×
×

Search in Mata Mata Musik

Telah Tercipta Perangkat Baru Yang Memancarkan Musik Ke Kepala Tanpa Headphone

Posted on: 11/15/20 at 10:30 am

Telah Tercipta Perangkat Baru Yang Memancarkan Musik Ke Kepala Tanpa Headphone
SoundBeamer 1.0.

Raksasa IT, Apple telah merevolusi industri dengan produk peredam bising audionya, AirPods, tetapi ada satu perusahaan Israel yang kehadirannya berpotensi untuk mengambil tahta bisnis mereka. Menurut Associated Press, Noveto Systems – nama perusahaan Israel itu, telah menemukan produk baru yang dapat mengalirkan atau memancarkan audio musik langsung ke kepala lo – tanpa perlu earbud atau implan otak. Wow!

Baca juga: PEEX, Audio Mixer Yang Digadang Jadi Masa Depan Musik Live

Perangkat tersebut dinamakan SoundBeamer 1.0. Perangkat ini dilaporkan bekerja dengan membuat gelembung suara personal untuk pengguna dengan audio 3D pilihan mereka – baik itu dari album musik, film, atau video game – sambil memfilter suara alami yang sudah terjadi di sekitar mereka. Manfaat menggunakan SoundBeamer 1.0 adalah lo mendapatkan pengalaman suara surround dari audio yang sesuai tanpa rasa sakit headphone atau nggak berhubungan dengan lingkungan lo.

Untuk membuat “suara berseri” berfungsi, teknologi ini menggunakan modul penginderaan 3D untuk menemukan dan melacak posisi telinga, lalu mengirimkan audio melalui gelombang ultrasonik yang membentuk “kantong suara” di telinga. Pengguna dapat mendengar audio dalam mode stereo atau spasial 3D dengan efek 360 derajat. Tonton video yang mendemonstrasikan teknologi di bawah artikel ini.

“Kamu nggak percaya karena terdengar seperti pengeras suara, tetapi nggak ada orang lain yang dapat mendengarnya,” kata Manajer Produk SoundBeamer Ayana Wallwater kepada AP. “Itu mendukung kamu dan kamu berada di tengah-tengah segalanya. Itu terjadi di sekitar kamu”.

“Kamu nggak perlu memberi tahu perangkat di mana kamu berada. Ini nggak mengalir ke satu tempat yang tepat. Ini mengikuti kamu kemana pun kamu pergi,” lanjutnya. “Inilah yang kami impikan: Dunia tempat kami mendapatkan suara yang kamu inginkan. Kamu nggak perlu mengganggu orang lain dan orang lain nggak akan terganggu oleh suara kamu. Tapi kamu masih bisa berinteraksi dengan mereka”.

Noveto Systems berharap Soundbeamer 1.0 siap untuk dirilis kepada publik konsumen pada Desember 2021.

Baca juga: Menurut Elon Musk, Manusia Akan Bisa Dengarkan Musik Lewat Chip Dalam Otak

Tentu saja, kita akan lalai, belum lagi upaya Elon Musk untuk menghilangkan kebutuhan terhadap headphone. Start-up terbarunya, Neuralink, mengembangkan chip otak komputer dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan perangkat eksternal. Secara teori, lo akan dapat mendengarkan lagu hanya dengan memikirkan judulnya. Goks ye!

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter