×
×

Search in Mata Mata Musik

Steve Aoki Penah Punya Hutang Sampai $100 Ribu!

Posted on: 08/19/19 at 4:30 pm

Sebelum menjadi DJ dengan bayaran tertinggi ke-4 di dunia, Steve Aoki dulu pernah dibayar hanya $50 per malam.

Tidak sedikit artis top di industri musik yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga mereka selama bertahun-tahun untuk sampai ke posisi mereka saat ini. Perjalanan mereka hampir selalu dimulai dengan pertunjukan kecil-kecilan di kota asal mereka, sebelum dapat menggelar tur dunia.

Jauh sebelum Steve Aoki dapat menutup MainStage di Tomorrowland, dia mengaku pernah terlibat dalam keterpurukan finansial. Mengejar impiannya di dunia musik tentu menyenangkan, tetapi pada akhirnya, membuatnya menggelontorkan dana lebih banyak daripada yang ia hasilkan.

Saat berbincang dengan CEO Luc Belaire, Brett Berish, di Self Made Tastes Better, Aoki menjelaskan kesulitan yang dihadapi dengan labelnya, Dim Mak. Aoki mendirikan Dim Mak saat dia masih berumur 19 tahun dan duduk di bangku kuliah di UC Santa Barbara California. Meskipun ini adalah impian yang sangat ingin dia tekuni, bisnis ini juga lah yang menyeretnya ke jurang utang yang dalam. Aoki sendiri mengaku dia tidak tahu cara mengelola bisnis yang baik, tetapi tidak mau menyerah di bawah tekanan.

“Meskipun kami tergolong sukses, menjual lebih dari 80.000 salinan fisik secara independen di setiap perilisan, saya menghabiskan lebih banyak uang daripada yang kami hasilkan.”

Seiring berjalannya waktu, Aoki terus menghabiskan lebih banyak uang, semakin memperbesar tumpukan utangnya. Hingga akhirnya, dia menggunakan kesepuluh kartu kreditnya sampai limit maksimal dengan total utang $100.000, menurut sebuah wawancara dengan Wall Street Journal.

Meski begitu, Aoki menolak menyerah dalam bisnis musiknya dan terus bekerja sebagai DJ pembuka. Menghasilkan rata-rata sekitar $50 per malam, tidak sebanding dengan penghasilannya sekarang ini. “Saya terus tampil, mengadakan lebih banyak pesta … Tak lama, $50 berubah menjadi $100, yang tumbuh menjadi $1.000.”

Setelah menjalani banyak malam yang panjang, Aoki berhasil melunasi tumpukan utangnya dan menyelamatkan labelnya. Mengatasi hambatan ini tidak hanya menegaskan pentingnya kerja keras bagi Aoki, tetapi juga mengajarinya untuk “berpikir di luar kotak” dan “jangan pernah meremehkan kerja sampinganmu.”

Sekarang, Aoki adalah salah satu DJ dengan bayaran tertinggi di dunia, menempati peringkat No. 4 di 2019. Keberhasilannya memungkinkannya menjalani tur di seluruh dunia dan bahkan merambah industri makanan.

Keterangan Foto Utama: Steve Aoki mendirikan labelnya, Dim Mak, pada usia 19 tahun. (Foto: Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    BTS

    Dianggap Rasis Ke BTS, Radio Jerman Minta Maaf Setelah Dikecam ARMY

    BTS tampil di atas panggung untuk American Music Awards 2020 pada 22 November 2020 di Korea Selatan. (Foto: Big Hit Entertainment/AMA2020/Getty Images). Bay

    on Mar 1, 2021
    Steve Aoki

    Steve Aoki Luncurkan Sub-Label Spesial Musik Latin Bernama Dim Mak En ...

    Steve Aoki. (Foto: via MixMax Asia). DJ/produser musik EDM bernominasi Grammy, Steve Aoki, pendiri dari label musik Dim Mak Records telah mendirikan sub-lab

    on Jul 10, 2020
    Steve Aoki Tokimonsta Yaeji

    10 DJ & Produser Yang Karier dan Musiknya Dipengaruhi Oleh Warisan Asi...

    Steve Aoki, Tokimonsta, Yaeji. (Foto: kolase). Mei adalah bulan Asian Pacific American Heritage di Amerika Serikat (AS), oleh karena itu, untuk merayakan ke

    on May 31, 2020
    Agnez Mo

    Kolaborasi Agnez Mo dan Steve Aoki Menghasilkan Single 'Girl'

    Steve Aoki dan Agnez Mo (Foto: Instagram.com/@agnezmo). DJ superstar berdarah Jepang yang berwarga negara Amerika Serikat, Steve Aoki mengumumkan kolaborasi

    on Mar 25, 2020