×
×

Search in Mata Mata Musik

Suasana Magis Dan Spiritual Konser Bon Iver Di Jakarta

Posted on: 01/21/20 at 10:44 am

BON IVER LIVE IN JAKARTA 01
Bon Iver membawakan 22 lagu dari 4 albumnya selama hampir 2 jam (Foto: Ismaya Live)

Keindahan musik Bon Iver yang disajikan secara live pada Minggu (19/1/2020) malam lalu di Tennis Indoor Senayan membawa ribuan penonton yang hadir ke sebuah ruang pikiran berbeda, dalam sebuah perjalanan penuh ragam emosi yang magis.

Baca juga: Konser Bon Iver Di Jakarta, 19 Januari Menggalang Dana Untuk Korban Kekerasan Domestik

Momen-momen khidmat, sendu, dan menggugah mewarnai set Bon Iver yang diisi oleh 22 lagu dalam konser perdana mereka di Indonesia yang digelar oleh Ismaya Live.

BON IVER LIVE IN JAKARTA 02
Penonton di Tennis Indoor Senayan terlihat padat (Foto: Ismaya Live)

Justin Vernon, yang memulai proyek musik Bon Iver di Michigan, Amerika Serikat didampingi oleh 5 personil multi-instrumentalis dalam turnya kali ini yaitu Sean Carey (dram, kibor, vokal), Matthew McCaughan (dram, vokal), Michael Lewis (bass, saxophone, kibor, vokal), Andrew Fitzpatrick (gitar, kibor, vokal), dan Jenn Wasner (gitar, vokal).

BON IVER LIVE IN JAKARTA 03
Justin Vernon dan 5 personil multi-instrumentalisnya (Foto: Ismaya Live)

Tepat pukul 20:00 WIB, riuh penonton menggema saat lagu ‘iMi’ dari album terbaru Bon Iveri,i, membuka pertunjukannya. Meski set list semalam didominasi oleh lagu-lagu dari album i,i yang mendapatkan 4 nominasi di ajang Grammy Awards 2020, lagu-lagu dari 3 album studio dan 1 EP Bon Iver sebelumnya turut dibawakan, menciptakan sebuah set list yang koherensif.

Baca juga: Bon Iver Bakal Suguhkan Pertunjukan Magisnya di Jakarta!

BON IVER LIVE IN JAKARTA 03
Sean Carrey, dramer dan terkadang bermain kibor di samping kirinya (Foto: Ismaya Live)

Seperti saat lagu ‘Lump Sum’ dari dari album For Emma, Forever Ago disisipkan di antara 3 lagu pembuka dari i,i, yakni ‘iMi’, ‘We’, ‘Holyfields’ dan 2 lagu dari album paling eksperimentalnya 22 A Million (666 ʇ, 715-CREEKS) di awal set-nya.

Musikalitas Justin Vernon dan bandnya ditampilkan dengan apik dalam momen-momen megah nan membahana yang disertai efek dan distorsi vokal Vernon, maupun di saat-saat Vernon hanya ditemani oleh gitarnya dan performa vokal yang murni, bebas dari efek apapun saat ia membawakan ‘Woods’ dan ‘Skinny Love’.

Di tengah set-nya, Justin Vernon mengajak para penonton yang hadir untuk melawan ketidaksetaraan gender melalui kampanye 2 A Billion yang bekerja sama dengan organisasi Hollaback! Jakarta untuk konser Bon Iver di Indonesia. 

BON IVER LIVE IN JAKARTA 04
Justin Vernon, sang komandan Bon Iver (Foto: Ismaya Live)

“Kami bekerja sama dengan Hollaback! Jakarta untuk menurunkan angka kekerasan seksual di Indonesia. Kita semua membutuhkannya, maka tolong dukung mereka. Banyak orang di luar sana terluka dan menderita karena ulah manusia lainnya,” ungkap Justin Vernon. “Kami mengasosiasikan diri kami dengan misi yang Hollaback! Jakarta usung,” lanjut Vernon.

BON IVER LIVE IN JAKARTA 04
Front row crowds terlihat syahdu ber-sing along bersama Bon Iver (Foto: Ismaya Live)

Momen paling ditunggu-tunggu penonton hadir saat ‘Holocene’ dibawakan dan berhasil membuat semua penonton larut dalam nuansa khidmat yang tercipta sebelum akhirnya dilanjutkan oleh lagu ‘Sh’Diah’ dan ‘Naeem’.

Baca juga: Kanye West, Bon Iver & Francis and the Lights Reunian!

BON IVER LIVE IN JAKARTA 05
Justin Vernon menutup konser malam itu dengan penampilan solonya (Foto: Ismaya Live)

Lagu ‘Perth’ dan ‘Salem’, mengisi bagian encore konser Bon Iver yang kemudian diakhiri dengan penampilan solo Justin Vernon yang membawakan lagu ‘Re:stacks’ dengan indah. Senyuman-senyuman bahagia serta mata-mata sembab menghiasi wajah-wajah penonton saat lampu Tennis Indoor Senayan menyala tanda konser telah berakhir.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Venue Musik Independen

Dave Grohl dan Ratusan Musisi Lainnya Bersatu Dukung Venue Musik Indep...

Dave Grohl bersama Foo Fighters tampil di atas panggung selama tur "Concrete and Gold" mereka di Northwell Health di Jones Beach Theatre pada 14 Juli 2018 di W

on Jun 22, 2020
Bon Iver Justin Vernon.

Bon Iver Rilis Single ‘PDLIF’ Yang 100% Hasil Profitnya Untuk Petu...

Justin Vernon, pentolan Bon Iver. (Foto: Sean Logan/The Republic). Band indie folk Bon Iver telah merilis single baru, ‘PDLIF’, sebagai lagu amal untuk

on Apr 20, 2020
Justin Vernon

Justin Vernon (Bon Iver) Debutkan Lagu Baru Saat Kampanye Virtual Bern...

Justin Vernon (Bon Iver). (Foto: Ben Kaye). Dengan semua masalah politik yang berputar-putar di sekitar krisis virus Corona, kebanyakan lupa bahwa ada kampa

on Apr 8, 2020
BON IVER

Bon Iver Rilis Versi Baru Dari ‘Blood Bank’ Dan Umumkan Rencana Un...

Justin Vernon, pentolan Bon Iver (Foto: Matthew Baker/GettyImages) Edisi khusus untuk EP tahun 2009 Bon Iver, Blood Bank, akan segera dirilis dalam rangka u

on Jan 22, 2020