×
×

Search in Mata Mata Musik

Sutradara Boyz n the Hood Meninggal Dunia di Usia 51

Posted on: 04/30/19 at 3:07 pm

John Singleton, orang Afrika-Amerika pertama yang meraih nominasi Best Director di ajang Oscar, sempat menjalani koma setelah mengalami stroke.

John Singleton—sutradara film Boyz n the Hood—tutup usia, menurut laporan Deadline, TMZ, dan The New York Times. Singleton dinyatakan meninggal dunia setelah keluarganya memutuskan untuk menghentikan penggunaan alat bantu hidupnya menyusul stroke besar yang membuatnya koma awal bulan ini. John Singleton berusia 51 tahun.

Baca Juga: Richard Reed Parry dari Arcade Fire Umumkan Album Baru

“Dengan berat hati kami mengumumkan bahwa putra, ayah dan sahabat kami tercinta, John Daniel Singleton, akan berhenti menggunakan alat bantu hidup hari ini [29 April],” kata juru bicara keluarga Singleton dalam sebuah pernyataan, menurut Deadline.

“Ini adalah keputusan yang menyakitkan, yang diambil keluarga kami, dalam beberapa hari, dengan nasihat cermat dari doktor yang menangani John.”

Berasal dari Los Angeles Selatan, John Singleton lulus dari program Filmic Writing di USC School of Cinematic Arts. Tak lama setelah lulus, dia menjual naskah untuk film debutnya sebagai sutradara Boyz n the Hood kepada Columbia Pictures.

Film tahun 1991 yang dibintangi oleh Ice Cube dan Cuba Gooding Jr. ini membuat Singleton mendapatkan sepasang nominasi Academy Award: Best Director dan Best Screenplay Written Directly for the Screen.

Nominasi Best Director yang diraih Singleton menjadikannya sebagai orang Afrika-Amerika pertama dan orang termuda yang masuk dalam kategori itu.

Selain Boyz n the Hood, John Singleton menyutradarai video musik ikonik untuk lagu Michael Jackson dari album Dangerous, “Remember the Time,” serta film 2 Fast 2 Furious dan drama sejarah Rosewood.

Di 2017, Singleton ikut menciptakan seri televisi FX Snowfall, sebuah acara yang menggambarkan epidemi kokain pertama yang menimpa kota Los Angeles di awal tahun ’80-an.

Keterangan Foto Utama: John Singleton, sutradara film Boyz n the Hood (1991). (Foto: Getty Images/Anthony Barboza)

Mata Mata Musik's Newsletter