×
×

Search in Mata Mata Musik

SuperM Bisa Sukses di Chart Billboard Karena Hasil ‘Curang’?

Posted on: 10/23/19 at 8:02 am

SuperM menjadi grup K-pop pertama yang debut di No. 1 Billboard 200 dengan album perdana mereka, tapi pencapaian ini menimbulkan perdebatan sengit di kalangan fans dan media internasional tentang masalah ‘bundling’ album.

Baca juga: SuperM Berambisi Masuki Jajaran Atas Kancah Musik Amerika

SuperM—yang terdiri dari personil grup K-pop di bawah manajemen SM Entertainment, termasuk SHINee, EXO, NCT127 dan WayV—berkuasa di puncak tangga lagu dengan menjual 168.000 unit “setara album” dalam minggu pertama peluncurannya (4-10 Oktober).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 164.000 unit berasal dari penjualan album fisik, sedangkan 4.000 berasal dari streaming.

Angka itu menunjukkan, septet ini—yang beranggotakan Taemin, Baekhyun, Kai, Taeyong, Mark, Ten dan Lucas—berhasil menjual album dalam jumlah besar.

Namun, tidak sedikit yang bertanya-tanya apakah mereka sebenarnya mampu meraih pencapaian ini kalau tidak menggunakan strategi bundling album.

Menurut laporan, SuperM merilis delapan versi dari album debut self-titled mereka, memiliki lebih dari 60 merchandise/bundel album di toko web, dan menyertakan salinan digital album ke setiap tiket konser dalam tur Amerika Utara mereka yang dijadwalkan berlangsung bulan November.

Baca juga: Simak Aksi Taemin, Kai & Ten di Video Baru SuperM!

Tapi, apakah taktik ini bisa diterima? Atau apakah mereka terlalu berlebihan?

Jeff Benjamin—jurnalis musik yang sudah menulis seputar K-pop sejak tahun 2013 untuk Billboard—menjelaskan, “Kalaupun ada, tidak banyak grup yang mampu menciptakan antusiasme besar terhadap musik dan merchandise mereka seperti SuperM.”

“Orang-orang membeli album karena kecintaan mereka pada anggota SuperM. Jika penjualan albumnya ‘di-boost’ dan tidak ada permintaan yang nyata, menurut saya itu akan kelihatan dalam tur konser yang akan datang kalau mereka kesulitan menjual tiket,” kata Benjamin.

“Satu orang bisa saja membeli beberapa album, tetapi satu orang tidak bisa mengisi beberapa kursi.”

Mulai 11 November nanti, SuperM akan menggelar tur Amerika Utara mereka bertajuk We Are The Future Live. Supergroup ini akan menyambangi kota-kota besar termasuk Chicago, New York, Los Angeles, Seattle dan Vancouver. Tur ini diharapkan dapat mendatangkan sekitar 10.000 penonton.

Baca juga: SuperM Bakal Kolaborasi dengan Marvel Entertainment

Dalam kabar terkait, album debut mereka, SuperM, berhasil bertahan di Top 20 Billboard 200 minggu ini—duduk di peringkat No. 11 di chart tertanggal 26 Oktober.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Nav

Karena Strategi Bundel Yang Cemerlang, Nav Raih No. 1 Chart Album Bill...

Nav. (Foto: Lars Hagberg/Agence France-Presse). Nav, seorang produser/rapper asal Kanada yang merupakan artis didikan The Weeknd, mungkin bukanlah rapper ya

on May 21, 2020
BTS - love yourself: answer.

‘Love Yourself: Answer’ Milik BTS Jadi Album Korea Peraih Gold Per...

BTS. (Foto: Big Hit Entertainment). Album Love Yourself: Answer milik boyband K-pop sejuta umat BTS kini telah menerima sertifikasi Gold di Inggris! Pada

on May 17, 2020
Drake & Kenny Chesney.

Disalip Album Baru Kenny Chesney, Mixtape Baru Drake Gagal Debut No. 1

Drake dan Kenny Chesney. (Foto: Getty Images). Setelah sebelumnya secara berturut-turut selalu debut di No. 1 pada chart alias tangga album Billboard 200,

on May 13, 2020
YoungBoy Never Broke Again.

YoungBoy Never Broke Again Raih Album No. 1 Kedua Kalinya Dalam 7 Bula...

YoungBoy Never Broke Again. (Foto: Paras Griffin/Getty Images). Kembali ke bulan Oktober lalu, YoungBoy Never Broke Again, seorang rapper muda asal Louisian

on May 6, 2020