×
×

Search in Mata Mata Musik

Spotify Uji Coba Tastebuds, Cara Anyar Cari Musik Baru via Teman

Posted on: 12/24/19 at 6:01 pm

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menemukan musik baru selain mendapatkan rekomendasi dari orang yang selera musiknya kurang lebih sama dengan kita. Spotify – raksasa streaming musik dunia – memanfaatkan hal itu dengan menguji coba fitur baru bernama Tastebuds.

Spotify Tastebuds pertama kali ditemukan oleh Jane Manchun Wong, seorang peneliti dan software engineer yang mendapat akses ke halaman fitur melalui reverse-engineering. Wong dikenal karena menemukan dan melaporkan tentang penghapusan likes di Instagram sebelum platform media sosial itu resmi mengumumkan perubahan tersebut.

Spotify Tastebuds akan memungkinkan pengguna mengintip dan mendengarkan lagu-lagu yang didengarkan teman-teman mereka di Spotify. Kalau kamu masuk ke halaman depan Tastebuds, Spotify menjelaskan konsep ini dengan: “Sekarang kamu bisa menemukan musik melalui teman-teman yang selera [musiknya] kamu percaya”.

Di halaman itu, ada ikon pena yang saat diklik memungkinkan pengguna menambahkan teman mereka ke playlist Tastebuds. Di sini, pengguna bisa melihat semua lagu yang dimainkan mereka dan menambahkannya ke library sendiri.

Ada juga tab bernama “Heavy Rotation”, yang berisi daftar lagu yang paling banyak didengarkan oleh teman pengguna.

Fitur ini dirasa mirip dengan fitur sosial ‘Friends are listening to’ yang ada di platform Apple Music. 

Seperti yang diketahui, Spotify tidak mempunyai banyak fitur sosial, bahkan setelah mengakuisisi platform voice messenger Cord Project dan aplikasi musik sosial Soundwave di 2016. Spotify juga memiliki fitur untuk membuat playlist kolaboratif, dan opsi untuk melihat aktivitas profil publik melalui Friend Activity (yang terbatas untuk pengguna desktop saja).

Mengingat sebagian besar rekomendasi Spotify dihasilkan secara algoritmik, Tastebuds menandai arah baru bagi Spotify menggunakan penemuan musik sosial.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Spotify

    Spotify Menaikkan Harga Berlangganan Premium Beberapa Paketnya!

    Spotify baru saja menaikkan biaya berlangganan untuk beberapa paket premium yang berlaku di sejumlah negara. Yakni di seluruh Inggris Raya dan sebagian Ero

    on Apr 27, 2021
    Humidumi

    Humidumi Lepas Album "Pathless" Di Gerai Digital Sukses Curi Perhatian

    Berbekal perjalanan di scene musik indie kota Surabaya selama enam tahun, band alternative pop Humidumi akhirnya melepas versi digital album penuh perdanan

    on Apr 17, 2021
    Aggregator Musik

    Aggregator Musik: Perantara Pendapatan Di Tengah Disrupsi Teknologi

    Lebih dari satu dekade kita telah memasuki era terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaran teknologi secara fundamental. Mengubah sistem, tatanan, lansk

    on Apr 15, 2021
    Spotify

    Spotify & Kakao Ent. Kembali Jalin Kerja Sama Setelah Berseteru

    (Foto: Daniel Kalker/picture-alliance/dpa/AP Images). Spotify mengumumkan bahwa perusahaan platform musik digital ini telah mencapai kesepakatan dengan Kaka

    on Mar 12, 2021