×
×

Search in Mata Mata Musik

Spotify Meminta Para Label Dan Artis Untuk Membiayai Iklan Mereka Sendiri

Posted on: 03/6/20 at 12:02 pm

(Foto: Spotify.com).

Salah satu aplikasi streaming musik terbesar di dunia, Spotify, sekarang meminta para label musik dan artis untuk membeli ruang iklan mereka sendiri dan berbagai layanan pendukung lainnya jika ingin eksposur lebih pada platform itu.

Baca juga: Spotify Kini Hadirkan Fitur Playlist Dan Podcast Khusus Untuk Hewan Peliharaan Anda

Sebuah laporan dari Bloomberg hari ini menguraikan bagaimana cara Spotify sekarang ingin mencoba untuk mendapatkan penghasilan melalui dua layanan terbaru mereka untuk para pembuat konten yang sudah menggunakan platform itu.

Salah satu layanan terbaru Spotify, Marquee, sudah mulai digunakan dan memungkinkan artis untuk mengirim notifikasi langsung kepada para pengikutnya ketika musik baru telah dirilis (Tarif mulai dari US$ 5000 (Rp 71 juta). Bloomberg juga melaporkan bahwa sebuah layanan lain yang sedang dalam proses pengerjaan akan memungkinkan para pembuat konten untuk membayar lebih banyak visibilitas di Spotify agar dapat berpotensi menjangkau pendengar baru dan meningkatkan aktifitas para pengikut mereka.

Belakangan ini, Spotify sedang berada di bawah tekanan dari para pemegang saham untuk meningkatkan pendapatan dan menghasilkan keuntungan, dan sementara platform itu memang menghasilkan miliaran dolar setiap tahunnya, Spotify mengalami kerugian begitu pembayaran dilakukan kepada para pemegang hak musik. Pertumbuhan pendapatan iklan yang lambat adalah faktor lainnya.

Skema baru ini adalah cara bagi Spotify untuk menumbuhkan pendapatan iklannya serta menyimpan sebagian uang yang biasanya harus diserahkan kepada label dan artis, yang dikritik beberapa orang sebagai pemotongan secara tidak langsung dari tarif royalti.

Richard James Burgess dari American Association Of Independent Music mengatakan, “Orang-orang tidak senang dengan hal itu. Beberapa label merasa bahwa mereka akan mempromosikan musik kepada orang-orang yang dapat mereka jangkau dengan sendirinya, dan itu hanya mengurangi royalti yang Anda hasilkan”.

Baca juga: Spotify Uji Coba Tastebuds, Cara Anyar Cari Musik Baru via Teman

Strategi periklanan baru ini, yang dikenal sebagai istilah ‘pasar dua sisi’, adalah salah satu dari dua prioritas terbesar Spotify untuk mendapatkan keuntungan lebih, di samping investasi mereka baru-baru ini untuk membuat konten podcast yang original.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    MMM Playlist Top 20 Internasional Minggu #3 Juni 2021

    MMM Playlist Juni 2021 #3: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist edisi bulan Juni 2021 minggu ketiga untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun wak

    on Jun 21, 2021
    Spotify

    Spotify Kurangi Royalti Artis, Kongres AS Kirim Surat Terbuka Ke Danie...

    Dua anggota tinggi Komite Kehakiman Kongres Amerika Serikat (AS) telah mengirim surat terbuka kepada CEO Spotify Daniel Ek. Untuk menyelidiki Mode Penemuan

    on Jun 4, 2021
    Spotify

    Spotify Menaikkan Harga Berlangganan Premium Beberapa Paketnya!

    Spotify baru saja menaikkan biaya berlangganan untuk beberapa paket premium yang berlaku di sejumlah negara. Yakni di seluruh Inggris Raya dan sebagian Ero

    on Apr 27, 2021
    Humidumi

    Humidumi Lepas Album "Pathless" Di Gerai Digital Sukses Curi Perhatian

    Berbekal perjalanan di scene musik indie kota Surabaya selama enam tahun, band alternative pop Humidumi akhirnya melepas versi digital album penuh perdanan

    on Apr 17, 2021