×
×

Search in Mata Mata Musik

Stereolab Akan Reuni di Desert Daze!

Posted on: 02/15/19 at 7:45 pm

Stereolab melakukan reuni untuk konser pertama band asal London tersebut di Amerika Utara dalam satu dekade.

Oleh: Andrea Domanick.  (LA Times)

Setelah mengisyaratkan akan mengadakan konser reuni pada bulan Desember lalu, Stereolab berkumpul kembali untuk konser pertama band asal London tersebut di Amerika Utara dalam satu dekade.

Stereolab adalah band besar pertama yang diumumkan di festival psych-rock Desert Daze, yang akan kembali diadakan di Moreno Beach, Lake Perris, California Selatan pada 10-13 Oktober.

Stereolab pertama kali merilis teaser reuni mereka di situs webnya pada akhir tahun lalu, saat mengumumkan rencana penerbitan kembali katalog berisi tujuh album di 2019, dan menyatakan bahwa para penggemar mereka harus “menantikan berita tentang penampilan live Stereolab.” Band ini juga sudah mengumumkan sejumlah tanggal festival mendatang di Eropa, termasuk festival Primavera Sound di Barcelona pada bulan Mei.

“Ada beberapa band yang saya rasa menjadi alasan Desert Daze dibuat, dan Stereolab adalah salah satunya,” ucap pendiri Desert Daze, Phil Pirrone, pada The Times via email, menjelaskan bahwa mengundang Stereolab adalah “impian” mereka selama bertahun-tahun.

“Mereka terus ada dalam rotasi kami. Dan seperti kebanyakan orang lainnya, saya adalah salah satu yang masih belum beruntung untuk bisa melihat mereka tampil secara live.… Kami tahu kalau kami terus bertanya, suatu hari mereka mungkin akan setuju tampil. Untungnya kami pantang menyerah.”

Didirikan oleh Tim Gane dan Laetitia Sadier di 1990, Stereolab kemudian menjadi salah satu grup band paling berpengaruh di era ’90-an karena gaya “post-rock” mereka yang menggabungkan keyboard analog dengan Krautrock, musik pop tahun ’60-an dan vokal serak Sadier yang dinyanyikan dalam Bahasa Prancis dan Inggris.

Band ini mengumumkan hiatus di tahun 2009, tetapi Gane dan Sadier tetap disibukkan dengan proyek mereka masing-masing. Gane menjadi vokalis band Cavern of Anti-Matter, sementara Sadier telah merilis karya sebagai artis solo dan dengan Laetitia Sadier Source Ensemble, di samping berkolaborasi dengan artis-artis seperti Deerhoof dan Atlast Sound. Tahun lalu, Stereolab merilis seri kompilasi tiga album berjudul “Switched On.”

“Stereolab adalah salah satu band yang secara teknis paling canggih namun tetap berselera tinggi yang pernah menyentuh musik Krautrock, avant-pop, psych, jazz, apa pun sebutannya,” kata Pirrone. “Mereka telah memberi pengaruh pada hampir semua band di komunitas yang luas ini, termasuk komunitas saya sendiri.”

Tahun ini menandai edisi kedelapan Desert Daze, dan tahun kedua di lokasi pinggir danau barunya. Asal usul festival ini sebagai pesta sampingan Coachella dalam beberapa tahun terakhir telah membentuk reputasinya sebagai salah satu festival musik dan seni yang paling terkenal di dunia, yang ditandai dengan penampil utama seperti Spiritualized, Iggy Pop, My Bloody Valentine, dan Slowdive, di samping lineup menarik yang menyorot band lokal dan internasional yang sedang naik daun.

Penyelenggara Desert Daze akan mengadakan retrospektif karya Stereolab di sepanjang karier mereka dan mengumumkan nama-nama baru untuk lineup festival di 2019 di Lodge Room, Highland Park pada 19 Februari.

Tiket Desert Daze dijual seharga mulai dari $199 di situs web resmi festival.

Keterangan Foto Utama: Vokalis Stereolab Laetitia Sadier di 2002. (Foto: For The Times/Bryan McLellan)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Reuni, Bauhaus Umumkan Konser di LA!-1

Bauhaus Reunian, Umumkan Konser di Los Angeles!

Undead! Undead! Undead! Keempat personil asli band goth ikonik Bauhaus kembali kumpul bersama dan mengumumkan konser reuni mereka di Hollywood Palladium, Los A

on Sep 12, 2019
Spice Girls Rencanakan Formasi Lengkapnya Untuk Glastonbury 2020!

Spice Girls Rencanakan Formasi Lengkapnya Untuk Glastonbury 2020!

Spice Girls dikabarkan sudah kembali bersama dan ‘merekam materi baru’ – dan mereka belum menyerah untuk mengajak Victoria Beckham. Bulan Mei lalu, Em

on Aug 13, 2019
Destiny’s Child

Destiny’s Child Reuni, Hadirkan Musik Baru dan Tur Dunia 2020

Grup wanita legendaris ini dikabarkan akan menyambangi Amerika Utara dan Eropa dalam tur reuninya yang akan digelar. Baca Juga: “Before I Let Go,” Trek B

on Aug 6, 2019
Keterangan Foto Utama: JKT:SKRG (kredit foto: Google Image)

JKT:SKRG Bakal Reuni dan Gelar Showcase

Salah satu album paling monumental di ranah musik lokal akan reunian? Beruntung lah kalian yang besar di era awal 2000-an, karena kemungkinan besar kali

on Jul 3, 2019