×
×

Search in Mata Mata Musik

Tahun 2020 Ini, Apakah V Masih Jadi Anggota BTS Yang Sering Disembunyikan?

Posted on: 08/12/20 at 6:30 am

Tahun 2020 Ini, Apakah V Masih Jadi Anggota BTS Yang Sering Disembunyikan?
V (BTS). (Foto: ImaZins via Getty Images).

Ada teori liar di antara fanbase BTS ARMY bahwa V dari raksasa boyband K-pop BTS disimpan sebagai anggota tersembunyi sebelum debut grup itu agar perusahaan lain nggak akan bisa merebutnya. Bisa jadi mungkin karena V sangat multi talenta, memiliki daya tarik visual, seorang vokalis grup terkenal dengan suara penuh perasaan yang unik dan pribadi yang tulus, dibuktikan dengan prestasi dan gelar yang nggak terhitung yang mengharumkan namanya. Namun hal-hal tertentu membuat fans bertanya-tanya “apakah V masih merupakan anggota BTS yang tersembunyi?”.

Baca juga: Fans V (BTS) di Cina Patungan Rp 1 Miliar Untuk Membangun Sekolah Dengan Nama V

BTS telah mengumumkan sebuah film baru dan promosi mereka sedang pada puncaknya, tetapi yang hilang adalah V dari setiap gambar promosinya. Beberapa outlet media terlihat memposting gambar promosi tanpa kehadiran V.

Ini bukan pertama kalinya dia “nggak sengaja” ditinggalkan, hal yang sama terjadi dengan film BTS terakhir yang dirilis pada Agustus 2019, di mana nama V hilang dari daftar anggota resmi BTS.

Idol K-pop tersebut telah diabaikan dalam berbagai kesempatan promosi dan itu membuat fans bertanya-tanya apakah V masih merupakan anggota BTS yang tersembunyi atau apakah itu ketidakmampuan media dalam memeriksa ulang konten mereka sebelum mempostingnya.

Mau itu karena kurangnya profesionalisme atau kesalahan yang disengajakan, nggak ada yang benar-benar yakin karena hal itu sudah terlalu sering terjadi. Apakah orang-orang yang bekerja untuk tabloid seperti itu merasa gajinya kurang cukup atau mereka memang kurang menganggap BTS cukup serius untuk nggak mengulangi “kesalahan” yang sama berulang kali?

Baca juga: Jelang Mixtape Solonya, V (BTS) Goda BTS ARMY Dengan Snippet Lagu Baru

Tagar #RespectBTSV telah menjadi trend di Twitter oleh penggemar sebagai seruan untuk menghentikan perlakuan yang dilontarkan kepada artis tersebut setelah kejanggalan Big Hit Entertainment saat merilis merchandise resmi dari Map of the Soul: Tour BTS. Merch yang dirancang dengan tulisan tangan anggota Bangtan Boys itu dirilis dan dijual di situs resmi mereka, tetapi penggemar mengetahui bahwa tanda tangan V nggak ada pada T-shirt L/S version.2 dan celana Jogger-nya.

Selama artikel promosi comeback BTS baru-baru ini, bagian solo V hilang dari sekitar 11 artikel “karena ada kesalahan”.

“V adalah orang yang mengingatkan fans untuk mencintai ketujuh anggota BTS itu, karena V pasti mengerti bagaimana rasanya tertinggal dan nggak mau ada yang merasa seperti itu. Dan Big Hit memperlakukannya seperti ini? Ini sudah tahun 2020 tapi hal-hal seperti ini tetap saja diulangi,” ujar salah satu penggemar.

Ada banyak contoh di mana V telah mengungkapkan keinginannya untuk mendapatkan rasa hormat dari penggemar sebagai penyanyi dan penggemar menyuarakan keprihatinannya dengan selalu membela dirinya, bagaimana dia nggak diberi bagian yang adil dalam lagu BTS dan waktu on-screen yang lebih banyak.

V juga merupakan satu-satunya anggota BTS yang nggak memiliki ucapan selamat ulang tahun BT21.

Dalam industri yang sangat didorong oleh hype dan promosi di mana kesuksesan bergantung pada bagaimana bakat seseorang dipromosikan dan seberapa banyak seseorang dianggap oleh dunia, ketidakhadiran V dalam begitu banyak pengumuman atau acara resmi pasti dapat menghambat visibilitasnya sebagai seorang seniman artis dan mungkin menjadi penyebab V kurang mendapat kesempatan yang adil.

Seorang penggemar loyal mungkin telah menunjukkan kesalahan yang nggak akan disadari oleh penggemar BTS biasa, yaitu ada info/foto anggota BTS yang hilang. Nggak ada artis dalam industri yang berbasis promosi akan dengan senang hati menyetujui untuk ditinggalkan dan disingkirkan. Nggak ada artis yang pantas untuk dilupakan atau diabaikan berulang kali dalam konten promo resmi grupnya dan itu hanya masuk akal jika penggemar merasa marah akibat pola kesengajaan yang aneh ini.

CEO dari Big Hit pernah menyebut penggemar sebagai seorang pelanggan, jadi pelanggan membayar untuk melihat setiap orang dalam grup, mereka merasa nggak dilayani sesuai dengan uang mereka jika mereka nggak bisa melihat setiap orang yang mereka telah bayar untuk lihat.

Lagipula, RM, pemimpin BTS, pernah mengatakan, “V mampu membawa penggemar baru, dia memiliki pesona yang dapat membuat orang-orang tertarik”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Big Hit

Big Hit Menjual Sahamnya Secara "Go Public" Yang Mencerminkan Minat Fa...

BTS. (Foto: Big Hit Entertainment). Big Hit Entertainment, agensi yang membentuk BTS, telah menetapkan harga saham mereka yang sedang dijual dengan IPO (Ini

on Sep 29, 2020
BTS-BLACKPINK-IYW

Inilah Peringkat Penyanyi K-Pop Paling Populer Edisi Bulan September 2...

30 peringkat keseluruhan penyanyi K-pop paling populer edisi bulan September 2020. (Foto: BTS, BLACKPINK, Im Young Woong via Soompi). The Korean Business Re

on Sep 28, 2020
BTS umumkan tanggal album baru

Umumkan Judul & Tanggal Rilis Resmi Album Baru, BTS Ungkap Konsep Kont...

Ok ARMY, ini pastinya kabar yang paling lo tunggu saat ini. Yoi, BTS telah menetapkan tanggal untuk comeback mereka berikutnya! Judul album baru dan tangga

on Sep 28, 2020
30 Peringkat Grup K-Pop Paling Populer Bulan September 2020

30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Septemb...

30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan September 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Sep 27, 2020