×
×

Search in Mata Mata Musik

Spotify Kurangi Royalti Artis, Kongres AS Kirim Surat Terbuka Ke Daniel Ek

Posted on: 06/4/21 at 10:00 am

Spotify Kurangi Royalti Artis, Kongres AS Kirim Surat Terbuka Ke Daniel Ek

Dua anggota tinggi Komite Kehakiman Kongres Amerika Serikat (AS) telah mengirim surat terbuka kepada CEO Spotify Daniel Ek. Untuk menyelidiki Mode Penemuan (Discovery Mode) baru Spotify. Diluncurkan pada bulan November 2020, program percontohan ini menawarkan pengurangan royalti kepada artis dan label dengan imbalan preferensi algoritma dalam format Radio dan Autoplay. Seperti yang dilansir dari The Hollywood Reporter.

Baca juga: Spotify Nge-Boost Penempatan Algoritma Artis Untuk Ganti Royalti Yang Dikurangi

Ketua Komite Kehakiman Kongres AS Rep. Jerry Nadler (D-NY) dan Subkomite Pengadilan, Kekayaan Intelektual, dan Ketua Internet Rep. Hank Johnson Jr. (D-GA) berbicara kepada Daniel Ek pada 2 Juni. “(Discovery Mode) dapat menggerakkan ‘perlombaan ke bawah’ di mana artis dan label merasa terdorong untuk menerima royalti yang lebih rendah sebagai cara yang diperlukan untuk menerobos lingkungan musik yang sangat ramai dan kompetitif,” tulis mereka.

“Tergantung pada bagaimana program tersebut diimplementasikan, ada kekhawatiran lebih lanjut bahwa menerima tarif yang lebih rendah untuk peningkatan dalam algoritma Spotify ini bahkan mungkin tidak menjamin lebih banyak pemutaran jika hampir semua artis komersial juga melakukan hal yang sama”.

Beberapa detail Mode Penemuan telah dipublikasikan. Tetapi program ini mengingatkan pada skema pembayaran ilegal dari tahun 1950-an, 1960-an, dan 1970-an. Ketika beberapa eksekutif label rekaman menyuap stasiun radio untuk memutar lagu-lagu tertentu tanpa mengungkapkan pembayarannya. Dalam hal ini, Spotify secara aktif berusaha untuk menukar airtime (waktu siar) dengan uang. Dan itu melakukannya dengan pangsa pasar yang jauh lebih banyak daripada yang bisa diimpikan oleh stasiun radio tradisional mana pun. Tetapi karena ini adalah perusahaan internet dan bukan stasiun penyiaran, Aturan Identifikasi Sponsor FCC tidak berlaku. Dan tidak jelas apakah Spotify telah melanggar undang-undang.

Lima Pertanyaan Kongres AS Kepada Spotify

Untuk saat ini, Komisi Yudisial Kongres AS telah mengajukan lima pertanyaan kepada Ek. Secara garis besar, mereka mempertanyakan: Akankah program percontohan itu menjadi permanen? Akankah Spotify menggunakan pengamanan untuk memastikan bahwa, jika sejumlah besar artis memilih ke Mode Penemuan, mereka tidak membatalkan satu sama lain? Bagaimana Spotify menghitung tarif royalti yang dikurangi, dan apakah akan sama untuk semua artis? Bagaimana artis tahu jika Mode Penemuan berfungsi? Dan apakah Spotify akan menawarkan ganti rugi kepada artis yang berpartisipasi dalam program percontohan dan kehilangan uangnya?

“Industri hak cipta inti seperti musik memainkan peran integral dalam ekonomi AS. Dan vitalitas industri dirusak ketika kerja keras artis diremehkan,” kata surat itu. “Perlombaan ke bawah seperti itu mengancam untuk melemahkan tujuan inti hak cipta dan kekayaan intelektual. Mendorong kreativitas dengan menawarkan pengembalian yang adil atas pekerjaan seseorang”. Simak surat lengkapnya di bawah ini.

Hjc Letter to Daniel Ek by THROnline

Tanggapan UMAW Terhadap Surat Terbuka

Sebagai tanggapan, Union Of Musicians and Allied Workers (Perserikatan Musisi dan Persekutuan Pekerja) memuji “tindakan pengawasan Kongres pertama yang ditujukan langsung pada praktik pembayaran Spotify”. Dalam sebuah pernyataan, serikat musisi dan pekerja itu menulis, “UMAW mendesak Spotify untuk mematuhi surat pengawasan dan menjelaskan praktik pembayaran mereka yang tidak adil. Grup ini juga terus meminta perusahaan untuk mengakhiri praktik payola mereka, membayar artis setidaknya 1 sen per streaming, meningkatkan transparansi praktik bisnis perusahaan, meninggalkan teknologi pengawasan seperti paten pengenalan suara, dan menghentikan tuntutan hukum terhadap artis”.

Baca juga: CEO Spotify Kembali Tuai Kecaman Karena Tolak Tingkatkan Jumlah Royalti Musisi

Sementara itu, Spotify terus berkembang. Awal tahun ini mengumumkan tingkat kesetiaan tinggi baru dan ekspansi ke 80 pasar baru.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    MMM Playlist Top 20 Internasional Minggu #3 Juni 2021

    MMM Playlist Juni 2021 #3: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist edisi bulan Juni 2021 minggu ketiga untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun wak

    on Jun 21, 2021
    Spotify

    Spotify Menaikkan Harga Berlangganan Premium Beberapa Paketnya!

    Spotify baru saja menaikkan biaya berlangganan untuk beberapa paket premium yang berlaku di sejumlah negara. Yakni di seluruh Inggris Raya dan sebagian Ero

    on Apr 27, 2021
    Humidumi

    Humidumi Lepas Album "Pathless" Di Gerai Digital Sukses Curi Perhatian

    Berbekal perjalanan di scene musik indie kota Surabaya selama enam tahun, band alternative pop Humidumi akhirnya melepas versi digital album penuh perdanan

    on Apr 17, 2021
    Aggregator Musik

    Aggregator Musik: Perantara Pendapatan Di Tengah Disrupsi Teknologi

    Lebih dari satu dekade kita telah memasuki era terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaran teknologi secara fundamental. Mengubah sistem, tatanan, lansk

    on Apr 15, 2021