×
×

Search in Mata Mata Musik

Spotify Meminta Para Label Dan Artis Untuk Membiayai Iklan Mereka Sendiri

Posted on: 03/6/20 at 12:02 pm

(Foto: Spotify.com).

Salah satu aplikasi streaming musik terbesar di dunia, Spotify, sekarang meminta para label musik dan artis untuk membeli ruang iklan mereka sendiri dan berbagai layanan pendukung lainnya jika ingin eksposur lebih pada platform itu.

Baca juga: Spotify Kini Hadirkan Fitur Playlist Dan Podcast Khusus Untuk Hewan Peliharaan Anda

Sebuah laporan dari Bloomberg hari ini menguraikan bagaimana cara Spotify sekarang ingin mencoba untuk mendapatkan penghasilan melalui dua layanan terbaru mereka untuk para pembuat konten yang sudah menggunakan platform itu.

Salah satu layanan terbaru Spotify, Marquee, sudah mulai digunakan dan memungkinkan artis untuk mengirim notifikasi langsung kepada para pengikutnya ketika musik baru telah dirilis (Tarif mulai dari US$ 5000 (Rp 71 juta). Bloomberg juga melaporkan bahwa sebuah layanan lain yang sedang dalam proses pengerjaan akan memungkinkan para pembuat konten untuk membayar lebih banyak visibilitas di Spotify agar dapat berpotensi menjangkau pendengar baru dan meningkatkan aktifitas para pengikut mereka.

Belakangan ini, Spotify sedang berada di bawah tekanan dari para pemegang saham untuk meningkatkan pendapatan dan menghasilkan keuntungan, dan sementara platform itu memang menghasilkan miliaran dolar setiap tahunnya, Spotify mengalami kerugian begitu pembayaran dilakukan kepada para pemegang hak musik. Pertumbuhan pendapatan iklan yang lambat adalah faktor lainnya.

Skema baru ini adalah cara bagi Spotify untuk menumbuhkan pendapatan iklannya serta menyimpan sebagian uang yang biasanya harus diserahkan kepada label dan artis, yang dikritik beberapa orang sebagai pemotongan secara tidak langsung dari tarif royalti.

Richard James Burgess dari American Association Of Independent Music mengatakan, “Orang-orang tidak senang dengan hal itu. Beberapa label merasa bahwa mereka akan mempromosikan musik kepada orang-orang yang dapat mereka jangkau dengan sendirinya, dan itu hanya mengurangi royalti yang Anda hasilkan”.

Baca juga: Spotify Uji Coba Tastebuds, Cara Anyar Cari Musik Baru via Teman

Strategi periklanan baru ini, yang dikenal sebagai istilah ‘pasar dua sisi’, adalah salah satu dari dua prioritas terbesar Spotify untuk mendapatkan keuntungan lebih, di samping investasi mereka baru-baru ini untuk membuat konten podcast yang original.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Spotify

Spotify Ubah Aturan Limit 10.000 Lagu, Sekarang Bisa Simpan Lagu Tanpa...

Dalam sebuah postingan baru di blog komunitas penggunanya, Spotify mengumumkan bahwa mereka telah mengangkat aturan limit 10.000 lagu di library online par

on May 27, 2020
Rex Orange County

Playlist Spotify Konser Rex Orange County Yang Seharusnya Kita Tonton

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi, AEG Presents dan Ismaya Live mengumumkan penundaan k

on May 9, 2020
MMM Louis Tomlinson Playlist Spotify

Playlist Spotify Konser Louis Tomlinson Di Jakarta Yang Seharusnya Kit...

Konser Louis Tomlinson di Jakarta yang seharusnya digelar hari ini, Senin, 20 April 2020 telah ditunda karena wabah virus Corona yang telah diumu

on Apr 20, 2020
Konser Dream Theater

Playlist Spotify Konser Dream Theater Di Jakarta Yang Seharusnya Kita ...

Formasi solid terkini Dream Theater (ki-ka): Jordan Rudess, John Myung, James LaBrie, John Petrucci, Mike Mangini. Hari ini, Kamis, 16 April 2020 seharu

on Apr 16, 2020