×
×

Search in Mata Mata Musik

Surprise! Taylor Swift Mendadak Rilis ‘Folklore’, Album Studio Barunya

Posted on: 07/24/20 at 7:00 am

Surprise! Taylor Swift Mendadak Rilis Album Baru Berjudul ‘Folklore’!
Taylor Swift – folklore edisi album fisik format vinyl.

Nggak ada angin nggak ada hujan alias nggak ada tanda-tanda sama sekali atau pemberitaan tentang album mendatang popstar yang satu ini. Boro-boro teaser atau single, berita saja nggak ada! Taylor Swift membuat pengumuman yang tentu saja sangat mengejutkan bahwa dia akan merilis album studio kedelapannya, Folklore, pada hari Jum’at ini, 24 Juli 2020.

Baca juga: Taylor Swift Minta Penghancuran Permanen Berbagai Monumen Bersejarah Rasis

Dalam berbagai postingan dadakan di media sosialnya, popstar itu menjelaskan bahwa album ini adalah hasil dari pembatalan dari sekian rencananya untuk tahun 2020, termasuk tur stadion untuk promosi album 2019-nya Lover gara-gara pandemi virus Corona. Selama masa isolasi, Taylor Swift tekun menulis lagu-lagu untuk album barunya, berkolaborasi dengan Aaron Dessner dari band rock The National serta musisi-musisi berbakat seperti Bon Iver, William Bowery dan Jack Antonoff.

Taylor Swift adalah penggemar lama The National, dia pernah ditemukan sedang nongkrong di belakang panggung konser band itu pada Juni 2019 di Prospect Park di Brooklyn, New York, Amerika Serikat (AS).

Seiring perilisan album barunya Taylor Swift juga merilis MV (Music Video) untuk lagu ‘Cardigan’, yang dia sutradarai sendiri, yang mencatat bahwa proses rekaman MV itu “diawasi oleh seorang inspektur medis, semua orang mengenakan masker, menjauh dengan satu sama lain, dan aku bahkan mengerjakan gaya rambut, make-up aku sendiri”.

Taylor Swift menggambarkan album itu sebagai “album dengan lagu-lagu baru yang telah aku tuangkan semua keinginan, impian, ketakutan, dan renunganku ke dalamnya… Sebelum tahun ini, aku mungkin sudah memikirkan kapan akan merilis musik ini pada ‘waktu yang tepat’, tetapi era kehidupan kita saat ini terus mengingatkan aku bahwa tidak ada yang terjamin. Perasaan aku mengatakan kepadaku bahwa jika kamu membuat sesuatu yang kamu sukai, kamu harus melepaskannya ke dunia. Itulah rasa ketidakpastian yang bisa aku terima”.

Baca juga: Taylor Swift dan Adiknya Diduga Bikin Band Palsu Untuk Serang Scooter Braun

Album ini juga hadir dengan banyak perubahan dalam arahannya dengan Aaron Dessner sebagai salah satu penulis/produser untuk 11 dari 16 lagu dalam album, peran yang dimainkan Jack Antonoff pada tiga album terakhir Taylor Swift. Penyanyi itu tidak menguraikan kontribusi Jack Antonoff tetapi mengatakan bahwa dia “pada dasarnya adalah bagian dari keluarga musikalnya saat ini”. Bon Iver ikut menulis beberapa lagu dan bernyanyi di album Folklore, sedangkan William Bowery, seorang kolaborator baru, yang mungkin merupakan nama samaran, ikut menulis dua lagu.

Aaron Dessner menulis di media sosial bahwa Taylor Swift menghubunginya untuk ikut menulis beberapa lagu pada akhir bulan April. “Aku pikir akan perlu beberapa saat bagi aku untuk menemukan beberapa ide lagu dan aku tidak punya harapan sejauh apa yang bisa kita capai secara jarak jauh,” ujar Aaron. “Tetapi beberapa jam setelah berbagi musik, HP aku menyala dengan memo suara dari Taylor Swift untuk sebuah versi lagu yang telah ditulis secara penuh, (sejak itu) momentumnya benar-benar tidak pernah berhenti”.

Taylor Swift - folklore

Tracklist album Folklore oleh Taylor Swift:

1. “The 1”
2. “Cardigan”
3. “The Last Great American Dynasty”
4. “Exile” (feat. Bon Iver)
5. “My Tears Ricochet”
6. “Mirrorball”
7. “Seven”
8. “August”
9. “This Is Me Trying”
10. “Illicit Affairs”
11. “Invisible String”
12. “Mad Woman”
13. “Epiphany”
14. “Betty”
15. “Peace”
16. “Hoax”
Trek Bonus: “The Lakes”

Pastikan kamu menjadi orang yang pertama menonton MV Taylor Swift ‘Cardigan’ di bawah ini. Kenapa? Ya nggak apa-apa juga sih, seru saja, hehehe.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Arfa

Arfa Patahkan Stereotip Via 'Holy', Single Tentang Jenis Cinta Yang Le...

Arfa. Setelah sukses merilis single debutnya, 'Next Flight', Arfa kembali hadir dengan single berjudul 'Holy' pada hari Jum'at, 16 Oktober. Terinspirasi dar

on Oct 19, 2020
Lana Del Rey

Lana Del Rey Rilis ‘Let Me Love You Like a Woman’, Single Dari Alb...

Lana Del Rey. (Foto: via Instagram Lana Del Rey). Penyanyi cantik bersuara sensual dan stoner, Lana Del Rey telah merilis lagu terbarunya yang berjudul ‘L

on Oct 17, 2020
Paruhwaktu

Trio Pop Paruhwaktu Ungkap Perasaan Yang Sulit Diungkap Via MV 'Alexit...

Paruhwaktu. Seringkali kita merasa sulit untuk sekedar menggerakkan bibir, padahal otak kita sedang liar-liarnya dalam menciptakan skenario tentang kalimat

on Oct 16, 2020
Satmore

Ungkapan Ikhlas Melalui Single Ketiga Satmore, 'I Will Be Fine' Yang P...

Satmore (sebelumnya bernama Blackpepper) adalah band Pop Jazz kelahiran Bandung yang dibentuk pada 1 November 2014, dari aktivitas ekstra kulikuler musik d

on Oct 14, 2020