×
×

Search in Mata Mata Musik

Terkait Corona, Disparekraf Godok Panduan Untuk Konser Musik

Posted on: 03/6/20 at 3:39 pm

Hammersonic Festival
Hammersonic Festival 2019, Carnaval Beach Ancol, Jakarta (Foto: Revision Live).

Wabah virus Corona, turut berpengaruh pada pergelaran festival, konser dan acara musik lainnya. Sederet festival dan konser musik ditunda, demi antisipasi dan keamanan. Lantas, bagaimana ya perhatian pemerintah terhadap acara musik di tengah wabah Corona?

Dinas Pariwisata ternyata sedang menggarap Standar Operasional Prosedur (SOP) atau panduan untuk konser musik di Tanah Air. Nantinya, panduan itu akan disosialisasikan kepada setiap penyelenggara. Tidak hanya acara musik, namun juga acara lainnya yang melibatkan banyak pengunjung.

“Tingkat resikonya ‘kan beda-beda setiap acara, ‘kan banyak bukan cuman event musik saja yang kita pikirkan, ada event olahraga, ada seminar, itu ‘kan punya resiko yang berbeda-beda. Setiap resiko ‘kan manajemennya juga nggak sama,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia saat dihubungi Mata Mata Musik pada Kamis, 5 Maret 2020.

Pertimbangan manajemen resiko itu lah, yang membuat SOP ini tidak bisa digarap dalam waktu singkat. Dalam menggarapnya, Disparekraf mengaku menggandeng sejumlah stakeholder demi merangkul semua pendapat. Cucu berharap hasilnya segera dipublikasikan.

“Semoga panduannya segera keluar, (perbedaan resiko setiap event) yang membuat kita nggak bisa putuskan cepat, kalau kita persamakan nanti saling complain. Misalnya, kalau festival musik ‘kan resikonya lebih tinggi karena ‘kan pengunjung dempetan (berdekatan), seminar yang (pengunjungnya) berjauhan ‘kan juga beda,” ujar dia.

Cucu mengatakan bahwa untuk sejumlah event akan ada regulasi yang lebih spesifik. Namun sejumlah regulasi akan diberlakukan ke setiap event yang melibatkan banyak pengunjung. Regulasi umum tersebut di antaranya pengukuran suhu tubuh dan penempatan antiseptik di lokasi event.

Semoga wabah Corona nggak menambah daftar acara musik yang ditunda, ya!

Penulis: Nurul Hanna
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Hammersonic Slipknot

    Hammersonic Festival Resmi Dijadwal Ulang Ke Maret 2022 & Dijamin Tida...

    Hammersonic Festival adalah event musik akbar yang paling ditunggu tiap tahunnya oleh para penggemar musik rock dan heavy metal di Indonesia dan negara-neg

    on Dec 28, 2020
    Knotfest Japan

    Knotfest Japan Resmi Mundur Ke 2022, Apakah Hammersonic Festival Juga ...

    Panggung megah konser Slipknot di Dublin, Irlandia, 14 Januari 2020. (Foto: Knotfest). Senasib dengan Hammersonic Festival 2020 yang diundur menjadi awal 20

    on Dec 2, 2020
    Hammersonic Festival

    Slipknot dan Hammersonic Resmi Kembali Pada Januari 2021 Secara "New N...

    Di tengah berita pembaruan statistik ODP, PDP, OTG virus Corona dari media-media mainstream yang tak lagi kredibel dan cenderung menyesatkan serta memuakka

    on Jun 11, 2020
    Playlist Spotify Hammersonic 2020 Hari 2.

    Playlist Spotify Hammersonic 2020 Hari Kedua Yang Seharusnya Kita Tont...

    Yup, inilah playlist lanjutan dari playlist hari pertama Hammersonic Festival 2020 yang gagal terselenggarakan gara-gara "Vid-Covad-Covid-Paman-Dolid-Pakai

    on Mar 28, 2020