×
×

Search in Mata Mata Musik

Spotify Hadirkan Aplikasi Khusus untuk Anak-Anak, Spotify Kids

Posted on: 10/31/19 at 9:01 am

Dengan playlist yang dikuratori khusus dan tampilan yang ceria, Spotify Kids memulai peluncurannya di Irlandia.

Baca juga: Update Baru YouTube Music Bikin Tambah Mirip Spotify

Spotify meluncurkan aplikasi baru bernama Spotify Kids yang dirancang untuk memberi ruang yang aman bagi anak-anak dalam mengeksplorasi dan mendengarkan musik.

Aplikasi yang diluncurkan kemarin di Irlandia ini menampilkan sekitar 6.000 lagu, yang semuanya telah dikuratori oleh editor di Spotify.

Untuk “anak-anak kecil,” aplikasi ini akan terbatas pada musik seperti soundtrack film Disney, lagu-lagu tentang dinosaurus dan cerita anak-anak. Sementara untuk “anak-anak yang lebih tua,” aplikasi akan menambahkan lagu-lagu pop dari artis seperti Taylor Swift, Ariana Grande, dan Bruno Mars.

Editor Spotify tidak hanya meneliti apakah sebuah lagu berisi bahasa yang tidak senonoh saat menentukan apakah lagu itu cocok untuk aplikasi ini. Lagu-lagu yang mengandung rujukan ke senjata dan kekerasan, misalnya, juga akan didiskualifikasi. Pilihan lagu juga akan berbeda sesuai wilayah, dengan playlist berbeda yang dibuat berdasarkan lagu yang populer di masing-masing area.

Spotify Kids
Spotify Kids tersedia untuk pengguna iOS maupun Android.

Aplikasi ini memerlukan langganan Spotify Premium Family, yang dipatok sebesar $14,99 per bulan di AS (atau Rp79.000 di Indonesia). Hal ini sebagian karena Spotify Kids tidak akan menampilkan iklan, yang merupakan fitur eksklusif bagi pendengar berbayar. Setiap akun anak akan dihitung sebagai satu dari total enam akun yang diperbolehkan dalam paket keluarga.

Spotify juga telah membuat kebijakan privasi terpisah yang menurutnya sesuai dengan GDPR dan COPPA—undang-undang privasi online di Amerika untuk anak-anak. Aplikasi tidak akan mengumpulkan data lokasi (pembatasan wilayah didasarkan pada pengaturan yang ditetapkan akun orang tua), dan orang tua dapat menghapus data yang berkaitan dengan akun anak kapan saja. 

Spotify hanya menyimpan data terkait lagu apa yang diputar dan disukai anak-anak; perusahaan asal Swedia ini memastikan, data tidak akan dijual ataupun dibagikan dengan pihak ketiga untuk tujuan periklanan. 

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Investasi Spotify Bagus Buat Kamu

Namun, Spotify masih dapat membagikan data itu dengan pihak ketiga untuk tujuan lain, seperti menghubungkan akun Kids ke TV. Hal-hal yang dapat dibagikan Spotify diuraikan jelas dalam kebijakan privasi.

Aplikasi ini—tersedia untuk pengguna iOS dan Android—terlihat seperti versi yang efisien dari Spotify, difokuskan pada hanya satu feed yang penuh dengan playlist penuh warna. 

Anak-anak dapat melihat-lihat berbagai karakter film dan ilustrasi berbeda yang dibuat Spotify (seperti gitar yang tersenyum atau tempat popcorn yang melompat-lompat) atau mendengarkan artis yang mereka kenal kalau mereka cukup umur. 

Anak-anak juga bisa menggunakan fitur pencarian jika ingin menemukan sesuatu yang spesifik, meskipun mereka tidak bisa browse berdasarkan artis atau album. Aplikasi ini benar-benar dirancang untuk hanya bisa diakses melalui playlist yang disusun Spotify. 

Spotify menyediakan 12 avatar monster menggemaskan yang dapat dipilih anak-anak, dan skema warna aplikasi akan berubah berdasarkan avatar mana yang mereka pilih.

Spotify Kids avatar
12 avatar monster yang bisa dipilih anak-anak untuk akun Spotify Kids mereka.

Spotify menyebut peluncuran awal aplikasi ini sebagai versi beta dan berjanji akan meluncurkan aplikasi ke lebih banyak pasar secara bertahap. Perusahaan menjelaskan telah menghabiskan lebih dari dua tahun mengembangkan Spotify Kids dan telah berkonsultasi dengan para ahli konten anak-anak selama pengembangan. Aplikasi ini dimaksudkan untuk anak-anak berusia antara tiga sampai 10 tahun.

Bagi Spotify, aplikasi Kids ini dapat memberikan beberapa keuntungan besar. Pertama, aplikasi ini menjadikan Spotify Premium Family lebih menguntungkan bagi orang tua yang mungkin sudah mempertimbangkan akan menggunakan akun premium pribadi terpisah. 

Baca juga: Playlist Spotify Terbaik Berdasarkan Tipe Kepribadianmu

Selain itu, ini juga menjadi cara awal untuk membawa anak-anak ke ekosistem perusahaan. Saat ini belum ada cara untuk memindahkan akun Spotify Kids ke Spotify biasa, tetapi begitu anak-anak siap untuk pindah dari aplikasi mereka, mereka bisa tinggal membuat akun biasa—terutama karena mereka sudah berada di paket keluarga.

Setelah tersedia lebih luas, aplikasi ini tampaknya akan menjadi aplikasi yang wajib diunduh orang tua yang sudah berlangganan Spotify. Kalau kamu berencana membiarkan anakmu menjelajah Spotify untuk mendengarkan soundtrack Disney, Spotify Kids memberikan mereka tempat yang lebih mudah, lebih sederhana dan lebih tepat untuk melakukan itu. 

Dan bahkan kalau kamu tidak peduli dengan apa yang mereka dengarkan, aplikasi ini setidaknya akan menyelamatkan daftar rekomendasi Spotify-mu dari dipenuhi lagu anak-anak.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Spotify

Spotify Hadirkan Fitur Live Stream: Virtual Event Dengan Songkick & Ti...

Spotify Virtual Event. Spotify pada hari ini, 16 September 2020 resmi mengumumkan peluncuran fitur acara virtual, yang memungkinkan para penggemar musik ter

on Sep 16, 2020
Jimin-Jennie-PSY

30 Peringkat Lagu Oleh Artis Solo K-Pop Yang Paling Sering Diputar Di ...

Foto: Jimin BTS (Babyitsu) / Jennie BLACKPINK (Scott Dudelson/Getty Images), PSY (via YouTube). Spotify telah menjadi salah satu platform musik streaming ya

on Sep 14, 2020
Midtown Carousel band

Single 'Happy Birthday' Jadi Kado Ulang Tahun Pop-Punk Dari Midtown Ca...

Midtown Carousel. Setelah merilis single terakhirnya, ​'Rose' ​pada Desember 2019 lalu, ​trio band "kord tiga jurus" ​asal Bandung, Midtown Carousel

on Sep 13, 2020
Michael Sweet

Michael Sweet (Stryper) Nggak Sabar Menunggu Spotify Akhirnya Musnah

Michael Sweet (Stryper). Pentolan Stryper, Michael Sweet adalah musisi terbaru yang mempermasalahkan saran CEO Spotify Daniel Ek yang mengatakan bahwa artis

on Aug 14, 2020