×
×

Search in Mata Mata Musik

Steve Klein Eks-New Found Glory Terbukti Bersalah Atas Kasus Pencabulan Anak

Posted on: 03/2/21 at 11:00 am

Steve Klein, Mantan Gitaris New Found Glory Terseret Kasus Pencabulan Anak
Steve Klein. (Foto: Brigitte Engl, Getty Images).

Steve Klein, mantan gitaris dan pendiri band pop-punk New Found Glory, telah dijatuhi hukuman dalam kasus pencabulan anak setelah mengaku bersalah atas perbuatannya yang tidak senonoh. Musisi itu menghadapi dakwaan tambahan, tetapi dakwaan itu dibatalkan setelah doi menerima perjanjian pembelaan pada bulan lalu di Pengadilan Tinggi San Luis Obispo, California.

Baca juga: Album Band Punk Duff McKagan Yang Terpendam Sejak 1982 Akhirnya Dirilis

Klein mengajukan pembelaannya dalam konferensi persidangan pada 9 Februari, tetapi pertama kali dilaporkan oleh San Luis Obispo Tribune pada hari Senin, 1 Maret. Menurut Tribune, gitaris tersebut awalnya didakwa pada akhir 2013 dengan “lima tindak pidana kejahatan terhadap seorang anak, serta menghitung setiap kontak dengan maksud untuk melakukan pelanggaran seks dan kepemilikan pornografi anak, yang berasal dari video seksual dengan ruang obrolan dua arah yang melibatkan gadis di bawah umur yang ditemukan di hard drive eksternal di rumah Klein”.

Secara khusus, insiden itu terjadi secara online dari 2010 hingga 2012 dengan gadis-gadis di bawah umur yang berusia antara 14 dan 15 tahun. Meskipun enggak ada kontak fisik yang dilaporkan terjadi.

Kasus ini telah berlangsung selama lebih dari enam tahun, sampai bulan lalu, ketika semua dakwaan itu dibatalkan karena Klein setuju untuk mengaku bersalah atas dakwaan tambahan. Sesuai ketentuan perjanjian pembelaan, Klein akan menjalani masa percobaan dua tahun tanpa hukuman penjara ketika doi secara resmi dijatuhi hukuman pada 9 Maret. Selain itu, doi akan diminta untuk mendaftar sebagai pelanggar seks setidaknya selama 10 tahun.

Menurut pengacara Klein, jika musisi tersebut mematuhi persyaratan masa percobaannya selama satu tahun, hukuman kejahatannya akan dikurangi menjadi pelanggaran ringan dan dengan demikian masa percobaannya akan dihentikan.

Klein adalah anggota pendiri New Found Glory ketika mereka dibentuk pada tahun 1997 dan bermain di band ini sampai doi dipecat pada tahun 2013 ketika tuduhan tersebut pertama kali dikenakan terhadap gitaris tersebut. Doi adalah penulis lagu utama di tujuh album pertama band, dua di antaranya mendapatkan sertifikasi emas dan satu lagi, Sticks and Stones tahun 2002 bersertifikat platinum. Beberapa lagu mereka yang paling beken termasuk ‘Hit or Miss’, ‘My Friends Over You’, dan ‘All Downhill From Here’.

Beberapa bulan setelah Klein awalnya didakwa pada akhir 2013, pengacaranya merilis pernyataan kepada Alternative Press, yang sebagian mengatakan, “Steve sangat terpukul dengan tuduhan ini. Dia telah kehilangan bandnya, mata pencahariannya, dan mantan istrinya terus mendorong hak asuh penuh anak-anaknya menggunakan kasus ini sebagai pionnya sementara dia benar-benar berjuang untuk hidupnya”.

Baca juga: Album Baru Blink-182 Bakal Fitur Grimes, Lil Uzi Vert & Pharrell Williams

Saat mengumumkan hengkangnya Klein dari New Found Glory, band ini mengeluarkan pernyataan pada saat itu, “Sekembalinya kami dari Warped Tour Australia, Steve memberi tahu kami tentang kemungkinan tuduhan yang mungkin dibuat terhadapnya. Pada saat itu, karena belum mengetahui semua detailnya, kami membuat keputusan untuk berpisah supaya dia dapat menangani masalah pribadi ini. Kami 4 anggota New Found Glory telah memberikan seluruh hidup kami untuk band ini dan akan terus melakukannya”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    New Found Glory 2021

    New Found Glory "Forever + Ever x Infinity" Versi Deluxe Ada 6 Lagu Ba...

    New Found Glory 2021 (Foto: Acacia Evans). New Found Glory kembali dengan membagikan single kedua, 'Backseat' dari rilisan mereka yang akan datang, Forever

    on Aug 1, 2021
    Mark Hoppus (Blink-182)

    Idap Kanker, Mark Hoppus Lakukan Tes Penentuan Hidup & Matinya

    Kiri: Mark Hoppus pasca kemoterapi / kanan: saat pra kanker. (dok. Blink-182). Mark Hoppus, bassis/vokalis Blink-182 belum lama ini mengumumkan berita baru

    on Jul 12, 2021
    Sum 41

    Sum 41 Dedikasikan Single Buat Istri Sang Vokalis Yang Nyaris Bunuh Di...

    Sum 41 (Foto: Ashley Osborn). Sum 41 merilis versi terbaru dari single 'Catching Fire' mereka, kali ini fitur rapper nothing,nowhere. Deryck Whibley, vokali

    on May 31, 2021
    Green Day

    Green Day Umumkan Hella Mega Tour 2021 & Rilis Lagu Baru 'Pollyana'

    Green Day (Foto: Getty Images). Green Day, Fall Out Boy, dan Weezer yang bersatu dalam Hella Mega Tour telah dikonfirmasi akan terlaksana di pertengahan tah

    on May 18, 2021