×
×

Search in Mata Mata Musik

Taylor Swift Dilarang Nyanyi Lagu Lamanya di AMA 2019

Posted on: 11/15/19 at 3:07 pm

Penampilan Taylor Swift di American Music Awards terancam, begitu pula masa depan film dokumenter barunya di Netflix. Menurut sang superstar, perseteruan yang masih berlanjut dengan mantan manajer musiknya yang “tiranis”, Scooter Braun dan Scott Borchetta, menjadi dalang di balik masalah ini.

Baca juga: Shawn Mendes Nyanyi tentang Camila di Remix Lagu Taylor Swift “Lover”

“Saya tidak tahu harus berbuat apa lagi,” kata Swift di Twitter, disertai tangkapan layar tulisan panjang di mana dia mengeklaim Borchetta dan Braun, yang memegang hak atas album-album lamanya, tidak mengizinkannya membawakan karyanya sendiri di AMA mendatang. Taylor sendiri dilaporkan akan menerima penghargaan Artist of the Decade di ajang tersebut.

Swift juga mengumumkan, selama tiga tahun terakhir Netflix telah membuat film dokumenter tentang hidupnya. “Saya tidak berencana memberitahu berita ini ke kalian dengan cara seperti ini,” tulisnya.

Perseteruan seputar musik Swift cukup sering mencuat ke ruang publik sejak penyanyi “Lover” ini keluar dari Big Machine Label Group dan bergabung dengan Universal Music Group pada November 2018. Pendiri dan kepala eksekutif BMLG, Borchetta, menggaet Taylor Swift dari umur 14 tahun, dan selama berada di bawah asuhannya, Taylor telah merekam enam album.

Di UMG, Swift diperbolehkan memiliki hak atas rekaman masternya di label itu—sesuatu yang tidak dia miliki di BMLG.

Baca juga: Rayakan Singles’ Day, Taylor Swift Boyong Album Baru ke Shanghai

Pada bulan Juni Borchetta menjual BMLG, dan bersamaan dengan itu rekaman master Taylor, ke Braun—yang mengelola Justin Bieber dan Kanye West—pria yang diklaim Taylor telah melakukan “intimidasi manipulatif yang terus-menerus” terhadapnya selama bertahun-tahun.

Sebagai cara untuk mendapatkan kembali kendali atas musiknya, Swift mengatakan pada Agustus lalu, dia berencana merekam versi tiruan dari katalog lamanya mulai November tahun depan.

Dalam tulisan yang diunggah ke Twitter, Swift mengatakan dia sebelumnya berencana membawakan serangkaian lagu-lagu hitnya dari sepanjang dekade di panggung AMA, yang akan disiarkan langsung di televisi AS.

Namun Taylor juga mengatakan, Braun dan Borchetta memberitahunya kalau dia “tidak diizinkan menampilkan lagu-lagu lama di televisi karena itu dianggap sebagai perekaman ulang musik[-nya] sebelum [dia] diperbolehkan tahun depan.”

Braun dan Borchetta juga memperumit pengerjaan dokumenter Taylor di Netflix dengan menolak penggunaan musik lamanya atau rekaman penampilannya untuk proyek tersebut, “meskipun mereka ataupun Big Machine Records tidak disebutkan dalam film,” ujar Swift.

Dia mengeklaim, Borchetta akan mengizinkan penggunaan aset jika Swift setuju untuk tidak merekam ulang lagu-lagunya tahun depan dan tidak ikut campur dalam urusan Borchetta dan Braun.

BMLG dikabarkan memperoleh hingga 80 persen pendapatannya dari musik Swift.

“Pesan yang dikirimkan kepada saya sangat jelas,” tulis Swift. “Pada dasarnya, [saya diminta] jadi anak kecil yang baik dan tutup mulut. Atau [saya] akan dihukum. Ini salah …

“Sekarang, penampilan saya di AMA, dokumenter Netflix dan semua acara yang direkam lainnya yang saya rencanakan akan mainkan hingga November 2020 menjadi tanda tanya. Saya sudah mencoba menyelesaikan ini secara kekeluargaan melalui tim saya tetapi belum bisa menyelesaikan apa pun.”

Dia kemudian mengajak para fans untuk “beri tahu Scott Borchetta dan Scooter Braun bagaimana tanggapan kalian tentang ini.”

Dia juga secara tidak langsung meminta bantuan dari artis-artis lain yang dikelola Braun, dengan mengatakan dia berharap “mungkin mereka bisa membujuk pria yang melakukan pengendalian tiranis atas seseorang yang hanya ingin memainkan musik yang ditulisnya.”

Baca juga: Kelly Clarkson Memukau Fans dengan Cover Lagu Taylor Swift “Delicate”

“Saya merasa, menceritakan apa yang terjadi pada saya dapat mengubah tingkat kesadaran bagi artis lain dan mungkin membantu mereka menghindari nasib yang sama,” tulis Swift.

“Saya hanya ingin menampilkan musik saya sendiri. Itu saja.”

Baik Braun maupun Borchetta hingga saat ini belum menanggapi klaim tersebut.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Chris Young Gavin DeGraw

Chris Young & Gavin DeGraw Bikin Nangis Penonton dengan 'Drown...

Chris Young dan Gavin DeGraw menyajikan penampilan yang intens dalam episode terbaru CMT Crossroads. Penyanyi country ini bergabung dengan DeGraw di atas pa

on Dec 13, 2019
Lizzo

Lizzo Kantongi 2 Titel Entertainer of the Year Sekaligus!

Tahun lalu, mungkin hanya segelintir orang yang tahu tentang Lizzo. Tapi sekarang, kalau ada yang bertanya siapa Lizzo, kemungkinan mereka akan disuguhkan deng

on Dec 12, 2019
Halsey

Halsey Dedikasikan “Without Me” untuk Juice WRLD

Selasa malam (10/12), Halsey memberikan penghormatan kepada teman sekaligus kolaboratornya, Juice WRLD. Dalam set-nya di konser Pandora Live di Brooklyn, Ha

on Dec 12, 2019
Andmesh Kamaleng

Mengenal Lebih Dekat Andmesh Kamaleng, Penyanyi Muda nan Bijaksana

Belum lama ini, Andmesh Kamaleng hadir dalam seri #NebengBoy milik Boy William di YouTube. Dalam klip yang tayang pada hari Minggu kemarin (8/12), Andmesh tida

on Dec 11, 2019