×
×

Search in Mata Mata Musik

Spotify Akuisisi Marketplace Musik, SoundBetter

Posted on: 09/16/19 at 4:00 pm

Melalui akuisisi ini, musisi dapat mengakses basis data SoundBetter dan terhubung dengan jaringan orang-orang besar di industri musik.

Baca Juga: Apple Music Ungguli Spotify Dalam Jumlah Pelanggan Berbayar

Spotify—perusahaan layanan musik yang semakin mengembangkan fasilitas untuk para musisi—belum lama ini resmi mengakuisisi SoundBetter, sebuah marketplace produksi audio dan kolaborasi yang berbasis di Brooklyn.

Ketentuan seputar akuisisi ini tetap dirahasiakan. Didirikan pada 2012, SoundBetter mengeklaim memiliki lebih dari 180.000 artis yang terdaftar di jaringannya di 14.000 kota yang terletak di 176 negara. Perusahaan ini membuka akses bagi para musisi ke basis data penyanyi, produser, penulis lagu, musisi rekaman, serta mixing dan mastering engineer.

Sampai saat ini, SoundBetter mengeklaim telah membayar lebih dari $19 juta kepada berbagai musisi dan produser. Saat ini jumlah pembayarannya rata-rata sebesar $1 juta per bulan. Meski begitu, tidak jelas seberapa banyak layanan ini digunakan dalam bisnis musik.

Spotify akan menggabungkan SoundBetter ke dalam grup Spotify for Artists, yang melayani lebih dari 400.000 artis dan tim mereka. Menurut Spotify, akuisisi SoundBetter ini akan memberikan artis cara baru untuk terhubung dengan kolaborator atau menghasilkan pendapatan tambahan.

“Kami sangat senang pembuat konten dapat menghasilkan pendapatan melalui SoundBetter, serta mendapat manfaat dari jaringan profesional papan atasnya—dari instrumentalis hingga penulis lagu sampai produser—seiring mereka menyempurnakan lagu-lagu mereka,” kata Beckwith Kloss, VP Product and Strategy: Creator Spotify, saat mengumumkan akuisisi.

Pendiri dan CEO SoundBetter, Shachar Gilad, mengatakan startup-nya akan mendapat keuntungan dari “skala global, sumber daya, dan visi [Spotify] untuk memperluas jaringan kami dan mendorong lebih banyak peluang ekonomi bagi para artis di semua level.”

Investor SoundBetter terdiri dari 500 Startups, Foundry Group, pengusaha dan penulis Eric Ries, dan Verizon Ventures. Perusahaan ini belum mengungkapkan berapa nilai pendanaan yang dihimpunnya.

Baca Juga: SoundCloud Ajak Artis Spotify Gabung Layanan Distribusinya

Menurut SoundBetter, profesional musik yang terdaftar dalam basis datanya termasuk “produser Kanye West, drummer Hoobastank, gitaris Jamiroquai, penulis lagu Beyoncé, pemain bass Joe Cocker, engineer Herbie Hancock, gitaris Morrissey, mixing engineer The Killers, [dan] mastering engineer George Michael.”

Keterangan Foto Utama: Logo SoundBetter. (Foto: SoundBetter)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Spotify

Spotify Ubah Aturan Limit 10.000 Lagu, Sekarang Bisa Simpan Lagu Tanpa...

Dalam sebuah postingan baru di blog komunitas penggunanya, Spotify mengumumkan bahwa mereka telah mengangkat aturan limit 10.000 lagu di library online par

on May 27, 2020
Rex Orange County

Playlist Spotify Konser Rex Orange County Yang Seharusnya Kita Tonton

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi, AEG Presents dan Ismaya Live mengumumkan penundaan k

on May 9, 2020
MMM Louis Tomlinson Playlist Spotify

Playlist Spotify Konser Louis Tomlinson Di Jakarta Yang Seharusnya Kit...

Konser Louis Tomlinson di Jakarta yang seharusnya digelar hari ini, Senin, 20 April 2020 telah ditunda karena wabah virus Corona yang telah diumu

on Apr 20, 2020
Konser Dream Theater

Playlist Spotify Konser Dream Theater Di Jakarta Yang Seharusnya Kita ...

Formasi solid terkini Dream Theater (ki-ka): Jordan Rudess, John Myung, James LaBrie, John Petrucci, Mike Mangini. Hari ini, Kamis, 16 April 2020 seharu

on Apr 16, 2020