×
×

Search in Mata Mata Musik

Ternyata Alexi Laiho Punya Band Tribute To DEATH, Yuk Dengarkan Rekamannya!

Posted on: 01/8/21 at 10:30 am

Ternyata Alexi Laiho Punya Band Tribute To DEATH, Yuk Dengarkan Rekamannya!
Alexi Laiho / Chuck Schuldiner. Two fallen guitar heroes.

Tahun 2021 ini diawali dengan berita yang nggak enak didengar dan menyesak di dalam dada. Pada hari Senin, 4 Januari lalu, dunia metal dikejutkan dengan obituari Alexi Laiho, mantan frontman Children Of Bodom, di usianya yang baru 41 tahun.

Baca juga: Alexi Laiho, Vokalis & Gitaris Metal Shredder Eks-Children Of Bodom Tutup Usia

Dan baru-baru ini seorang jurnalis musik bernama Björn “Nalle” Österman ternyata masih menyimpan dua rekaman audio live konser band “Tribute to Chuck Schuldiner (Death)” yang dinyanyikan oleh Alexi Laiho. Dan menurut Björn sekarang adalah momen yang sangat tepat untuk merilis rekaman tersebut sebagai penghormatan kepada Alexi Laiho sekaligus mendiang mastermind Death, Chuck Schuldiner.

Pada tanggal 1 Maret 2002, digelar sebuah konser “Tribute to Chuck Schuldiner (Death)” di Nosturi di Helsinki, Finlandia. Konser ini digelar nggak lama setelah Chuck Schuldiner meninggal akibat kanker otak pada tanggal 13 Desember 2001 di usia 34 tahun. Ada empat band yang tampil di acara tersebut, yakni Diablo, Norther, Morbid Dream dan “band all-star” Finlandia bernama Evil Chucks, yang hanya memainkan lagu-lagu cover dari tiga album pertama band pionir genre death metal tersebut, yakni Scream Bloody Gore, Leprosy, dan Spiritual Healing.

Peran vokalis di Evil Chucks dipegang oleh tiga musisi emas Finlandia, yakni Taneli Jarva (Sentenced, Poison Whiskey), Jari Hurskainen (Gandalf, The Scourger) dan Alexi Laiho, yang mendapat tugas menyanyikan dua lagu dari album ketiga Death, Spiritual Healing, yakni ‘Within The Mind’ dan ‘Defensive Personalities’.

Inilah formasi lengkap Evil Chucks yang memainkan ‘Within The Mind’ dan ‘Defensive Personalities’:

  • Alexi Laiho (CHILDREN OF BODOM, BODOM AFTER MIDNIGHT) – Vokal
  • Mitja Harvilahti (MOONSORROW) – Gitar
  • Janne Perttilä (MOONSORROW, BARREN EARTH) – Gitar
  • Oppu Laine (AMORPHIS, CHAOSBREED, BARREN EARTH) – Bass
  • Nalle Österman (GANDALF, CHAOSBREED) – Dram

Alexi Laiho, vokalis merangkap gitaris shredder yang disegani ini dikabarkan meninggal secara mendadak di rumahnya di Helsinki, Finlandia, pekan lalu. Meski nggak diungkapkan apa penyakitnya, Alexi Laiho dilaporkan menderita masalah kesehatan jangka panjang selama tahun-tahun terakhirnya.

Alexi Laiho mendirikan Children of Bodom pada 1993 silam bersama dramer Jaska Raatikainen, dan kemudian menjadi band metal garda terdepan dari Finlandia, bersama Nightwish, Amorphis, Sentenced, dan lain-lain yang memiliki basis fans di seluruh dunia. Konser perpisahan terakhir mereka sebelum bubar terjadi pada bulan Desember 2019.

Tahun lalu Alexi Laiho membentuk Bodom After Midnight setelah doi kalah perselisihan hukum dalam perebutan hak nama Children of Bodom walau semua penggemarnya tahu bahwa Alexi adalah mastermind alias penulis lagu utama band itu. Bersama Bodom After Midnight, Alexi merekam tiga lagu dan merekam satu video musik, yang akan dirilis nanti secara anumerta.

Baca juga: Kolaborasi Epik “Tribute To DEATH” Persilangan Death Metal dan Simfoni Orkestra

Ok, di bawah ini adalah dua rekaman live Alexi Laiho bersama Evil Chucks yang cukup langka dan belum pernah dirilis sebelumnya. Suatu hari atau mungkin dalam waktu dekat akan ada konser tribute to Alexi Laiho dan band tribute to Children of Bodom. Seorang legenda pasti akan selalu dihormati dan dikenang dengan cara-cara yang menyenangkan.

Semoga kalian, Evil Chuck dan Wild Child nge-band bareng ya di sana! \m/

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Death Metal

    30 Album Klasik Yang Membuat 1991 Sebagai Tahun Terbaik Death Metal

    Death metal. Yup, mendengar namanya saja sudah memberi kesan yang mengerikan. Nama ini memang sangat cocok mewakili segala aspek yang terdapat di genre mus

    on Oct 1, 2021
    Alexi Laiho

    Penyebab Kematian Resmi Alexi Laiho Telah Diungkap Janda Sahnya

    Alexi Laiho. (Foto: Total Guitar/Joby Sessions). Dua bulan lalu, mantan pentolan Children of Bodom Alexi Laiho pergi untuk selamanya pada usia 41 tahun. Kem

    on Mar 5, 2021
    Bodom After Midnight

    Demi Menghormati Mendiang Alexi Laiho, EP Bodom After Midnight Akan Di...

    Bodom After Midnight. (Foto: Terhi Ylimäinen). Setelah sekian lama diantisipasi oleh metalhead di seluruh dunia yang merindukan karya mendiang Alexi Laiho,

    on Feb 11, 2021
    Alexi Laiho

    Alexi Laiho, Vokalis & Gitaris Metal Shredder Eks-Children Of Bodom Tu...

    Alexi Laiho. (Foto: Napalm Records). Damn! Kabar nggak enak lagi. Salah satu gitaris shredder metal paling top sedunia, Alexi Laiho, dikabarkan telah mening

    on Jan 4, 2021