×
×

Search in Mata Mata Musik

Terinspirasi Dari Mimpi, Saturia Lepas Single ‘Lucid’ Yang Lebih Melankolis

Posted on: 11/23/20 at 11:30 am

Terinspirasi Dari Mimpi, Saturia Lepas Single 'Lucid' Yang Lebih Melankolis
Saturia.

Bagi pembaca lama MataMata Musik, pasti belum lupa ingatan dengan Saturia, band rock asal Yogyakarta yang menjadi juara Turnamen 32 Lagu Rock Indonesia Terbaik beberapa bulan lalu berkat single perdananya, ‘Manic’. Nah, sekarang mereka kembali dengan single keduanya yang terinspirasi dari mimpi.

Baca juga: Inilah Sang Juara Turnamen 32 Lagu Rock Indonesia Terbaik 2020!

Pernah nggak lo mengalami mimpi yang bisa dikontrol? Seperti layaknya film, lo yang menjadi sutradara. Secara ilmiah, mimpi seperti itu disebut dengan istilah Lucid Dream. Lucid Dream adalah mimpi yang disadari. Saat tidur, pemimpi mampu ikut aktif dan mengubah pengalaman imajinasi pada mimpinya.

Setelah sukses merilis single pertamanya ‘“Manic’, band rock asal kota pelajar ini kembali merilis single keduanya yang berjudul ‘Lucid’. Pemilihan Lucid diambil dari istilah dalam ilmu psikologi di mana mimpi yang menyebabkan lo mendapat kenyataan bahwa lo sedang bermimpi atau dikenal dengan Lucid Dream.

Dalam single ini, Saturia yang formasi terdiri dari Adit (vokal), Pandu (gitar), Lion (gitar), Martin (bass), dan Mico (dram) seolah ingin menyampaikan bahwa setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menikmati patah hati. Menjadikan mimpi sebagai perantara untuk mengubah patah hati menjadi suatu harapan.

Menurut Mico, konsep lucid dream menjadi menarik karena mungkin hanya di mimpi harapan-harapan tersebut dapat diwujudkan. Ide tersebut muncul atas pemikiran dimana orang yang sedang patah hati pasti mempunyai harapan-harapan yang tidak bisa tersampaikan karena hubungan yang harus selesai.

Artwork single 'Lucid' oleh Saturia.
Artwork single ‘Lucid’ oleh Saturia.

Berbeda dengan single pertamanya, aransemen musik pada single ‘Lucid’ kali ini dibawakan berbeda. Nggak seperti biasanya, ‘Lucid’ terdengar lebih melankolis dan retrospektif dari single sebelumnya. Pendengar seakan diajak ke alam mimpi yang dapat dikendalikan. Hal tersebut diperkuat dengan efek suara string dan progresi musik yang semakin naik.

Single ini memang dibuat dengan rasa seperti kita lagi dengerin di dalam mimpi, tetap ada emosi pada lagunya, cuma nggak menggebu-gebu karena harapan biasanya diucapkan dalam doa yang tenang,” tutur Lion. Sedangkan Martin berpendapat “kami cenderung membuat single kali ini lebih easy listening, siapa tahu bisa jadi soundtrack keseharian atau malah kehidupanmu”.

Proses rekaman dram, vokal, dan bass digarap di Satrio Piningit Studio, Yogyakarta. Sementara itu, proses rekaman gitar digarap di tempat yang berbeda, yaitu Pippo’s Studio, Yogyakarta. Sedangkan, mixing dan mastering dikerjakan oleh Pandu Wicaksono.

Pengerjaan single ‘Lucid’ dibantu oleh beberapa pihak antara lain Gabrielle Tio pada vokal latar dan Adiyatma Raharjo sebagai String Arranger. Selain itu artwork pada single ini dikerjakan oleh @hyperion.artwork dan Stefanie Cindy sebagai talent pada teaser video.

Baca juga: Sixtet Ska Asal Cirebon Jamessteady Kembali Dengan EP “Riot City Rockers”

‘Lucid’ sudah bisa dinikmati melalui platform digital Spotify, iTunes, dan YouTube.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Woodplane

Dengan Single 'Nuraga', Woodplane Mengajak Mencintai Alam Penuh Rasa S...

Setelah sekian lama vakum sejak rilisan terakhir, album Urban Drama tahun 2018 lalu, Woodplane akhirnya kembali ke dapur rekaman dan kembali produktif di t

on Jan 18, 2021
Musisi Alih Profesi

10 Musisi Rock Yang Meninggalkan Musik Demi Mengejar Karier Lain

Ki-ka: Dave Rowntree (Blur), Greg Graffin (Bad Religion), Dan Spitz (eks-Anthrax)/insert foto, Terry Chimes (eks-The Clash). Mengejar atau meniti karier mus

on Jan 17, 2021
Rocker

Beginilah Reaksi Para Rocker AS Terhadap Aksi Protester Pro-Trump Yang...

Invasi protester pro-Trump di gedung US Capitol. (Foto: Anadolu Agency via Getty Images). Para rocker beken berikut ini: Paul Stanley (KISS), Tommy Lee (Mot

on Jan 8, 2021
Gene Simmons

Gene Simmons (KISS) Anggap “Rock Sudah Mati” dan Puji Billie Eilis...

Gene Simmons. (Foto: Harry How/Getty Images). Bassis/vokalis KISS, Gene Simmons mengulangi pernyataan sebelumnya bahwa "rock sudah mati", dengan mengatakan

on Jan 3, 2021