×
×

Search in Mata Mata Musik

STARS AND RABBIT – Perjalanan Pop Eksotik Melalui Rainbow Aisle

Posted on: 03/12/20 at 9:00 am

Stars and Rabbit 2020.
Duo alternative pop berbahaya, Stars and Rabbit: Elda Suryani dan Didit Saad.

Sejak akhir tahun 2019 lalu ditinggal gitaris terdahulunya, Adi Widodo yang mengundurkan diri, Stars and Rabbit tidak lantas tenggelam dan mandek berkarya. Mereka justru tancap gas dengan hadirkan single baru bersamaan dengan video klipnya berjudul ‘Little Mischievous’ dan disusul single kedua, ‘Any Day In The Park’ beserta video “Behind The Scenes” masing-masing video klip kedua single tersebut.

Baca juga: STARS AND RABBIT – Perjalanan Pop Eksotik Rainbow Aisle (MMM Artist Of The Month)

Sejak itu Elda Suryani mengajak Didit Saad menjadi partner inti Stars and Rabbit terutama dalam proses kreatif album barunya yang dirilis pada 26 Februari lalu berjudul Rainbow Aisle melalui Green Island Music.

Performa Elda dan Didit saat konser Stars and Rabbit di M Bloc Live House, Jakarta.

Sebenarnya, Didit Saad bukan sosok baru buat Elda. Sebelumnya, Didit sudah sering membantu Stars and Rabbit, bahkan sudah ngeband bareng Elda sejak zaman Evo, band rock yang terbentuk dari ajang reality show “Reinkarnasi” di Indosiar pada 2006 lalu. Jadi secara chemistry nampaknya sudah langsung nyambung. Bahkan Didit Saad sendiri adalah seorang musisi multi-instrumentalis kawakan yang memiliki portofolio panjang di blantika musik Indonesia. Pria bernama asli Ahmad Farid ini telah melakoni banyak pekerjaan musik dari Produser Band Pendatang Baru, Film Scorer, Arranger, hingga Music Programmer. Kiprah bermusiknya yang menonjol berawal bersama Plastik, band alternative rock yang ia bentuk pada 1995 bersama Ipang (vokal, sebelum BIP) dan telah mengantongi 3 album. Selain itu ia tercatat pernah bermain dengan sederet musisi Indonesia, di antaranya; Arthur Kaunang, Iwa K, Imanez Ottojam, Oppie Andaresta, dan Melly Goeslaw.

Cover album ‘Rainbow Aisle’ milik Stars and Rabbit.

Setelah Rainbow Aisle rilis, Stars and Rabbit memilih ‘Naked King’ sebagai single ketiga dari album ini. Album ini disertai tur beberapa kota di Asia yang dimulai 19 Februari lalu di Taipei, disusul dengan Tokyo 20 dan 21 Februari, dan di Jakarta 4 Maret bertempat di M Bloc Live House dengan dukungan penampilan pembuka dari Polka Wars dan Tashoora.

Penampilan live eksotik Stars and Rabbit di M Bloc Live House, Jakarta.

Album Rainbow Aisle memang cukup berbeda dari album sebelumnya, Constellation karena proses kreatifnya seperti mengabadikan momen perjalanan mereka berdua selama beberapa bulan belakangan ini. Proses produksinya sendiri memakan waktu yang terbilang singkat, hanya kurang dari tiga bulan dari penulisan lagu hingga rekaman seluruh materi lagu. Rekamannya sendiri tersebar di beberapa tempat antara Jakarta dan Amsterdam, di sela-sela waktu perjalanan yang mereka tempuh dan menjadikan keterbatasan ruang sebagai area kreatif, di antaranya ruang tamu, kamar, loteng apartemen, studio dan di mana pun mereka merasa nyaman untuk merekamnya. 

