×
×

Search in Mata Mata Musik

Stevie Wonder Produseri Debut Mantan Istri Pertamanya, Syreeta Wright

Posted on: 07/31/19 at 12:37 pm

Keduanya sudah bersama-sama menulis hits untuk Stevie dan artis lainnya sebelum Stevie ikut membantu pembuatan album pertama Syreeta untuk label MoWest.

Siapa pun bisa meng-cover karya Stevie Wonder, tetapi ketika orang itu adalah mantan istri pertamanya sendiri, dan yang menjadikan Stevie sebagai produsernya, dia punya beban tertentu.

Artis itu siapa lagi kalau bukan Syreeta, yang memulai debutnya di tangga album R&B pada 29 Juli 1972 dengan album eponimnya yang juga menampilkan tiga karya yang mereka tulis bersama, pembacaan lagu Smokey Robinson oleh “orang dalam” Motown lainnya, dan remake lagu The Beatles yang sangat inventif.

Lahir di Pittsburgh, Syreeta Wright pindah ke Detroit sewaktu masih di bangku sekolah dan menjadi bagian dari keluarga Motown selama bertahun-tahun.

Seperti Martha Reeves dan Chris Clark di era sebelumnya, dia bergabung dengan Motown sebagai resepsionis pada tahun 1965. Dinamai sebagai Rita Wright oleh Berry Gordy, dia merilis single pertamanya “I Can’t Give Back the Love I Feel for You”—yang ditulis oleh Ashford & Simpson dan Brian Holland—di 1968.

Meski gagal meraih kesuksesan solo dengan nama barunya itu, Syreeta dianggap sebagai kandidat utama untuk menggantikan Diana Ross di The Supremes, sebelum Jean Terrell memenangkan posisi itu. Sebagai gantinya, Wright menjalin hubungan profesional dan pribadi dengan Wonder. Mereka bersama-sama menulis lagu hit The Spinners dari tahun 1970 “It’s A Shame” dan menikah di tahun yang sama, ketika dia berusia 24 dan Stevie baru menginjak 20 tahun. Pernikahan itu tidak bertahan lama, tetapi keharmonisan kreatif mereka tetap bertahan, selama beberapa dekade berikutnya.

Syreeta menjadi anggota penyanyi latar untuk Stevie, Wonderlove, muncul di albumnya tahun 1970 Signed, Sealed, Delivered dan ikut menulis lagu hit album, sebelum keduanya bersama-sama menulis setiap lagu di album Where I’m Coming From pada tahun 1971. Dia juga bernyanyi di album Stevie berikutnya, Music Of My Mind, di mana mereka membuat “Love Having You Around.”

Dengan Syreeta yang kini bergabung dengan label MoWest, album eponimnya direkam dalam waktu empat bulan mulai dari Oktober 1971. Meskipun keduanya telah cerai pada saat perilisannya, LP ini adalah karya yang layak untuk bakatnya yang sangat besar.

Album ini dibuka dengan cover lagu “I Love Every Little Thing About You,” yang baru saja dirilis Stevie di Music Of My Mind. Lagu lainnya yang di-cover di album ini, “What Love Has Joined Together,” adalah ciptaan artis Motown lainnya Robinson and Bobby Rogers. Lagu ini pertama kali direkam oleh The Miracles dan kemudian oleh beberapa artis Hitsville lainnya termasuk, mungkin yang paling terkenal, The Temptations.

Dengan beralihnya Wonder menjadi seorang master studio yang ingin bereksperimen dengan teknologi yang berkembang saat itu, LP ini menggabungkan elemen soul lama dengan efek elektronik dan suara synthesizer yang baru muncul. Eksperimennya jelas terlihat di lagu Wonder “Black Maybe” dan cover yang berani dan mengagumkan dari lagu The Beatles “She’s Leaving Home.”

Album ini ditutup dengan duet mereka, “To Know You Is To Love You,” di mana Stevie membawakan verse pertama sebelum Syreeta mengambil alih dalam trek yang funky ini dengan iringan instrumen petik dari Julian Gaillard Orchestra. Lagu ini dirilis sebagai single oleh Motown, dan meskipun gagal menembus tangga lagu, kekuatannya ditonjolkan ketika cover B.B. King di 1973, yang menampilkan Wonder sebagai produser dan pemain keyboard, menempati posisi No. 12 di tangga lagu R&B.

Syreeta memasuki chart Best Selling Soul LPs Billboard di No. 43, tetapi tanpa pergerakan single yang signifikan, mandek di No. 38, dan No. 185 pop. Kolaborasinya di tahun 1974 Stevie Wonder Presents Syreeta juga secara mengejutkan tidak terlalu populer, duduk di No. 53 R&B dan No. 116 pop.

Penyanyi-penulis ini mendapat lebih banyak apresiasi di belahan bumi lainnya, di mana “Your Kiss Is Sweet” menjadi lagu hit No. 12 di Inggris pada tahun 1975, dan dia memiliki dua single lainnya di tangga lagu pop. Kemudian muncullah kesuksesan besar untuk duetnya di akhir tahun 1979 dengan Billy Preston, “With You I’m Born Again,” lagu pop di peringkat lima teratas baik di Inggris maupun AS. Terlepas dari itu, kinerja Syreeta di tangga lagu tidak pernah benar-benar mencerminkan bakatnya sebagai penulis lagu dan penyanyi. Dia meninggal dalam usia 57 tahun karena gagal jantung kongestif pada tahun 2004.

Keterangan Foto Utama: Syreeta Wright dan Stevie Wonder menikah di tahun 1970 dan bercerai di tahun 1972. (Foto: Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

lauryn hill

Lauryn Hill Segera Rilis Lagu Solo Pertama dalam 5 Tahun

Lagu baru Lauryn Hill akan muncul di soundtrack Queen & Slim, film baru karya Melina Matsoukas dan Lena Waithe. Hill—mantan anggota trio hip-hop ’90

on Oct 16, 2019
Alicia Keys

Alicia Keys Gandeng Miguel & Raphael Saadiq di “Show Me Love”

Alicia Keys bekerja sama dengan Miguel untuk lagu kolaborasi barunya dan “pertunjukan sonik visual” berjudul “Show Me Love.” Baca Juga: BTS Siap Hadi

on Sep 19, 2019
The Jackson 5

Koleksi Greatest Hits The Jackson 5 Kembali dalam Format Quad Mix

Kompilasi ini pertama kali dirilis pada 27 Desember 1971 dan merangkum 18 bulan pertama dari masa kesuksesan grup yang luar biasa ini. Baca Juga: Kisah Rumi

on Sep 7, 2019
Barack Obama

Barack Obama Dorong Penjualan Setiap Musisi di Playlist Spotify-nya!

Siapa sangka daftar putar musim panas mantan Presiden Amerika Serikat ini memberikan dampak signifikan dan kembali meningkatkan penjualan setiap musisi yang di

on Sep 5, 2019