×
×

Search in Mata Mata Musik

Stormzy Kecam Politisi Inggris yang Memandang Rendah Rapper

Posted on: 12/17/19 at 2:26 pm

Rapper asal Inggris Stormzy mengkritik keras para politisi yang memandang rendah artis muda setelah dia diejek oleh seorang menteri dari Partai Konservatif, Michael Gove.

Musisi beraliran grime ini terlibat dalam pemilihan umum di Inggris pekan lalu, dengan mendukung kandidat dari Partai Buruh, Jeremy Corbyn. Kemenangan atas Corbyn membuat Gove mengutip baris dari lagu Stormzy, ‘Shut Up’, di Twitter.

Dalam wawancara dengan surat kabar The Observer, Stormzy mengecam Anggota Parlemen veteran itu atas leluconnya dan juga mengatakan Gove lebih baik menjadi rapper daripada seorang “analis politik”.

“Alasannya selalu ‘Kamu cuma seorang rapper’,” ujar Stormzy. “Menggunakan ‘I set trends dem man copy‘… Tidak ada yang membahas hal itu. Saya tidak sedang bicara soal musik, saya tidak bicara tentang ‘Shut Up’ – saya sedang membahas politik”.

“Jadi dengan mengucap itu, dia seolah berkata: ‘Oh, tidak, lupakan politik. Inilah pekerjaannya. Dia seorang rapper.’ Ini taktik yang dipersenjatai. Mereka melakukan ini ke anak-anak muda, ke orang kulit hitam, ke rapper, ke penghibur: ‘Diam saja dan lakukan rap.’ Urus urusanmu sendiri”.

Penyanyi ‘Vossi Bop’ ini – yang belum lama memulai perusahaan penerbitan buku dan memberikan beasiswa untuk kaum muda kulit hitam – kemudian mengeklaim, Gove dan politisi konservatif lainnya seperti Perdana Menteri Boris Johnson mengabaikannya karena latar belakangnya.

“Sangat jelas siapa orang-orang ini,” imbuh rapper berusia 26 tahun ini. “Meskipun saya seorang rapper, saya juga sudah melakukan banyak hal. Tapi mereka mengabaikan hal lainnya. Mereka hanya melihat saya dan bilang: ‘Tidak.’ Mereka merendahkan kami menjadi apa pun yang mereka inginkan dan mengabaikannya”.

Walaupun Corbyn kalah telak dalam pemilihan kali ini, Stormzy mengaku dia menemukan banyak hal untuk dikagumi dalam sosok Corbyn.

“Memilih harapan dan kebenaran dan seseorang yang berkomitmen untuk membantu mayoritas, bukan minoritas, itu bukan mimpi belaka,” jelasnya. “Mereka membuat ini terdengar seperti satu pilihan itu bodoh dan tidak tahu apa-apa, dan pilihan lainnya pintar dan cerdas”.

“Itu bohong. Lucunya, politik ini sangat suram sehingga ketika ada seorang kesatria yang datang, kami diberitahu itu hanya mimpi. Tapi ambisi dan masa depan yang lebih baik, [serta] masyarakat yang lebih ramah dan baik, itulah pilihan cerdas”.

Dalam kabar lainnya, Stormzy bersaing dengan Harry Styles dan Rod Stewart untuk memperebutkan posisi No. 1 di chart album Britania Raya pada Natal nanti.

Album keduanya, Heavy is the Head, saat ini menduduki peringkat No. 3 dan menjadi album dengan jumlah streaming tertinggi minggu ini. Di Twitter, sang rapper tetap rendah hati dan bersyukur albumnya dinikmati banyak orang.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Stormzy Flavs

Stormzy Batal Tampil Di Flavs Fest 2020 Karena Ancaman Virus Corona

Stormzy (Foto: Flav.id). Dengan sangat berat hati pihak penyelenggara FLAVS festival, Dyandra mengumumkan bahwa Stormzy telah membatalkan penampilannya di f

on Feb 13, 2020
Flavs Festival 2020

Hip Hop Mania Siap-Siap 'Naik Haji' Di Flavs Festival 2020. Ad...

Flavs Festival 2020 Kabar gembira datang buat para hip hop mania yang akan menjadi perbincangan di tempatnya sendiri lewat festival musik hip hop, soul, dan

on Feb 12, 2020
LIL WAYNE

Lil Wayne Umumkan Tanggal Rilis Resmi Untuk Album Terbarunya, ‘Funer...

Lil Wayne (Foto: Dlpng.com) Tanggal rilis untuk album Funeral karya Lil Wayne atau Weezy panggilan akrabnya telah diumumkan. Pada hari Kamis (23 Januari) ke

on Jan 24, 2020
DaBaby

DaBaby Ditahan Polisi Atas Tuduhan Perampokan Dan Kekerasan Fisik

DaBaby (Foto: Pinterest.com) Rapper dengan nominasi Grammy, DaBaby, ditangkap atas tuduhan kekerasan fisik di Miami pada Kamis malam dan telah ditahan berda

on Jan 6, 2020