×
×

Search in Mata Mata Musik

'Sumber Rezeki', album debut Folk Betawi Amboro Rilis Hari Ini!

Posted on: 12/23/19 at 7:51 pm

Amboro nongkrong di Pos Satpam
Amboro nongkrong di Pos Satpam

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak bermunculan solois dalam kancah musik independen di Indonesia. Umumnya, solois tersebut bernyanyi dibarengi gitar akustik. Bagi sebagian generasi muda, solois tersebut kerap diidentikan dengan istilah solois folk. Sebagian orang mencibir stereotipe  folk yang biasanya mengusung tema kopi dan senja, sebagiannya lagi tak mempermasalahkan hal tesebut sebagai kebebasan berekspresi.

Dari sekian banyak musisi yang mencuat ke permukaan salah satunya ialah Amboro. Pria yang bernama asli Dimas Amboro ini sudah dua tahun terakhir malang melintang dalam panggung-panggung musik. Baik dalam skala kecil maupun festival besar seperti Soundrenaline dan We The Fest di tahun 2019 ini.

Mengusung tema sehari-hari dan menghibur, Amboro membuktikan bahwa dia merupakan bintang yang siap melejit.

Jika dijejerkan dengan banyak solois baru yang muncul, lagu-lagu Amboro mudah mendapat tempat bagi para pendengarnya. Hal ini tak berlebihan, dikarenakan Amboro mengusung tema yang dekat dengan keseharian yang dipadukan dengan lekuk lidah yang khas nan jenaka.

Salah satu contohnya, jika mendengar lagu Amboro berjudul ‘Nonton Konser’, pendengar akan dibawa ke nuansa seperti lagu yang diciptakan Benyamin Sueb berjudul ‘Nonton Bioskop’.  Saat ditanyai hal tersebut, Amboro mengakui bahwa budaya Betawi secara tidak langsung mempengaruhinya dalam setiap karya yang dia ciptakan.

Kendati demikian, secara penggarapan instrumen, lagu-lagu Amboro seperti ‘Amsani’ dan ‘Nonton Konser’ tak terdengar pengaruh musik Betawi di setiap lagu yang diciptakan. Amboro memainkan musik modern yang dimainkan sendiri lewat gitar akustiknya. “Ya gimana, mau ngeband tapi ribet. Lo dengar aja lagu ‘Nonton Konser’, itu kan ada dus tas dus tas, karena enggak ada pemain drum aja,” ujar Amboro saat ditanya keputusannya menjadi solois.

Amboro menggeber ‘Amsani’

Setelah menjalani ‘ibadah musikal’ sebagai solois kurang lebih selama dua tahun, Amboro akhirnya bisa bernafas lega. Karya-karya yang Amboro ciptakan akhirnya menyatu menjadi sebuah album berjudul Sumber Rezeki yang berisikan sembilan lagu yang akan dirilis dalam bentuk fisik dan digital.

Selain itu, album yang dipersembahkan oleh Padepokan Sarang Lba ini juga diproduseri oleh Dado Darmawan, Reza Hilmawan dan Amboro sendiri. Sumber Rezeki dirayakan secara khidmat pada Senin (23/12) malam di Earhouse, Pamulang, Tangerang Selatan.

Sumber Rezeki merupakan langkah awal Amboro untuk menjadi musisi yang siap memberi warna lain dalam kancah musik Indonesia.

Yuk ‘Nonton Konser’ Amboro, dijamin senyam-senyum, bahkan ngekek sendiri.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Manjakani

    Manjakani Luncurkan Album "Saura" Sebagai Geliat Kreasi Dari Pontianak

    Manjakani adalah duo pengusung folk yang terdiri dari sepasang suami istri, Muhammad Taufan Eka Prasetya dan Nabilla Syafani. Eksistensi mereka mungkin men

    on Sep 23, 2021
    Sekaranggi

    Sekaranggi Rilis Album Kedua, "Delapan" Sebagai Introspeksi Diri

    Tampilan Sekaranggi di album keduanya Pada 8 September 2021 resmi dirilis album kedua dari Sekaranggi yang berjudul Delapan. Salah satu lagu dalam album in

    on Sep 9, 2021
    Big Red Machine

    Big Red Machine Tampilkan Banyak Kolaborator Top Di Album Keduanya

    Kolase dan vocert album terbaru Big Red Machine Big Red Machine, band alternative folk asal Amerika berangotakan Aaron Dessner dan Justin Vernon merilis alb

    on Aug 31, 2021
    Shortly band

    Shortly Grup Solo Alexandria Maniak Rilis The Reaper Dari Album Dancer

    Alexandria Maniak dan dua rekannya di Shortly (Foto: Jake Mulka). Shortly adalah proyek musik solo Alexandria Maniak yang lahir dan besar di Detroit, Amerik

    on Aug 13, 2021