×
×

Search in Mata Mata Musik

Ternyata Alm Juice WRLD Juga Penggemar Black Sabbath dan Band Metal Lain

Posted on: 08/9/20 at 6:30 am

Ternyata Alm Juice WRLD Juga Penggemar Black Sabbath dan Band Metal Lain
Juice WRLD (Foto: Bennett Raglin) / Ozzy Osbourne (Foto: Hulton Archive, Getty Images).

Meskipun musik rock dan metal nggak sering menerima pengakuan yang adil di dunia musik mainstream, rasanya seru saat melihat pengaruhnya diakui, terutama oleh para artis muda dengan platform yang cukup besar untuk menyebarkan kecemerlangan dari para tokoh ikonik musik rock dan metal. Contohnya sang almarhum emo rapper Juice WRLD tampaknya adalah seorang penggemar Black Sabbath.

Baca Juga: The Rolling Stones Rilis MV Lagu ‘Scarlet’ Dibintangi Oleh Paul Mescal

Seperti yang diposting ke halaman Instagram XXL, video ini menampilkan musisi muda yang terinspirasi rock dan metal itu joget-joget dan menikmati lagu klasik Black Sabbath, ‘Paranoid’, bahkan Juice WRLD sempat memamerkan beberapa gerakan untuk mencerminkan liriknya. Lo bisa tonton aksinya di bawah ini.

Lagu ‘Paranoid’ adalah lagu utama dari album kedua Black Sabbath. Album ini mencapai No. 4 di chart single Inggris dan mencapai No. 61 di chart Billboard Hot 100. Lagu dan album kedua itu dirilis pada tahun 1970. Faktanya, box set spesial dalam rangka ulang tahun ke-50 Black Sabbath sedang dikerjakan untuk dirilis pada Oktober ini. Juice WRLD lahir pada tanggal 2 Desember 1998, jadi dia pasti telah menggali kembali ke masa lalu untuk menemukan musik hebat itu selama momen hidupnya yang bagaikan seorang rockstar.

Juice WRLD menikmati ketenaran yang singkat namun berdampak besar di dunia rap, dengan sering berbagi kekagumannya terhadap berbagai musisi rock sepanjang kariernya. Dia dilaporkan sebagai seorang penggemar Escape the Fate dan Black Veil Brides, dan dia juga pernah bekerja sama dengan Brendon Urie dari Panic! At the Disco dan produser Benny Blanco pada lagu ‘Roses’.

Dalam sebuah wawancara dengan The Guardian, Juice Wrld pernah menyatakan bahwa gaya musik hibridanya dimulai “dengan seorang cewek yang gue sukai waktu kelas 5 SD,” seorang cewek yang suka menulis blog tentang band goth-metal Black Veil Brides. “Gue kayak: ‘Gue harus tahu semuanya tentang mereka supaya gue bisa bikin cewek ini terkesan’. Jadi gue melakukan penelitian nih”. Saat ditanya itu berhasil atau nggak, Juice WRLD menjawab, “Ha! Nggak. Gue nulis surat kecil ke dia: ‘Lo suka sama gue nggak? Iya atau nggak? Dia melingkari (jawaban) ‘nggak’. Tapi ya gue terus dengarkan musiknya. Ingat iPod Classics yang sekarang mirip batu bata? Gue dulu punya satu yang berisi lagu Escape the Fate, Panic! At the Disco, Killswitch Engage”.

Rapper itu mencetak salah satu lagu hit terbesarnya dengan ‘Lucid Dreams’, tetapi lagu itu membuat Juice WRLD terlibat dalam kasus gugatan dengan Yellowcard yang mengklaim bahwa dia telah meniru “elemen melodi” dari lagu mereka ‘Holly Wood Died’. Pada akhir bulan Juli, Yellowcard membatalkan gugatan tersebut setelah mengetahui bahwa ibunya Juice WRLD telah ditunjuk sebagai perwakilan atas nama properti anaknya.

Sayangnya, Juice WRLD meninggal pada bulan Desember lalu, hanya seminggu setelah dia memasuki usia 21 tahun. Musisi itu kejang-kejang setelah turun dari pesawat di bandara Midway di Chicago, Amerika Serikat. Kemudian telah ditentukan bahwa kejang itu disebabkan oleh keracunan narkoba jenis oksikodon dan kodein. Rapper ini merilis dua album sebelum kematiannya, dengan album ketiganya, Legends Never Die, yang baru dirilis bulan lalu.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021