×
×

Search in Mata Mata Musik

Suarakan Keindahan Alam, Once Mekel Membangkitkan Lagu Legendaris ‘Sabda Alam’

Posted on: 01/29/21 at 10:00 am

Suarakan Keindahan Alam, Once Mekel Membangkitkan Lagu Legendaris ‘Sabda Alam’
Once Mekel. (Foto: dok. Aquarius Musikindo).

Once Mekel kembali mempersembahkan single baru di awal tahun 2021. Kali ini karya daur ulang legendaris berjudul ‘Sabda Alam’ yang doi bawakan dengan apik. Di dalam siaran persnya, Once menulis:

Baca juga: Once Mekel Dedikasikan Single ‘Musisi’ Untuk Perjuangan Semua Musisi Indonesia

Lagu ‘Sabda Alam’ adalah karya dari insan-insan luar biasa yang kami kenal. Lagu yang dilahirkan kembali dan dipersembahkan untuk mengenang para musisi sejati.

Selamat beristirahat dengan tenang almarhum Bapak Junaedi Salat, penulis lirik lagu ‘Sabda Alam’ yang baru saja meninggalkan kita pada tanggal 18 Januari 2021 lalu, tidak lupa terima kasih kami juga untuk almarhum Mas Chrisye dan almarhum Mas Yockie Suprayogo untuk lagu dan aransemen yang indah, teriring doa juga untuk sahabat kami almarhum Mas Roedra, lagu ‘Sabda Alam’ yang kami rilis terakhir yang masih mendapatkan sentuhannya pada proses produksi (mixing).     

Keindahan alam Sang Pencipta selalu memanjakan mata setiap insan manusia. Alam merupakan suatu anugerah tak ternilai dari-Nya. Rasa bahagia dan syukur pun selalu bergema. Melalui ‘Sabda Alam’, Once Mekel mengubah rasa syukur itu dengan menyenandungkan lagu yang telah direkamnya tersebut.

‘Sabda Alam’ merupakan lagu ciptaan Chrismansyah Rahadi atau yang lebih dikenal sebagai Chrisye dan sahabatnya, Junaedi Salat. Beliau sempat bercerita tentang saat mengerjakan ‘Sabda Alam’ pertama kali, dan kemudian dipopulerkan oleh Chrisye.

“Di lagu ‘Sabda Alam’, saya kerja sama dengan Chrisye Rahardi. Saya yang buat syairnya, sedangkan Chrisye yang buat lagunya dan diaransemen oleh Yockie Suprayogo. Saya terinspirasi saat bangun pagi sambil dengar burung-burung bernyanyi, rasanya indah sekali. Dari situ saya mulai ambil pulpen dan menulis baris demi baris apa yang diinspirasikan Tuhan kepada saya,” ujar Junaedi Salat saat dihubungi Aquarius Pustaka Musik (perusahaan publishing) beberapa hari sebelum dirinya meninggal dunia.

Once, menyanyikan ulang lagu ini dengan sangat indahnya bagaikan nirmala yang mengikat jiwa. Suara petikan gitar mengayun lembut menjadikan alunan musik terasa sempurna dan menyatu dengan suaranya yang khas. Keindahan alam pun tergambar luas ketika mendengarkannya.

“Dari lagu ‘Sabda Alam’ ini, kita kembali diingatkan oleh alam raya kalau kita adalah sebenarnya makhluk yang kecil. Bukan berarti kita dianggap kecil di mata Tuhan, tetapi kita tetap harus menghargai dan menjaga selalu alam semesta dari Yang Maha Pencipta ini,” pesan Once Mekel.

Baca juga: Once Mekel Merilis Video Lagu ‘Sesaat Kau Hadir’ Dari Album Solonya

Untuk yang sering melihat penampilan live Once, mungkin sudah pernah menikmati ‘Sabda Alam’ pada beberapa kali kesempatan off air-nya, sekarang master rekaman ‘Sabda Alam’ dirilis untuk bisa kalian nikmati di layanan digital streaming favorit kalian, termasuk melihat keindahan alam yang ada di Indonesia melalui video lirik ‘Sabda Alam’ ini di kanal YouTube Aquarius Musikindo seperti di bawah ini.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Once Mekel

    Once Mekel Dedikasikan Single 'Musisi' Untuk Perjuangan Semua Musisi I...

    Once Mekel. Vokalis Dewa 19 "Mark II" yang juga memiliki karya solo, Once Mekel kini kembali hadir dan merilis sebuah lagu berjudul 'Musisi' yang pada tahun

    on Jul 29, 2020