×
×

Search in Mata Mata Musik

Takut Jadi ‘Bencana Kemanusiaan’, Festival Alienstock Batal Digelar!

Posted on: 09/12/19 at 3:45 pm

Fyre Fest 2.0 berhasil dihindari!

Sepertinya, festival musik Alienstock yang sangat dinantikan di dekat Area 51 di Nevada tidak akan jadi digelar. Pihak penyelenggara—yang juga mengelola halaman Storm Area 51 yang viral di Facebook—mengumumkan mereka memutuskan untuk membatalkan acara menyusul masalah keamanan.

Dalam pernyataan resmi yang diunggah di situs web festival, penyelenggara menjelaskan festival selama tiga hari tersebut—yang rencananya diadakan di Rachel, Nevada minggu depan pada 20-22 September—dibatalkan karena kurangnya infrastruktur, perencanaan yang buruk, manajemen risiko dan pengabaian terang-terangan atas keselamatan 10.000+ calon pengunjung Alienstock. 

Penyelenggara juga mengatakan mereka telah “secara permanen mengakhiri” hubungan mereka dengan pemegang izin festival, Connie West, dan mengeklaim West gagal “memberikan kami bukti ketersediaan hal-hal yang diharapkan ada di festival ini.”

“Kami tidak tertarik, ataupun menoleransi keterlibatan dalam Fyre Fest 2.0. Kami meramalkan kemungkinan bencana kemanusiaan yang akan terjadi, dan kami tidak dapat ikut serta dalam kapasitas apa pun pada saat ini,” tulis pernyataan itu.

Tapi pesta alien ini belum berakhir! Sehubungan dengan pembatalan festival yang mendadak, pendiri Matty Roberts mengungkapkan di Facebook bahwa acaranya kini berganti nama menjadi Area 51 Celebration dan sebagai gantinya akan berlangsung di Downtown Las Vegas Events Center. Acara gratis selama satu hari yang diadakan pada 19 September ini akan menampilkan line-up rahasia yang dikuratori oleh Collective Zoo. 

Meski begitu, West masih merencanakan festival Alienstock versinya sendiri di Rachel. “Saya akan melakukan ini dengan skala saya sendiri,” ungkapnya kepada outlet berita KVVU-TV. “Saya akan melakukan ini dengan cara yang saya ketahui dan yang telah saya rencanakan karena saya tidak tahu cara lain untuk melakukannya. Tapi ini masih akan terjadi.”

“Saya sedih dan patah hati, tetapi pada saat yang sama, itulah yang terjadi,” tambah West. “Kalau [Roberts] memilih untuk pergi ke tempat lain, itu pilihannya. Saya masih akan mengadakan pesta karena orang-orang masih akan datang ke Rachel.” Menurut situs web resmi kota Rachel, acara ini akan menampilkan sederet band-band lokal.

Bulan lalu, warga Rachel menyuarakan kekhawatiran mereka karena adanya ribuan pengunjung pesta yang menghadiri festival musik di kota mereka, dan dilaporkan meminta orang-orang tersebut untuk “menjauh” dari area itu.

Keterangan Foto Utama: Alienstock rencananya akan digelar dekat Area 51, Nevada. (Foto: David Becker/Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Neon Lights 2019

Neon Lights 2019 Tambahkan King Gizzard & the Lizzard di Lineup-nya!

Selain King Gizzard & the Lizzard Wizard, lineup Neon Lights tahun ini juga akan menyertakan Gus Dapperton dan Cosmo’s Midnight. Festival musik dan se

on Sep 13, 2019
Spotify On Stage 2019

Spotify On Stage 2019 Makin Seru Dengan Kehadiran Rich Brian!

Selain Rich Brian, (G)I-DLE dan ATEEZ dijadwalkan akan menambah keseruan Spotify On Stage 2019 bersama empat musisi lokal yang sedang naik daun sebagai special

on Sep 11, 2019
Tiffany Young & Lee Hi meriahkan Super K-Pop Festival Indonesia 2019

SKF Indonesia 2019 Umumkan Nama Baru di Daftar Penampilnya!

Super K-Pop Festival Indonesia 2019 yang akan digelar selama dua hari ini mendatangkan nama-nama populer seperti Tiffany Young, Red Velvet, D&E SuJu. Su

on Aug 17, 2019
Primal Scream

Primal Scream Muncul di Line Up Soundrenaline 2019

Band garage rock asal Inggris ini untuk pertama kalinya akan tampil di Indonesia. Baca Juga: Primal Scream Umumkan Maximum Rock ‘N’ Roll: The Singles

on Aug 14, 2019