×
×

Search in Mata Mata Musik

Taylor Swift Rilis Lagu Baru Bersama Brendon Urie

Posted on: 04/26/19 at 1:40 pm

Setelah berminggu-minggu mengeluarkan teaser, Taylor Swift kembali dengan single baru dan video musiknya menjelang kehadiran album studio ketujuhnya.

Setelah berminggu-minggu mengeluarkan teaser, Taylor Swift kembali dengan single baru dan palet warna yang segar menjelang kehadiran album studio ketujuhnya.

“Me!,” lagu pop ceria dari penyanyi dan penulis lagu berusia 29 tahun, bersama vokalis P!ATD, Brendon Urie, dilepas perdana di layanan streaming lengkap dengan video musiknya di YouTube pada tengah malam hari Jumat (waktu ET), setelah diadakan countdown selama 13 hari—angka keberuntungan Swift—dan serangkaian petunjuk lain dan telur Paskah yang ditujukan untuk para penggemar setianya yang dikenal sebagai Swifties.

Baca Juga: Jason Mraz Berkolaborasi Dengan Reneé Dominique!

Dengan bunyi alat tiup dan lirik yang cerah seperti “You can’t spell awesome without me,” lagu yang menyenangkan ini—yang diproduseri oleh Joel Little (Lorde, Khalid) dan Swift, dan ditulis oleh Swift, Little dan Urie—adalah perubahan yang dramatis dari lagu utama Swift sebelumnya, “Look What You Made Me Do,” yang dirilis pada Agustus 2017.

Menggunakan bunyi yang lebih keras dan konten visual yang sebagian besar berwarna hitam putih, lagu itu dan album Swift setelahnya, Reputation, memperlihatkan sang penyanyi bergulat dengan reaksi negatif— dan merangkul citra sebagai ular—sekaligus menyinggung drama yang telah lama membara antara dirinya dengan rapper Kanye West dan istrinya, Kim Kardashian West.

“Me!” adalah lagu yang lebih ceria, dan disajikan dalam baluran opal, warna-warna pastel musim semi, pelangi, kucing dan kilauan. Saat video musiknya dimulai, ular dalam bentuk CGI meledak menjadi sekumpulan kupu-kupu yang penuh warna.

Pada Kamis kemarin, Swift mengejutkan para penggemarnya, yang telah menciptakan berbagai teori rumit terkait foto promosinya, di depan mural kupu-kupu karya artis Kelsey Montague—yang dikemas dengan “petunjuk tentang lagu dan musik baru,” kata Swift di Instagram—di kampung halaman yang dia adopsi, Nashville.

“Kalian semua luar biasa bisa menebak ini,” katanya kepada penggemarnya yang datang, “karena tidak ada yang tahu kami akan datang, tidak ada yang tahu ini adalah bagian dari kegiatan promosi.”

Swift juga muncul sebentar di draf N.F.L. pada Kamis malam, bersama Robin Roberts dari ABC. “‘Me!’ adalah lagu tentang merangkul individualitasmu dan benar-benar merayakannya dan menonjolkannya,” kata Swift.

“Dengan lagu pop, kita punya kemampuan untuk menjadikan melodinya menyangkut di kepala orang. Saya hanya ingin lagu ini menjadi lagu yang membuat mereka merasa lebih baik tentang diri mereka, bukan lebih buruk.”

Videonya—yang menampilkan kucing peliharaan Swift, gambar anak ayam yang memakai kaca mata hitam dan cuplikan potret Dixie Chicks di belakang—disutradarai oleh Swift dan Dave Meyers, yang terkenal akan karyanya bersama Kendrick Lamar, Missy Elliott dan Pink.

Meskipun Swift telah mengisyaratkan kalau akan ada musik baru lainnya, dia tidak memberikan detail tambahan tentang kemungkinan adanya album baru, yang disebut oleh para Swifties sebagai “TS7” sebagai pengganti judul publiknya.

