×
×

Search in Mata Mata Musik

Taylor Swift Ungkap Blak-Blakan Detail Album “Fearless” Versi Rekaman Ulang

Posted on: 02/14/21 at 10:00 am

Taylor Swift Ungkap Blak-Blakan Detail Album "Fearless" Versi Rekaman Ulang
Taylor Swift, November 2019. (Foto: Matt Winkelmeyer/Getty Images for dcp).

Sejak 2019, Taylor Swift berjanji akan merekam ulang enam album pertamanya sebagai upaya untuk mendapatkan kembali hak kepemilikan musiknya setelah mantan manajernya, Scooter Braun membeli masternya. Pada 11 Februari lalu, Taylor secara resmi meluncurkan kampanye di Good Morning America yang mengumumkan bahwa album rilisan tahun 2008-nya, Fearless akan menjadi yang pertama dirilis dalam bentuk rekaman ulang, yang kini diperluas menjadi 26 lagu dan berjudul Fearless (Taylor’s Version). Album ini akan dirilis pada 9 April yang telah dikonfirmasi di situs webnya.

Baca juga: Scooter Braun Diam-Diam Jual Master 6 Album Taylor Swift Senilai Rp 4,2 Triliun

Taylor Swift menulis dalam catatan bahwa 26 lagu ini akan mencakup 6 lagu yang belum pernah dirilis— “lagu yang membunuhku untuk ditinggalkan” — yang doi tulis antara di usia 16 dan 18 tahun. “Artis harus memiliki karya mereka sendiri karena berbagai alasan, tetapi yang paling jelas terlihat adalah bahwa artis adalah satu-satunya orang yang benar-benar ‘tahu’ tentang karya tersebut. Misalnya, hanya aku yang tahu lagu mana yang aku tulis yang hampir menjadi album Fearless. Lagu yang benar-benar aku sukai, tetapi ditahan karena alasan yang berbeda, misalnya enggak mau terlalu banyak lagu (tentang) putus cinta, enggak mau terlalu banyak lagu bertempo rendah, enggak bisa memuat banyak lagu dalam CD fisik”.

Versi baru ini, tambahnya, adalah “keseluruhan cerita, keseluruhan gambaran yang hidup…. seluruh pemandangan mimpi yang merupakan album Fearless aku”.

Pada tahun 2019, Scooter Braun dan perusahaan induk medianya, Ithaca Holdings LLC mengakuisisi Big Machine Records — mantan label rekaman yang menaungi Taylor Swift — beserta master album-album pertama Taylor (termasuk Taylor Swift, Speak Now, Red, 1989, dan Reputation). Enggak lama setelah berita itu tersebar, Taylor merilis pernyataan di Tumblr yang mengungkapkan kemarahannya atas kesepakatan itu. Selain menuduh Braun “terus-menerus melalukan penindasan manipulatif”, Taylor mengklaim bahwa doi enggak pernah ditawari kesempatan untuk membeli masternya sendiri sebelum Ithaca Holdings mengakuisisi Big Machine. Scott Borchetta dari Big Machine Label Group membantah pernyataan Taylor tentang peristiwa itu dalam suatu wawancara di media.

Beberapa hari sebelum penampilan live-nya di American Music Awards 2019, Taylor Swift merilis pernyataan di media sosial yang mengklaim bahwa Braun dan Borchetta berusaha mencegahnya membawakan lagu-lagu era Big Machine di AMA. Doi mengklaim mereka juga berusaha memblokir pertunjukan live dari lagu-lagu dari era lama itu dari film dokumenter Taylor Swift di Netflix, Miss Americana. Doi bilang kedua pria itu berpendapat bahwa membawakan lagu-lagu lamanya di siaran AMA merupakan “perekaman ulang” —doi secara hukum enggak diizinkan untuk memulai proses itu hingga tahun 2020. Namun, pada hari pertunjukannya, doi tampil membawakan seluruh lagu hits rentang kariernya secara medley sambil mengenakan kemeja putih bertuliskan judul enam album pertamanya. Silakan lo tonton video penampilan spektakulernya di bawah ini.

November 2020 lalu, dilaporkan bahwa Braun menjual master Taylor Swift ke perusahaan investasi swasta bernama Shamrock Capital (didirikan oleh keponakan Walt Disney, Roy Disney). Taylor mengklaim dalam suatu pernyataan bahwa doi ditawari kesempatan untuk “bermitra” dengan Shamrock, tetapi menolak ketika doi mengetahui bahwa Braun akan terus mendapatkan keuntungan dari master-nya sebagai bagian dari penjualan itu. Pada bulan Desembernya, Taylor menampilkan versi rekaman ulang lagu dari album Fearless miliknya, ‘Love Story’ dalam iklan ‘Match Made in Hell’ yang dibintangi oleh Ryan Reynolds.

Baca juga: Rayakan HUT Ke-31, Taylor Swift Kasih Surprise Fans Dengan Album Baru Lagi!

Go Taylor go, Taylor! Kami mendukungmu sepenuhnya. Dengarkan lagu ‘Love Story (Taylor’s Version)’ yang telah dirilis sejak 12 Februari lalu.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Musisi Terkaya Tahun 2020

    40 Urutan Peringkat Musisi Terkaya Tahun 2020 Versi Billboard AS

    Billboard kembali dengan daftar tahunan Money Makers alias "Pencetak Uang" yang terdiri dari 40 artis musisi terkaya tahun 2020. Uang yang diraih dari berb

    on Jul 21, 2021
    MMM Playlist Juni 2021 #1 Top 20 Internasional

    MMM Playlist Juli 2021 #1: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist edisi bulan Juli 2021 minggu pertama untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun waktu b

    on Jul 9, 2021
    Big Red Machine & Taylor Swift

    Big Red Machine Bersinergi Dengan Taylor Swift Via Single 'Renegade'

    Big Red Machine dan Taylor Swift (Kolase: Graham Tolbert, foto: Graham Tolbert, James Reynolds). Big Red Machine adalah nama proyek kolaborasi dari Justin V

    on Jul 3, 2021
    Taylor Swift

    Taylor Swift Siap Rilis Versi Rekaman Ulang Album "Red", Taylor's Vers...

    Sampul album Taylor Swift Red (Foto: dok. Taylor Swift). Taylor Swift telah mengungkapkan bahwa Red adalah album berikutnya yang akan dirilis sebagai bagian

    on Jun 21, 2021