×
×

Search in Mata Mata Musik

Sumber Terdekat The Weeknd Yakin Penghinaan Grammy Kepadanya Karena Balas Dendam

Posted on: 11/26/20 at 10:30 am

Sumber Terdekat The Weeknd Yakin Penghinaan Grammy Kepadanya Karena Balas Dendam
The Weeknd. (Foto: Republic Records).

Sumber yang dekat dengan The Weeknd meyakini bahwa penghinaan Grammy Awards yang mengejutkan publik bukanlah hasil pengawasan dari The Recording Academy, melainkan lebih pada tindakan pembalasan. Wew, balas dendam bagaimana tuh? Baca terus.

Baca juga: Nominasi Grammy 2021 Dianggap Lalai Karena The Weeknd Sama Sekali Nggak Masuk

Album keempat The Weeknd, After Hours, nggak bisa dipungkiri adalah salah satu rilisan terbesar tahun ini, baik secara komersial maupun musikalitas sesuai ulasan kritis media. Pada nominasi Grammy Awards 2021, kategori Album of the Year terasa seperti dikunci. Single sukses dari After Hours, ‘Blinding Lights’ juga diharapkan menerima pertimbangan untuk Song of the Year dan Record of the Year. Tapi akhirnya, The Weeknd benar-benar keluar dari kategori musik secara umum. Doi juga gagal menerima satu nominasi dalam kategori genre secara spesifik. Nol. Nggak ada satu pun kategori nominasi yang masuk.

Bagaimana itu mungkin? Sumber yang dekat dengan The Weeknd meyakini bahwa The Recording Academy berusaha membalas dendam setelah penyanyi asal Kanada itu setuju untuk menjadi headliner di Super Bowl 2020 halftime show, yang membuat penampilannya yang dijadwalkan di Grammy menjadi kurang eksklusif.

“Ada banyak percakapan antara Grammy dan tim The Weeknd tentang penampilannya yang dijadwalkan untuk Grammy 2021. Ada ultimatum yang mengakibatkan perebutan dirinya juga bermain di Super Bowl yang berlangsung beberapa lama dan akhirnya disepakati bahwa doi akan tampil di kedua event tersebut,” kata sumber tersebut. “Grammy memiliki surat nominasi mereka pada 12 Oktober dan memiliki semua percakapan tentang itu dengan tim The Weeknd dalam sebulan terakhir, dan kemudian pada 24 November, The Weeknd nggak memiliki satu nominasi pun dan sekarang sepenuhnya diabaikan oleh Grammy. Ini adalah tahun di mana mereka seharusnya bangkit. Bagaimana prosesnya dan di mana transparansinya?”

The Weeknd memberi penilaian yang jauh lebih blak-blakan di Twitter: “Grammy tetap korup. Kalian berhutang kepada gue, penggemar gue, dan transparansi industri,” bunyi tweet-nya pada Kamis malam. Kemudian pada doi nge-tweet lagi pada hari Jumat, di mana doi bilang nggak akan muncul atau tampil di Grammy: “Secara kolaboratif merencanakan pertunjukan selama berminggu-minggu untuk nggak diundang? Menurut pendapat gue nol nominasi = lo nggak diundang!”

Harvey Mason Jr., presiden interim/CEO The Recording Academy, menyangkal bahwa penampilan The Weeknd di Super Bowl berdampak pada ketiadaan nominasi untuk dirinya. “Kami sangat senang ketika kami mengetahui dia akan tampil di Super Bowl mendatang dan kami ingin dia juga tampil di panggung Grammy akhir pekan sebelumnya,” kata Harvey Mason dalam sebuah pernyataan. “Untuk lebih jelasnya, pemungutan suara di semua kategori berakhir jauh sebelum penampilan The Weeknd di Super Bowl diumumkan, jadi hal itu sama sekali nggak memengaruhi proses nominasi”.

Kata “diumumkan” sangat menonjol, karena The Recording Academy pasti sangat menyadari penampilan The Weeknd di Super Bowl jauh sebelum berita itu dipublikasikan. Karena The Recording Academy sedang melakukan negosiasi sendiri dengan penyanyi pacarnya super model Bella Hadid itu tentang potensi tampil di Grammy dalam pertemuan panel antara kedua belah pihak pada 12 Oktober untuk putaran awal pemungutan suara dan kemudian menyelesaikan nominasi pada 27 dan 28 Oktober.

Selain itu, The Recording Academy mengonfirmasi ke Billboard bahwa tim The Weeknd memasukkan After Hours dalam kategori R&B progresif, tetapi selama proses penyaringan, album tersebut dipindahkan ke kategori yang jauh lebih pop. Selain menjadi area yang jauh lebih ramai daripada kategori R&B, kategori pop nggak memiliki nominasi yang ditinjau oleh komite, melainkan hanya berdasarkan suara.

Dalam wawancara lanjutan dengan Billboard, Harvey Mason mengatakan doi “sedih” mendengar tentang karakterisasi peristiwa The Weeknd ini. “Saya bisa mengerti dia kecewa (karena dikucilkan),” kata Harvey Mason. “Semua orang di The Recording Academy mengerti bahwa dia kecewa. Saya secara pribadi terkejut bahwa dia nggak dinominasikan”.

Harvey Mason juga kembali menekankan bahwa ketiadaan nominasi The Weeknd nggak ada hubungannya dengan Super Bowl. “Pertama-tama, penampilan Super Bowl adalah (satu minggu) setelah pertunjukan kami, jadi kami nggak akan pernah kecewa jika dia tampil di Super Bowl… Produser acara kami, Ben Winston, dan CBS melakukan beberapa percakapan awal. Kami akan senang jika dia ada di panggung kami. Saya pikir dia sedang berusaha mewujudkannya”.

Baca juga: Yuk Intip Daftar Nominasi Grammy 2021: Taylor Swift, Beyonce, Fiona Apple, Dll!

Acara Grammy Awards 2021 berlangsung pada 31 Januari 2021. Sedangkan Super Bowl digelar minggu kemudian pada 7 Februari.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Grammy Awards 2021

    Grammy Awards 2021: Bocoran Siapa Yang Akan & Seharusnya Menang

    Beyoncé, Fiona Apple, Taylor Swift, Phoebe Bridgers (Foto: Getty Images). Perhelatan tahunan Grammy Awards yang ke-63 digelar pada 15 Maret 2021. Ditunda d

    on Mar 13, 2021
    The Weeknd

    The Weeknd Mulai Sekarang Boikot Grammy Awards Sejak Dilecehkan

    The Weeknd. (Foto: Getty Images). The Weeknd makin melesat sebagai penyanyi top dunia setelah doi merilis album After Hours tahun lalu. Enggak hanya menjadi

    on Mar 12, 2021
    The Weeknd

    The Weeknd 'Blinding Lights' Setahun Berada Di Top 10 Billboard Hot 10...

    The Weeknd. (Foto: Kevin Mazur/Getty Images). Lagu mega hit The Weeknd 'Blinding Lights' telah membuat sejarah sebagai lagu pertama yang menghabiskan satu t

    on Mar 10, 2021
    The Weeknd

    Nominasi Grammy 2021 Dianggap Lalai Karena The Weeknd Sama Sekali Ngga...

    The Weeknd di AMA 2020. (Foto: Emma McIntyre/AMA2020/Getty Images for dcp). Boleh dibilang, After Hours adalah album full length terbaik selama karier The W

    on Nov 25, 2020