×
×

Search in Mata Mata Musik

Spotify & Kakao Ent. Kembali Jalin Kerja Sama Setelah Berseteru

Posted on: 03/12/21 at 9:00 am

Spotify & Kakao Entertainment Kembali Jalin Kerja Sama Setelah Berseteru
(Foto: Daniel Kalker/picture-alliance/dpa/AP Images).

Spotify mengumumkan bahwa perusahaan platform musik digital ini telah mencapai kesepakatan dengan Kakao Entertainment Corp. (sebelumnya bernama Kakao M), yang membuat kontennya tersedia di platform Spotify di seluruh dunia, termasuk untuk yang pertama kalinya di Korea Selatan. Berikut adalah pernyataan dari Spotify dan Kakao Entertainment.

Baca juga: Bandcamp Sampingkan Penghasilan Saham Untuk Dukung Musisi Selama Wabah COVID-19

Diatribusikan kepada Juru Bicara Spotify:

“Kami senang karena konten dan artis Kakao Entertainment Corp. telah kembali di Spotify, memberikan kesempatan kepada lebih dari 345 juta pendengar di 170 negara untuk kembali mendengarkan lagu yang mereka sukai. Spotify selalu memiliki misi untuk menghubungkan artis dengan penggemar mereka di seluruh dunia dan memberikan pendengar akses ke semua musik. Kami sangat senang bahwa para pendengar di Korea kini dapat ikut menikmati musik lokal mereka bersama lebih dari 70 juta lagu dan 4 miliar playlist kami. Kami tetap berkomitmen untuk memberikan dampak positif pada ekosistem streaming musik Korea melalui kemitraan kami dengan para penyanyi, label, dan pemegang hak lokal”.

Diatribusikan kepada Juru Bicara Kakao Entertainment:

“Kakao Entertainment Corp (sebelumnya Kakao M) telah mencapai kesepakatan dengan Spotify dan akan menyediakan konten musiknya di Spotify untuk layanan di dalam dan luar Korea. Melalui kemitraan yang beragam di seluruh dunia termasuk Spotify, Kakao Entertainment berharap para pencinta musik di seluruh dunia dapat dengan mudah mengakses artisnya dan konten musiknya untuk menikmati K-pop. Kakao Entertainment tetap berkomitmen pada ekosistem musik Korea dan pertumbuhannya, dan akan terus melindungi hak para penyanyi, label, dan pemegang hak lokal ke depannya”.

Spotify dan Kakao Sempat Berseteru

Sebelumnya, kedua perusahaan tersebut sempat berada dalam perseteruan yang membuat Kakao Entertainment (yang perusahaan induknya Kakao Corp. memiliki layanan streaming Melon yang memimpin pasar di Korea) mencabut hak atas ratusan lagu oleh artisnya dari Spotify setelah kesepakatan lisensi antara kedua perusahaan telah kedaluwarsa dan mereka gagal untuk menyetujui persyaratan baru.

Sempat terjadi keributan di media sosial antara para penggemar artis Kakao, termasuk IU dan Apink – serta reaksi dari beberapa artis itu sendiri – membuat label rekaman K-pop itu kembali ke meja perundingan, dengan ketentuan yang enggak jauh berbeda dari yang ditawarkan semula.

Perseteruan tersebut menjadi terbuka pada 1 Maret, ketika Spotify mengonfirmasi bahwa platformnya enggak akan lagi memiliki akses ke musik dari artis di bawah naungan Kakao Entertainment.

“Spotify dapat mengonfirmasi bahwa mulai 1 Maret 2021, katalog Kakao M tidak lagi tersedia untuk pendengar kami di seluruh dunia karena lisensi kami telah habis. Kami telah bekerja sama dengan Kakao M selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global,” kata Spotify dalam pernyataannya. “Kami berharap gangguan ini bersifat sementara dan kami dapat segera menyelesaikan situasi ini”.

Kantor berita Yonhap melaporkan Kakao M mengatakan bahwa penangguhan kesepakatan itu terkait dengan kebijakan Spotify di mana mereka mencari kesepakatan konten di seluruh dunia yang mencakup layanan lokal dan internasional.

Terlepas dari pentingnya musik K-pop di seluruh dunia, Spotify termasuk terlambat masuk ke pasar streaming musik Korea. Meskipun platform beken itu mengidentifikasi Korea Selatan sebagai pasar musik terbesar keenam di dunia, pada bulan Februari perusahaan tersebut menggambarkan Korea Selatan sebagai hanya pasar ke-93 di mana layanannya akan tersedia.

Masuknya yang terlambat ke pasar yang telah lama menjadi pelopor internet – broadband seluler Korea tersebar luas dan di antara yang tercepat di dunia – membuat Spotify diluncurkan di belakang para petahana yang sudah mengakar kuat. Ini termasuk Melon Kakao Corp., dengan perkiraan 8,81 juta subscriber. Pemain mapan lainnya termasuk Genie Music dari operator telekomunikasi KT Corp., dengan 4,47 juta, dan Flo dari SK Telecom, dengan 2,86 juta.

Spotify mengatakan pada peluncurannya bahwa mereka memperkenalkan 120 playlist khusus untuk pasar Korea Selatan, termasuk Hot Hits Korea, New Music Friday Korea, Korean Music Rising, dan Fresh! Musik Baru Korea.

Baca juga: Program Bandcamp Fridays Meraup Rp 565,3 Miliar Untuk Musisi Selama Tahun 2020

Meskipun Spotify memiliki beberapa hal yang harus dilakukan di Korea Selatan, perusahan pimpinan Daniel Ek itu berpendapat bahwa skala dan operasinya telah berperan dalam memperluas kesuksesan musik Korea di panggung internasional. Layanan ini memiliki 155 juta subscriber, rata-rata 345 juta pengguna bulanan, yang saat ini menawarkan lebih dari 70 juta lagu. Para penggunanya telah membuat 4,5 miliar playlist.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lisa

    Lisa Tampil 'Edgy' Pakai Kostum Iron Maiden, LALISA Trending #1!

    'LALISA' sengaja kami pilih sebagai materi episode perdana MMM REACTION di kanal YouTube MataMata Musik. MV (Music Video) 'LALISA' sempat trending #1 selam

    on Oct 7, 2021
    Penyanyi K-pop

    30 Urutan Peringkat Penyanyi K-Pop Terpopuler Edisi September 2021

    30 urutan peringkat penyanyi K-pop paling populer edisi bulan September 2021. Penyanyi K-pop! Yup, The Korean Business Research Institute telah mengungkapka

    on Sep 26, 2021
    BTS di PBB

    BTS Tampil Kembali Di Majelis Umum PBB Sebagai Duta Kebaikan Global

    BTS di depan kantor PBB (Foto: dok. Big Hit). BTS memang tidak pernah luput dari pemberitaan. Pada bulan September 2018, sang juru bicara BTS, Kim Namjoon d

    on Sep 21, 2021
    ENHYPEN

    ENHYPEN Siap Comeback Oktober Via Album "DIMENSION : DILEMMA"

    Foto: dok. BE:LIFT. ENHYPEN adalah boyband pertama yang diciptakan oleh BELIFT LAB. Mereka beranggotakan JUNGWON, HEESEUNG, JAY, JAKE, SUNGHOON, SUNOO, dan

    on Sep 20, 2021