×
×

Search in Mata Mata Musik

Surat Terbuka Jimmy Page Desak Perusahaan Musik Streaming Beri Royalti Yang Adil

Posted on: 12/15/20 at 10:30 am

Surat Terbuka Jimmy Page Desak Perusahaan Musik Streaming Beri Royalti Yang Adil
Jimmy Page. (Foto: via YouTube Fender).

Jimmy Page menggunakan statusnya sebagai seorang ikon rock dan Ksatria Ordo Kerajaan Inggris alias Orde of the British Empire (OBE) untuk mendesak perusahaan streaming agar memberi kompensasi yang adil kepada musisi.

Baca juga: The Rolling Stones Rilis ‘Scarlet’, Lagu Kolab Dengan Jimmy Page Yang Langka

Gitaris Led Zeppelin yang legendaris ini menulis surat terbuka di akun Instagram-nya sebagai tanggapan atas pertanyaan baru-baru ini tentang layanan streaming oleh Komite Inggris di bidang Digital, Budaya, Media, dan Olahraga. Di antara item yang sedang ditinjau oleh panitia adalah model bisnis yang digunakan oleh Spotify, Apple Music, Amazon Music, Google, dan layanan streaming lainnya, terutama dalam hal royalti artis.

Jimmy Page membagikan surat berikut ini di halaman Instagram-nya:

“Baru-baru ini melihat Panitia Seleksi untuk Streaming Musik pada 24 November 2020, saya merasa terdorong untuk menulis surat ini.

Saya sangat menghargai dilema seputar royalti streaming yang harus dibayarkan kepada semua musisi dan penulis yang membuat musik.

Semakin cepat perusahaan streaming dapat melakukan pembayaran yang adil kepada semua musisi yang musiknya diputar atau dilihat melalui internet, dan membayar royalti yang adil kepada mereka yang memberi kami kesenangan besar dari mereka yang mengeksploitasinya, semakin baik.⁣

Jimmy Page OBE”

Dalam survei terbaru oleh Ivors Academy, lembaga di Inggris Raya yang setara dengan Recording Academy di Amerika Serikat, 82% musisi melaporkan bahwa mereka memperoleh kurang dari £ 200 ($ 267) per tahun dari layanan streaming. Lebih lanjut, 92% musisi mengungkapkan bahwa kurang dari 5% pendapatan mereka berasal dari platform streaming.

Awal tahun ini, CEO Spotify Daniel Ek menerima reaksi keras setelah doi menyarankan bahwa artis perlu terus-menerus mengeluarkan musik baru untuk menerima lebih banyak kompensasi dari perusahaan streaming, “Kamu nggak bisa merekam musik sekali setiap tiga hingga empat tahun dan berpikir itu akan cukup,” katanya.

Pernyataan itu ditanggapi dengan pedas oleh puluhan musisi, termasuk Mike Mills dari R.E.M., yang menyuruh Daniel Ek untuk “go fuck yourself”.

Vokalis Slipknot Corey Taylor juga telah blak-blakan tentang tarif royalti streaming bernilai rendah yang dibayarkan kepada musisi, doi men-tweet pada tahun 2019, “Gue nggak peduli BAGAIMANA orang-orang mendapatkan musiknya. Gue peduli bagaimana PERUSAHAAN yang menyediakannya memberi kompensasi kepada orang-orang terkutuk yang membuatnya di awal”.

Baca juga: Spotify Nge-Boost Penempatan Algoritma Artis Untuk Ganti Royalti Yang Dikurangi

Lihat postingan Instagram Jimmy Page di bawah ini:

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Burung Beo Nyanyi

    Seekor Burung Beo Berbakat Menyanyikan Lagu-Lagu Led Zeppelin, GNR, Va...

    Tico, si burung beo bersama majikannya, Frank Maglio. (Foto: via YouTube). Burung beo rocker. Yoi, ada seekor burung beo yang memiliki suara bagus dan gemar

    on Jan 19, 2021
    Metallica

    Metallica Raih Lebih Dari 1 Miliar Stream 99 Juta Jam Spotify Selama T...

    Metallica. (Foto: via Revolver). Saat Metallica memasuki tahun ke-40 eksistensi mereka di blantika musik, raksasa heavy metal ini tetap menjadi pembangkit t

    on Jan 5, 2021
    Bandcamp

    Program Bandcamp Fridays Meraup Rp 565,3 Miliar Untuk Musisi Selama Ta...

    Awal tahun ini, ketika pandemi mulai mencekik ekonomi industri pertunjukan live, music streaming platform yang berorientasi pada artis, Bandcamp memutuskan

    on Dec 16, 2020
    Year On TikTok

    “Year On TikTok” Merayakan Video Favorit Di Indonesia & Melihat Tr...

    Christian Bong, Nadya Ardianti, Angga Anugrah Purtra - Year on TikTok 2020. TikTok, aplikasi video singkat dengan misi untuk membawa kebahagiaan, hari ini m

    on Dec 15, 2020