×
×

Search in Mata Mata Musik

Spotify Akuisisi Marketplace Musik, SoundBetter

Posted on: 09/16/19 at 4:00 pm

Melalui akuisisi ini, musisi dapat mengakses basis data SoundBetter dan terhubung dengan jaringan orang-orang besar di industri musik.

Baca Juga: Apple Music Ungguli Spotify Dalam Jumlah Pelanggan Berbayar

Spotify—perusahaan layanan musik yang semakin mengembangkan fasilitas untuk para musisi—belum lama ini resmi mengakuisisi SoundBetter, sebuah marketplace produksi audio dan kolaborasi yang berbasis di Brooklyn.

Ketentuan seputar akuisisi ini tetap dirahasiakan. Didirikan pada 2012, SoundBetter mengeklaim memiliki lebih dari 180.000 artis yang terdaftar di jaringannya di 14.000 kota yang terletak di 176 negara. Perusahaan ini membuka akses bagi para musisi ke basis data penyanyi, produser, penulis lagu, musisi rekaman, serta mixing dan mastering engineer.

Sampai saat ini, SoundBetter mengeklaim telah membayar lebih dari $19 juta kepada berbagai musisi dan produser. Saat ini jumlah pembayarannya rata-rata sebesar $1 juta per bulan. Meski begitu, tidak jelas seberapa banyak layanan ini digunakan dalam bisnis musik.

Spotify akan menggabungkan SoundBetter ke dalam grup Spotify for Artists, yang melayani lebih dari 400.000 artis dan tim mereka. Menurut Spotify, akuisisi SoundBetter ini akan memberikan artis cara baru untuk terhubung dengan kolaborator atau menghasilkan pendapatan tambahan.

“Kami sangat senang pembuat konten dapat menghasilkan pendapatan melalui SoundBetter, serta mendapat manfaat dari jaringan profesional papan atasnya—dari instrumentalis hingga penulis lagu sampai produser—seiring mereka menyempurnakan lagu-lagu mereka,” kata Beckwith Kloss, VP Product and Strategy: Creator Spotify, saat mengumumkan akuisisi.

Pendiri dan CEO SoundBetter, Shachar Gilad, mengatakan startup-nya akan mendapat keuntungan dari “skala global, sumber daya, dan visi [Spotify] untuk memperluas jaringan kami dan mendorong lebih banyak peluang ekonomi bagi para artis di semua level.”

Investor SoundBetter terdiri dari 500 Startups, Foundry Group, pengusaha dan penulis Eric Ries, dan Verizon Ventures. Perusahaan ini belum mengungkapkan berapa nilai pendanaan yang dihimpunnya.

Baca Juga: SoundCloud Ajak Artis Spotify Gabung Layanan Distribusinya

Menurut SoundBetter, profesional musik yang terdaftar dalam basis datanya termasuk “produser Kanye West, drummer Hoobastank, gitaris Jamiroquai, penulis lagu Beyoncé, pemain bass Joe Cocker, engineer Herbie Hancock, gitaris Morrissey, mixing engineer The Killers, [dan] mastering engineer George Michael.”

Keterangan Foto Utama: Logo SoundBetter. (Foto: SoundBetter)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Spotify

Spotify Hadirkan Fitur Live Stream: Virtual Event Dengan Songkick & Ti...

Spotify Virtual Event. Spotify pada hari ini, 16 September 2020 resmi mengumumkan peluncuran fitur acara virtual, yang memungkinkan para penggemar musik ter

on Sep 16, 2020
Jimin-Jennie-PSY

30 Peringkat Lagu Oleh Artis Solo K-Pop Yang Paling Sering Diputar Di ...

Foto: Jimin BTS (Babyitsu) / Jennie BLACKPINK (Scott Dudelson/Getty Images), PSY (via YouTube). Spotify telah menjadi salah satu platform musik streaming ya

on Sep 14, 2020
Midtown Carousel band

Single 'Happy Birthday' Jadi Kado Ulang Tahun Pop-Punk Dari Midtown Ca...

Midtown Carousel. Setelah merilis single terakhirnya, ​'Rose' ​pada Desember 2019 lalu, ​trio band "kord tiga jurus" ​asal Bandung, Midtown Carousel

on Sep 13, 2020
Michael Sweet

Michael Sweet (Stryper) Nggak Sabar Menunggu Spotify Akhirnya Musnah

Michael Sweet (Stryper). Pentolan Stryper, Michael Sweet adalah musisi terbaru yang mempermasalahkan saran CEO Spotify Daniel Ek yang mengatakan bahwa artis

on Aug 14, 2020