×
×

Search in Mata Mata Musik

SXSW Akhirnya Dibatalkan, Pemerintah Setempat Nyatakan Virus Corona Sebagai Bencana Lokal

Posted on: 03/10/20 at 9:00 am

(Foto: Instagram.com/@sxsw).

Pertama kalinya dalam sejarah selama 34 tahun, acara musik tahunan itu dibatalkan.

South by Southwest atau SXSW telah dibatalkan, melalui konferensi pers pada hari Jum’at 6 Maret. Walikota setempat, Austin Steve Adler menyatakan adanya bencana lokal karena kekhawatiran terhadap virus corona.

Konferensi musik tahunan sebelumnya dijadwalkan 13-22 Maret. Ini adalah pertama kalinya 34 tahun sejarah SXSW membatalkan seluruh acara tahunan.

Selama konferensi pers, Austin Steve berkata, “Saya bangga bahwa kami membuat keputusan yang didukung oleh data.” Namun dia juga menyatakan penyesalan atas keputusan ini.

Ia menambahkan, “Sangat disayangkan membatalkan SXSW. Ini sangat penting bagi kota kami,” ujar dia, dilansir Billboard.

Tahun lalu, pemerintah kota memperkirakan bahwa South by Southwest memiliki dampak ekonomi US$ 356 juta untuk kota Austin.

Austin Steve Adler menambahkan bahwa tidak ada kasus virus Corona yang dikonfirmasi telah terdeteksi di ibukota Texas dan mencatat, “Tidak ada keadaan darurat di kota kami hari ini selain perlu merencanakan dan bersiap-siap,” katanya.

“Berdasarkan rekomendasi dari petugas kesehatan dan direktur kesehatan masyarakat kami, dan setelah berkonsultasi dengan manajer kota, saya telah melanjutkan dan mengumumkan bencana lokal di kota itu,” katanya.

“Dan terkait dengan itu, kami telah mengeluarkan perintah yang secara efektif membatalkan SXSW untuk tahun ini,” tambah dia.

Direktur kedokteran darurat pemerintah setempat, Dr. Mark Escott, yang juga berbicara pada konferensi pers, mengatakan kota itu akan mengevaluasi peristiwa-peristiwa slain SXSW yang tidak disetujui berdasarkan kasus per kasus.

Setelah pengumuman walikota, SXSW mengeluarkan pernyataan di situs webnya yang mengatakan akan mengikuti arahan pemerintah.

“Kami kecewa harus berbagi berita ini dengan Anda,” pernyataan itu tertulis demikian.

“Prinsip ‘Pertunjukan harus berlangsung’ ada di dalam DNA kami, dan ini adalah pertama kalinya dalam 34 tahun acara Maret tidak akan terjadi. Kami sekarang sedang mengerjakan percabangan dari situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini,” lanut pengumuman itu.

“Baru-baru ini pada hari Rabu, Austin Public Health menyatakan bahwa ‘tidak ada bukti bahwa penutupan SXSW atau pertemuan lainnya akan membuat masyarakat lebih aman.’ Namun, situasi ini berkembang dengan cepat, dan kami menghormati dan menghormati keputusan Kota Austin. Kami berkomitmen untuk melakukan bagian kami untuk membantu melindungi staf, peserta, dan sesama Austinit kami,” tulis mereka.

Pernyataan SXSW juga mengatakan bahwa panyelenggara sedang menjajaki opsi untuk menjadwal ulang acara dan berencana untuk memberikan pengalaman online SXSW virtual. Program dimulai dengan pemrograman berbasis pendidikan SXSW EDU.

“Kami memahami gentingnya situasi untuk semua materi iklan yang memanfaatkan SXSW untuk mempercepat karier mereka; untuk bisnis global; dan untuk Austin dan ratusan bisnis kecil – venue, teater, vendor, perusahaan produksi, staf industri jasa, dan mitra lain yang sangat bergantung pada peningkatan bisnis yang menarik SXSW,” lanjut pernyataan itu.

“Kami akan terus bekerja keras untuk membawakan Anda acara-acara unik yang Anda sukai. Meskipun memang benar bahwa acara bulan Maret 2020 kami tidak akan lagi berlangsung sesuai dengan yang kami maksudkan, kami terus berupaya mencapai tujuan kami – membantu orang-orang kreatif mencapai tujuan mereka. tujuan,” tulis mereka.

Pernyataan di situs web organisasi hak asasi berkinerja berbunyi, “Karena sangat berhati-hati, BMI telah memutuskan untuk membatalkan acara yang direncanakan di SXSW Festival tahun ini. Kesehatan dan keselamatan anggota tim kami dan penulis lagu kami sangat penting, dan kami menyesali ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh hal ini. Kami berharap dapat menampilkan musik yang luar biasa dari penulis lagu kami tahun depan di SXSW 2021. BMI menyelenggarakan berbagai jenis acara sepanjang tahun dan kami akan terus mengevaluasi yang berdasarkan kasus per kasus,” kata mereka.

Masih dilansir dari Billboard, Complex juga membatalkan acara showcase Pigeons and Planes di Empire Control Room. Sementara itu startup inkubator Austin, yakni Capital Factory mengumumkan bahwa mereka membatalkan rencana untuk mensponsori acara tersebut selama bagian Interaktif SXSW. Awal pekan ini, Facebook, Apple, Twitter, dan lebih dari selusin perusahaan lain mengumumkan bahwa mereka menarik diri dari acara tersebut.

Sampai akhir pekan lalu ada lebih dari 98.000 kasus coronavirus di seluruh dunia. Bedasar data WHO, hampir 3.400 orang meninggal disebabkan oleh virus yang menyebar 88 negara sejak mewabah pada akhir 2019 lalu.

Penerjemah: Nurul Hanna
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Hellfest 2019.

WHO Umumkan Saran Baru Untuk Acara Berskala Besar, “New Normal”nya...

Hellfest, festival rock dan metal paling besar di Perancis. World Health Organisation alias WHO telah mengeluarkan saran terbaru mereka tentang panduan dala

on Jun 4, 2020
Slay At Home

Tonton Sekarang! Slay At Home: Festival Seni & Musik Heavy Metal Virtu...

Dengan pembatalan dan penundaan jadwal konser dan festival musik di seluruh dunia akibat pandemi virus maderfaker-19, dan belum jelas juga kapan masa krisi

on Jun 4, 2020
David Guetta

David Guetta Dikecam Atas Remix Pidato Martin Luther King Jr. Yang “...

David Guetta / United at Home - Fundraising Live from NYC. (Foto: YouTube). Sepertinya sekarang kita memiliki soundtrack yang sesuai untuk iklan Pepsi “ng

on Jun 2, 2020
Festival Musik

Kostum APD Covid-19 Baru Didesain Spesifik Untuk Konser dan Festival M...

Micrashell oleh Production Club. Ketika para pejabat pemerintah sedang pusing merencanakan bagaimana cara membuka kembali negara mereka di tengah pandemi Co

on May 27, 2020