornell. (Foto: Jim Dyson/Getty Images). Pada Januari 2019, konser tribute untuk Chris Cornell bertajuk "I Am the Highway", yang di

    on Sep 9, 2020