×
×

Search in Mata Mata Musik

Spotify Akuisisi Marketplace Musik, SoundBetter

Posted on: 09/16/19 at 4:00 pm

Melalui akuisisi ini, musisi dapat mengakses basis data SoundBetter dan terhubung dengan jaringan orang-orang besar di industri musik.

Baca Juga: Apple Music Ungguli Spotify Dalam Jumlah Pelanggan Berbayar

Spotify—perusahaan layanan musik yang semakin mengembangkan fasilitas untuk para musisi—belum lama ini resmi mengakuisisi SoundBetter, sebuah marketplace produksi audio dan kolaborasi yang berbasis di Brooklyn.

Ketentuan seputar akuisisi ini tetap dirahasiakan. Didirikan pada 2012, SoundBetter mengeklaim memiliki lebih dari 180.000 artis yang terdaftar di jaringannya di 14.000 kota yang terletak di 176 negara. Perusahaan ini membuka akses bagi para musisi ke basis data penyanyi, produser, penulis lagu, musisi rekaman, serta mixing dan mastering engineer.

Sampai saat ini, SoundBetter mengeklaim telah membayar lebih dari $19 juta kepada berbagai musisi dan produser. Saat ini jumlah pembayarannya rata-rata sebesar $1 juta per bulan. Meski begitu, tidak jelas seberapa banyak layanan ini digunakan dalam bisnis musik.

Spotify akan menggabungkan SoundBetter ke dalam grup Spotify for Artists, yang melayani lebih dari 400.000 artis dan tim mereka. Menurut Spotify, akuisisi SoundBetter ini akan memberikan artis cara baru untuk terhubung dengan kolaborator atau menghasilkan pendapatan tambahan.

“Kami sangat senang pembuat konten dapat menghasilkan pendapatan melalui SoundBetter, serta mendapat manfaat dari jaringan profesional papan atasnya—dari instrumentalis hingga penulis lagu sampai produser—seiring mereka menyempurnakan lagu-lagu mereka,” kata Beckwith Kloss, VP Product and Strategy: Creator Spotify, saat mengumumkan akuisisi.

Pendiri dan CEO SoundBetter, Shachar Gilad, mengatakan startup-nya akan mendapat keuntungan dari “skala global, sumber daya, dan visi [Spotify] untuk memperluas jaringan kami dan mendorong lebih banyak peluang ekonomi bagi para artis di semua level.”

Investor SoundBetter terdiri dari 500 Startups, Foundry Group, pengusaha dan penulis Eric Ries, dan Verizon Ventures. Perusahaan ini belum mengungkapkan berapa nilai pendanaan yang dihimpunnya.

Baca Juga: SoundCloud Ajak Artis Spotify Gabung Layanan Distribusinya

Menurut SoundBetter, profesional musik yang terdaftar dalam basis datanya termasuk “produser Kanye West, drummer Hoobastank, gitaris Jamiroquai, penulis lagu Beyoncé, pemain bass Joe Cocker, engineer Herbie Hancock, gitaris Morrissey, mixing engineer The Killers, [dan] mastering engineer George Michael.”

Keterangan Foto Utama: Logo SoundBetter. (Foto: SoundBetter)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Spotify

    Spotify Kurangi Royalti Artis, Kongres AS Kirim Surat Terbuka Ke Danie...

    Dua anggota tinggi Komite Kehakiman Kongres Amerika Serikat (AS) telah mengirim surat terbuka kepada CEO Spotify Daniel Ek. Untuk menyelidiki Mode Penemuan

    on Jun 4, 2021
    Spotify

    Spotify Menaikkan Harga Berlangganan Premium Beberapa Paketnya!

    Spotify baru saja menaikkan biaya berlangganan untuk beberapa paket premium yang berlaku di sejumlah negara. Yakni di seluruh Inggris Raya dan sebagian Ero

    on Apr 27, 2021
    Humidumi

    Humidumi Lepas Album "Pathless" Di Gerai Digital Sukses Curi Perhatian

    Berbekal perjalanan di scene musik indie kota Surabaya selama enam tahun, band alternative pop Humidumi akhirnya melepas versi digital album penuh perdanan

    on Apr 17, 2021
    Aggregator Musik

    Aggregator Musik: Perantara Pendapatan Di Tengah Disrupsi Teknologi

    Lebih dari satu dekade kita telah memasuki era terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaran teknologi secara fundamental. Mengubah sistem, tatanan, lansk

    on Apr 15, 2021