Swift dijadwalkan muncul kembali bersama Roberts di Good Morning America pada hari Jumat, dan acara itu juga mengisyaratkan adanya kejutan lain yang akan datang.

Bulan November lalu, Swift mengumumkan telah menandatangi kontrak multi-tahunan dan multi-album baru dengan Universal Music Group dan anak perusahaannya, Republic Records, setelah lebih dari satu dekade sebagai artis utama di label yang berbasis di Nashville, Big Machine.

Sebagai bagian dari kontrak barunya, Swift akan memiliki rekaman master-nya ke depannya, dan di YouTube, video musik “Me!” dikreditkan ke Taylor Swift Productions, Inc.

“Saya merasa sangat termotivasi oleh peluang baru yang diciptakan oleh dunia streaming dan lanskap industri kita yang terus berubah,” tulisnya dalam sebuah pernyataan saat itu.

Swift sebelumnya berurusan dengan layanan streaming seperti Spotify dan Apple Music atas tarif royalti, terkadang menahan lagu-lagunya sebagai bentuk protes. Tetapi perilisan “Me!” tetap mengikuti tren industri saat ini dan tersedia di seluruh layanan besar. (On-demand streaming kini merupakan konsumsi musik terbesar di AS.)

Sementara Reputation memiliki debut yang cukup besar, terjual lebih dari satu juta salinan di minggu pertamanya, dan telah meraih tiga sertifikat platinum, mencapai jumlah yang setara dengan penjualan tiga juta album (sebagian melalui pemutaran digital), album itu tidak terlalu diterima dengan hangat oleh para kritikus ketimbang karya Swift sebelumnya.

Di Grammy Award tahun ini, Reputation hanya meraih nominasi untuk Best Pop Vocal Album, kalah dari album Ariana Grande Sweetener. Swift telah membawa pulang 10 piala  Grammy dalam kariernya, termasuk dua untuk kategori Album of the Year.

Namun, Swift tetap menjadi raksasa musik pop. Tur internasionalnya, Reputation Stadium Tour, dilaporkan meraup $345,7 juta selama tujuh bulan, dan menghasilkan film konser yang dirilis di Netflix pada malam tahun baru.

Dia belum lama ini muncul di sampul majalah Elle dan Time dan, selain musik barunya, akan ikut membintangi adaptasi film Cats yang akan mendatang, yang dijadwalkan rilis bulan Desember ini.

Keterangan Foto Utama: Taylor Swift gandeng Brendon Urie di single barunya. (Foto: via Just Jared)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Taylor Swift

    Taylor Swift Rilis Lebih Awal 'Wildest Dreams' Setelah Trending Di Tik...

    Foto: Beth Garrabrant. Taylor Swift nama dan lagunya belakangan ini ramai di TikTok. Yaitu single doi rilisan 2015 berjudul 'Wildest Dreams' yang menjadi tr

    on Sep 18, 2021
    Musisi Terkaya Tahun 2020

    40 Urutan Peringkat Musisi Terkaya Tahun 2020 Versi Billboard AS

    Billboard kembali dengan daftar tahunan Money Makers alias "Pencetak Uang" yang terdiri dari 40 artis musisi terkaya tahun 2020. Uang yang diraih dari berb

    on Jul 21, 2021
    MMM Playlist Juni 2021 #1 Top 20 Internasional

    MMM Playlist Juli 2021 #1: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist edisi bulan Juli 2021 minggu pertama untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun waktu b

    on Jul 9, 2021
    Big Red Machine & Taylor Swift

    Big Red Machine Bersinergi Dengan Taylor Swift Via Single 'Renegade'

    Big Red Machine dan Taylor Swift (Kolase: Graham Tolbert, foto: Graham Tolbert, James Reynolds). Big Red Machine adalah nama proyek kolaborasi dari Justin V

    on Jul 3, 2021