×
×

Search in Mata Mata Musik

Suami BCL, Ashraf Sinclair Meninggal Dunia Karena Serangan Jantung, Kok Bisa?

Posted on: 02/18/20 at 9:08 am

Ashraf Sinclair
Ashraf Sinclair, only the good die young.

Aktor berdarah Malaysia-Inggris, Ashraf Sinclair, dikabarkan meninggal dunia pagi ini, Selasa (18/2/2020).

Suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) itu meninggal karena serangan jantung. Usianya masih terbilang dewasa muda, 40 tahun.

Hal itu tentu membuat BCL dan keluarga sangat terpukul, padahal BCL telah dijadwalkan akan tampil sepanggung bersama Christian Bautista dan penyanyi top asal Irlandia, Ronan Keating di event “Romantic Valentine Concert With Ronan Keating” di The Grand Ballroom, Hotel Pullman, Central Park, Jakarta pada 29 Februari 2020 nanti.

Dari informasi yang dihimpun Antara News, Ashraf mengembuskan napas terakhir pada pukul 04.51 WIB di RS MMC Kuningan, Jakarta.

Kabar meninggalnya Ashraf benar-benar mengagetkan seluruh warganet dan tak terkecuali rekan sesama artis. Ucapan belasungkawa terus membanjiri akun Instagram Ashraf melalui postingan pada kolom komentar foto terakhir yang dia posting.

Ashraf diketahui terakhir kali mengunggah foto dirinya saat sedang berada di Manhattan, New York, tiga hari lalu. Belum lama ini, Ashraf bersama BCL memang diketahui sempat berlibur ke sana. Bahkan BCL beberapa kali mengunggah foto perjalanannya bersama sang suami ke kota berjuluk Big Apple itu.

Dalam postingannya, Ashraf berfoto dengan latar belakang Kota Manhattan yang berasap tebal pada malam hari.

View this post on Instagram

Manhatten steam

A post shared by Ashraf Sinclair Official (@ashrafsinclair) on

Seperti yang dilansir Kompas, dalam sebuah kesempatan wawancara, Ashraf mengaku sangat gemar berolahraga di pusat kebugaran. Salah satu yang biasa dia lakukan adalah nge-gym.

Lantas, kenapa orang yang masih muda dan suka berolahraga terkena serangan jantung?

Alasan orang muda mengalami serangan jantung sebuah riset yang terbit pada April 2019 mengungkapkan, tingkat serangan jantung untuk orang berusia di bawah 40 tahun semakin meningkat.

Selama beberapa dekade, usia lanjut ditetapkan sebagai salah satu faktor risiko terbesar seseorang terkena serangan jantung. Biasanya, pria di atas 50 tahun dan wanita di atas 65 tahun paling rentan alami serangan jantung.

Namun, sekarang umur tak bisa dijadikan patokan. Pasalnya, mereka yang berusia di bawah 50 tahun pun rentan mengalami serangan jantung.

Menurut ahli jantung Luke Laffin, salah satu faktor risiko terbesar adalah meningkatnya penderita diabetes tipe 2 di kalangan orang muda.

Ada tiga faktor utama penyebab meningkatnya penderita diabetes tipe 2.

Pertama, pola makan keliru dan konsumsi makanan olahan yang terlalu sering. Kedua, obesitas, ini termasuk skinny fat. Ketiga, gaya hidup pasif atau menurunnya aktivitas fisik.

Menurut Laffin, terlalu sering menggunakan waktu untuk bermain ponsel membuat banyak orang menurunkan aktivitas fisik dalam beberapa dekade terakhir.

Pergeseran gaya hidup ini pun yang membuat para ahli terkejut dengan fakta meningkatnya serangan jantung di kalangan muda.

“Kebiasaan buruk ini mulai di masa kanak-kanak hingga sekarang. Perlu ada perhatian pada betapa pentingnya pencegahan dan melakukan perubahan,” kata Dr Laffin, seperti diberitakan Kompas.com (28/4/2019).

Sementara itu, dr Ratih Fabriani, dokter jantung di Rumah Sakit Universitas Indonesia, pernah mengungkap bahwa serangan jantung makin banyak diderita orang yang berusia 30 tahunan.

Banyak juga penderita jantung yang sebelumnya tampak sehat, bugar, dan tidak memiliki riwayat penyakit apa pun dalam keluarganya.

“Banyak juga pasien-pasien saya usia 30 tahun, 32 tahun sudah mengalami toleransi glukosa terganggu. Kalau normalnya kurang dari 100, ini sudah 110-120,” kata Ratih, diberitakan Kompas.com (5/7/2019).

Sama seperti Laffin, Ratih pun menduga bahwa pergeseran usia penderita jantung dikarenakan pola konsumsi masyarakat yang berubah.

Makanan dan minuman manis yang berlebihan bisa menambah risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Ashraf Dan BCL

Mama BCL, Noah, Papa Ashraf.
Mama BCL, Noah, Papa Ashraf.

Ashraf Daniel Mohammed Sinclair adalah aktor Malaysia kelahiran 18 September 1979. Ia menikah dengan Bunga Citra Lestari pada 8 November 2008 di Jakarta. Pernikahan ini dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Noah Aidan Sinclair.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi
Sumber: Antara News, Kompas, dan lain-lain

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Turnamen Lagu Pop Indonesia

Inilah Sang Juara Turnamen 32 Lagu Pop Indonesia Terbaik 2020!

Diagram Turnamen 32 Lagu Pop Indonesia Terbaik 2020 dari Babak 1 hingga Babak Final. Ok guys, tibalah saatnya pengumuman sang juara Turnamen 32 Lagu Pop Ind

on Aug 1, 2020
Stars and Rabbit Vs BCL & Ariel Noah

Turnamen Babak Final: Stars and Rabbit Vs BCL & Ariel Noah. Vote Sekar...

Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter kamu atau bikin akun sebentar di Disqus.

on Jul 30, 2020
Turnamen Lagu Pop Indonesia

Turnamen Lagu Pop Indonesia Terbaik 2020 Babak Final Battle!

Diagram Turnamen Lagu Pop Indonesia Terbaik 2020. Babak Final. Babak Final Turnamen Lagu Pop Indonesia Terbaik 2020: Versus Vote Sang Juara Tu

on Jul 30, 2020
BCL & Ariel Noah Vs Noah

Turnamen Babak 4 – Side B: BCL & Ariel Noah Vs Noah. Vote Sekarang!

Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter kamu atau bikin akun sebentar di Disqus.

on Jul 29, 2020