Rainbow Aisle berisi 12 lagu yang ditulis oleh Elda Suryani dan Didit Saad. Dalam album ini Didit sekaligus bertindak sebagai produser dan mixing engineer, dan Simon Cotsworth sebagai mastering engineer.

Sebagai MMM Artist Of The Month edisi Maret 2020, Stars and Rabbit telah menyempatkan waktu untuk ngobrol bareng Mata Mata Musik di backstage M Bloc Live House, Jakarta pada Rabu (3/3/2020) malam lalu, beberapa jam sebelum mereka tampil menggeber set list utama dari Rainbow Aisle. Tonton keseruan Mbak Elda dan Mas Didit menceritakan secara detail kisah di balik penggarapan album baru ini, perjalanan tur Asianya dan masih banyak lagi, hanya di bawah ini!

Sekilas Stars and Rabbit

Stars and Rabbit (Foto: Robby Suharlim).

Stars and Rabbit adalah duo asal Yogyakarta yang didirikan oleh Elda Suryani (vokal) dan Adi Widodo (gitar) pada 2004. Menulis lirik dengan bahasa Inggris, Stars and Rabbit telah beberapa kali menggelar konser tur mereka tidak hanya di Indonesia namun di berbagai negara di dunia seperti UK, Korea, China, Jepang, Malaysia, Singapura.

Pada tahun 2017, Stars and Rabbit berhasil mewakili Indonesia di ajang musik taraf internasional “Laneway Festival Singapura 2017” di Meadow, Gardens by the Bay, Singapura.

Mereka juga pernah tampil di Iceland Airwaves 2019 pada 6-9 November 2019 di kota Reykjavik, Islandia.

Sebelumnya, Stars and Rabbit sudah mengeluarkan album debut dalam format fisik berjudul Constellation (2015) yang makin melambungkan namanya di blantika musik indie dan mainstream nasional dan internasional.

Pasca rilis album Constellation, Stars and Rabbit menjalani tur mereka di Indonesia dan Asia, seperti Malang, Bali, Shenzen, Hongkong, Guangzhou, Manila dan Jakarta. Tur konser mereka berlangsung selama 2 bulan mulai dari tanggal 23 Mei 2015 sampai 14 Juni 2015.

Baca juga: Stars And Rabbit Rilis Singel Baru dan Berangkat Tur Asia

Pada Juli 2015, Stars and Rabbit diminta oleh rumah produksi di London, Lowkey Films untuk menjadikan lagu ‘The House’ dari album debutnya tersebut sebagai soundtrack film Wander.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi
Fotografer & videografer: Yusak Anugerah

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Dharmajie Combo

Dharmajie Combo Debut Single 'Better, Later' Sebagai Pelarian Dari Keg...

Unit duo-pop, Dharmajie Combo merilis single pertamanya yang berjudul ‘Better, Later’. Debut single dari grup duo yang terdiri dari Reyhan Ghazali dan

on May 13, 2020
Tashoora

TASHOORA - Q & A (MMM Artist Of The Month)

https://youtu.be/YmAPsDbCg_g Tashoora adalah band yang banyak berbicara tentang ke-Tuhan-an, agama, isu-isu sosial hingga kebijakan pemerintah. Pada 11 Ma

on Apr 27, 2020
Tashoora

TASHOORA - Pengembus Angin Perubahan (MMM Artist Of The Month)

Ada yang terjadi di sudut mata kita. Sesuatu yang menimbulkan tanya tapi kita enggan mengutarakannya. Entah karena tabu atau yang terjadi di depan mata lebih m

on Apr 27, 2020
Bon Iver Justin Vernon.

Bon Iver Rilis Single ‘PDLIF’ Yang 100% Hasil Profitnya Untuk Petu...

Justin Vernon, pentolan Bon Iver. (Foto: Sean Logan/The Republic). Band indie folk Bon Iver telah merilis single baru, ‘PDLIF’, sebagai lagu amal untuk

on Apr 20, 2020